Pengembangan bahan ajar berbasis pendekatan saintifik dengan mengeksplisitkan hakikat sains dan berpikir kritis pada materi senyawa karbon (haloalkana, alkanol, alkoksialkana, alkanal, alkanon, asam alkanoat, dan alkilalkanoat) / Yeny Merinda
Main Author: | Merinda, Yeny |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/22273/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKMerindaYeny.2016.PengembanganBahanAjarBerbasisPendekatanSaintifikdenganMengeksplisitkanHakikatSainsdanBerpikirKritispadaMateriSenyawaKarbon(HaloalkanaAlkanolAlkoksialkanaAlkanalAlkanonAsamAlkanoatdanAlkilalkanoat).SkripsiJurusanKimiaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Prof.SriRahayuM.Ed.Ph.D.(2)Drs.DermawanAfandyM.Pd.KatakuncibahanajarpendekatansaintifikhakikatsainsberpikirkritisImplementasiKurikulum2013merupakanupayamemperbaikipendidikansainsdiIndonesia.DalamKurikulum2013diterapkanpendekatansaintifiksebagaisalahsatupendekatandalamprosespembelajaran.Penerapanpendekatansantifikdisertaipengekspisitanhakikatsainsdanberpikirkritismerupakanmetodepembelajaranyangefektif.Namunberdasarkananalisispendahuluanyangdilakukanbahanajarmaterisenyawakarbon(haloalkanaalkanolalkoksialkanaalkanalalkanonasamalkanoatdanalkilalkanoat)yangtersediasaatinibelummencerminkankonseppendekatansaintifikdanbelummengeksplisitkanhakikatsains.OlehkarenaitupenelitianpengembanganbertujuanuntukmenghasilkanprodukberupabahanajaryangsesuaidengantuntutanKurikulum2013padamaterisenyawakarbon(haloalkanaalkanolalkoksialkanaalkanalalkanonasamalkanoatdanalkilalkanoat)denganmenggunakanpendekatansaintifiksertamengeksplisitkanhakikatsainsdanberpikirkritis.Penelitianpengembangandilakukandenganmenggunakanmodel4Dmeliputitahapperencanaan(Define)tahapperancangan(Design)tahappengembangan(Develop)dantahappenyebaran(Disseminate)namununtuktahappenyebaran(Disseminate)tidakdilakukan.Bahanajaryangdikembangkanmeliputibukusiswadanbukuguru.ValidasibahanajardilakukanolehvalidatoryangterdiridariduavalidatorahlimateriyaitudosendariJurusanKimiaUMdanduavalidatorahlipembelajaranyaituguruKimiaSMA/MA.Validasidariprodukpengembanganbahanajarmenghasilkandatakualitatifdandatakuantitatif.Datakuantitatifdigunakanuntukmengetahuikelayakanprodukdandiperolehpresentasesebesar7792%untukbukusiswadengankriterialayakdan8155%untukbukugurudengankriteriasangatlayak.Sedangkandatakualitatifberupasarandankomentardigunakanuntukrevisibahanajar.Berdasarkanhasilvalidasitersebutdapatdisimpulkanbahwabahanajarberbasispendekatansaintifikdenganmengeksplisitkanhakikatsainsdanberpikirkritispadamaterisenyawakarbon(haloalkanaalkanolalkoksialkanaalkanalalkanonasamalkanoatdanalkilalkanoat)layakuntukdigunakandalamprosespembelajarandikelas.