Pengembangan media pembelajaran sifat koligatif larutan melalui aplikasi Mobile Learning of Chemistry (MLC) pada smartphone berbasis android / Bagus Kustanto

Main Author: Kustanto, Bagus
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Online Access: http://repository.um.ac.id/22259/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKKustantoBagus.2016.PengembanganMediaPembelajaranSifatKoligatifLarutanMelaluiAplikasiMobilelearningofchemistry(MLC)padaSmartphoneBerbasisAndroid.SkripsiJurusanKimiaProgramStudiPendidikanKimiaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.MunzilM.Si(II)Dr.Sc.AnugrahRickyWijayaS.Si.M.ScKatakunciMLCandroidMediapembelajaransaatinisebagianbesarberupamediacetak.Mediapembelajaranberbasiscetakinimemilikikelemahanyaknitidakbisamenyampaikanilustrasiataugambarandalammatapelajarankonkretsepertikimiayangdidasariolehfaktayangadadialamdanbersifatmakroskopis.SalahsatumaterikimiaSMAyangbanyakmembutuhkansuatuilustrasiuntukmewakilikeadaansebenarnyaadalahmaterisifatkoligatiflarutan.Banyaknyakonsepyangkonkrettersebutmembuatsiswakesulitanuntukmemahamijikahanyadenganmembayangkanmembacabukudanmodelceramahataudenganberceritadariguruyangmengajarinya.Haliniyangmendasaripengembanganmediapembelajaranyangberisimateripembelajarankimiayangmemuatteksgambaranimasidanlatihansoalyangdapatdioperasikanpadasmartphoneberteknologiandroid.Denganmediapembelajaransepertiiniselainmudahmengkonstrukpengetahuanjugalebihfleksibeldanefisienkarenamediapembelajarandapatdijalankandimanasajadantidakmemerlukankoneksiinternet.Tujuanpenelitianiniadalahuntukmenghasilkanmediapembelajaransifatkoligatiflarutanpadasmartphoneberbasisandroiddanmengetahuikelayakanaplikasimobilelearningofchemistry(MLC)sifatkoligatiflarutanberbasisandroid.Penelitianpengembanganaplikasimobilelearningofchemistry(MLC)berbasisandroidyangdigunakanpadamaterisifatkoligatiflarutaniniadalahmodel4D(4DModel)olehThiagarajan(1974)yangterdiridari4tahapyaituperencanaan(define)perancangan(designe)pengembangan(develop)danpenyebaran(disseminate).Namunpengembanganinihanyadilakukansampaipadatahapyangketigayaknitahapdevelopdantidakdilanjutkanketahapdisseminate.Sehinggahanyadilakukanujivaliditasdanujicobapadaprodukyangdihasilkan.Ujicobadilakukanuntukmengetahuitingkatkeefektifandandayatarikdariaplikasiinimelaluiujicobakelompokkecil.Datayangdiperolehdianalisismenggunakanteknikdeskriptifuntukmenghitungpresentaseskormasing-masingaspekyangdinilaiolehresponden.Aplikasimediapembelajaranyangdikembangkantelahmelauitahapvalidasiolehahlidanjugaujicobakelompokkecildanmemperolehpenilaian8245dengankriteriasangatlayak.Aplikasimediapembelajaraniniberbentuksoftwareaplikasiyangdapatdipasangpadasmartphoneyanglebihefektifefisiendanfleksibeluntukdigunakansebagaisaranabelajarmandiri.Aplikasiiniberukuran51MByangmemuatteksgambaranimasivideodandisertaijugalatihansoal.Daridatahasilujivaliditasdanujicobakelompokkecildiketahuibahwaaplikasimobilelearningofchemistryberbasisandroidyangdikembangkanmemenuhikriterialayaksehinggamediasudahdapatdigunakansebagaimediapembelajaran.