Pengembangan bahan ajar berbasis inkuiri terbimbing dalam blended learning untuk siswa SMA/MA kelas X pada materi reaksi redoks / Ana Naila Rakhmatika

Main Author: Rakhmatika, Ana Naila
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Online Access: http://repository.um.ac.id/22279/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKRakhmatikaAnaNaila.2016.PengembanganBahanAjarBerbasisInkuiriTerbimbingdalamBlendedLearninguntukSiswaSMA/MAKelasXPadaMateriReaksiRedoks.SkripsiJurusanKimiaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)SurjaniWonorahardjoPh.D.(2)SuhartiM.Si.Ph.D.KataKunciPengembanganBahanAjarInkuiriTerbimbingBlendedLearningReaksiRedoks.SalahsatutopikKimiayangdipelajariolehsiswaSMAdanMAprogramIPAadalahReaksiRedoks.Topikinimengandungkonsep-konsepbersifatabstrakdankonkrit.Beberapapenelitianmenunjukkanbahwasiswamengalamikesulitanbahkankesalahandalammemahamikonsepreaksiredoks.Pembelajarantopiktersebutselamainilebihmenekankanaspekteoritisdankurangmengembangkanketerampilanberpikirdalamperolehankonsep.Pembelajaransepertiinitidaksesuaidengankarakteristikilmukimiasebagaiprodukdanprosessepertiyangdiamanatkandalamkurikulum2013yaitumelaluipelaksanaanpembelajaranmenggunakanpendekatansaintifik.PermendikbudNo.65tahun2013menyatakanbahwauntukmemperkuatpendekatansaintifikperluditerapkanpembelajaranberbasisdiscoverylearningatauinquirylearning.Pelaksanaanpembelajaraninkuiriyangmendorongsiswauntukaktifberpikirdalammenemukanpengetahuannyasendiribelumdidukungbahanajaryangsesuai.Selainitupelaksanaanpembelajaranyangberpusatpadasiswacenderungmemakanbanyakwaktusedangkanwaktupembelajarandisekolahterbatas.Salahsatucarauntukmengatasiketerbatasanwaktudalampembelajaraninkuiriadalahmembelajarkannyasecarablendedlearning.Blendedlearningmemadukanpembelajarantatapmukadenganpembelajaranonlinesebagaiperpanjanganwaktu.Pembelajaranberbasisinkuiriterbimbingdalamblendedlearningmembutuhkanbahanajarkhusus.Tujuandaripenelitianiniadalah(1)untukmengembangkanbahanajarberbasisinkuiriterbimbingdalamblendedlearninguntukkelasXSMA/MApadamaterireaksiredoks(2)untukmendeskripsikankelayakanbahanajarhasilpengembangan(3)untukmengetahuikeefektifanbahanajarhasilpengembangan(4)untukmengetahuipersepsisiswaterhadappembelajaranmenggunakanbahanajarhasilpengembangan.Pengembanganbahanajarmengadopsimodelpengembangan4DdariThiagarajanetal.(1974)yangmeliputiempattahappengembanganyaitupendefinisian(define)perancangan(design)pengembangan(develop)danpenyebaran(disseminate).TahapkeempatyaitupenyebarantidakdilakukankarenaprodukpengembanganmasihdigunakandilingkupSMANegeri1Pasuruan.BahanajaryangdikembangkanterdiridariBukuSiswadanBukuGuru.PengujiankelayakanisibahasapenyajiandankegrafisandilakukanolehsatudosenJurusanKimiadansatuguruKimiaSMAdenganmenggunakaninstrumenyangdikembangkanberdasarkanstandarpenilaianbahanajaryangdirumuskanolehBSNP(2006).Keterbacaanjugadiujicobakanterhadapsepuluhsiswapadaujiperorangan.PengujiankeefektifanbahanajardidasarkanpadapersentasesiswayangmencapaiKriteriaKetuntasanMinimal(KKM).Datayangdikumpulkanterdiridaridatakualitatif(komentardansaranyangdiberikanolehvalidatordansiswa)dandatakuantitatif(penilaianvalidatorpenilaiansiswadanhasilbelajarsiswa).Hasilbelajarsiswadiperolehdenganmenggunakantespilihangandayangterdiridari25itemyangtelahdivalidasidanmemilikikoefisienreliabilitassebesar0991dihitungdenganSpearman-BrownCoefficient.Persepsisiswaterhadappembelajaranmenggunakanbahanajardiketahuiberdasarkanangketpersepsipadaujilapanganterbatas.HasilujikelayakanmenunjukkanbahwaBukuSiswadanBukuGurumemilikikelayakanisisebesar839%kelayakanbahasasebesar906%kelayakanpenyajiansebesar875%dankelayakankegrafisansebesar9175%.Hasilujiperoranganmendapatkannilai9175%.Halinimenunjukkanbahwabahanajarlayakdigunakanpadapembelajarankimia.Persepsisiswaterhadappembelajaranmenggunakanbahanajarpengembanganyaitusebesar760%yangberartibahwapersepsisiswasangatbaikketikadiajarmenggunakanbahanajarhasilpengembangan.Berdasarkanskorhasilbelajarsiswasetelahmenggunakanbahanajar829%siswamencapaiskorKKM.Halinimenunjukkanbahwabahanajarefektifdigunakandalampembelajarankimia.BerdasarkanhasiltersebutdapatdianggapbahwabahanajarhasilpengembanganadalahlayakdanefektifdigunakandalampembelajaranReaksiRedoks.