Pengembangan bahan ajar tentang unsur golongan halogen berbasis inkuiri terbimbing untuk siswa SMA/MA kelas XII IPA / Fitri Dewi Aisah
Main Author: | Aisah, Fitri Dewi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/22251/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKAisahFitriDewi.2016.PengembanganBahanAjartentangUnsurGolonganHalogenBerbasisInkuiriTerbimbinguntukSiswaSMA/MAKelasXIIIPA.SkripsiJurusanKimiaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.IWayanDasnaM.Si.M.Ed.Ph.D.(II)Drs.DarsonoSigitM.Pd.Katakunciunsurgolonganhalogenbahanajarinkuiriterbimbingmodel4-DPembelajarankimiapadakurikulum2013menggunakanpendekatansaintifikyaitupendekatanyangdilakukanmelaluiprosesmengamatimenanyamencobamenalardanmengkomunikasikan.Untukmengimplementasikankurikulum2013diperlukansumberbelajarantaralainbahanajar.Paparanmateriunsurgolonganhalogenpadabahanajaryangadasaatinimasihbersifatdeskriptifinformatif.Haltersebutmembuatsiswatidaktertarikdancenderungmenghafalmateriunsurgolonganhalogensehinggapemahamansiswatidakbertahanlamaselainitubahanajaryangbersifatdeskriptifinformatiftersebutmembuatgurukesulitanmengimplementasikankurikulum2013denganpendekatansaintifik.Olehkarenaitudiperlukanbahanajarberbasisinkuiriterbimbingsehinggaguruakanterdoronguntukmembelajarkankimiasecarainkuiri.PenelitianinidilaksanakandengantujuanmengembangkanbahanajartentangunsurgolonganhalogenberbasisinkuiriterbimbinguntuksiswaSMA/MAkelasXIIIPAdanmengetahuitingkatkelayakannya.Penelitianpengembanganbahanajarunsurgolonganhalogenberbasisinkuiriterbimbinginimenggunakanrancanganmodel4-DyangdikembangkanolehThiagarajanetal.(1974)terdiridari4tahapyaitu(1)pendefinisian(define)(2)perancangan(design)(3)pengembangan(develop)dan(4)penyebaran(disseminate).Penelitianinihanyadilakukanpadatahappertamasampaitahapketigasedangkanpadatahapkeempatdisseminatetidakdilakukankarenaketerbatasanwaktutenagadanbiayapenelitian.Bahanajaryangtelahdikembangkankemudiandilakukanvalidasioleh3validatoryaitusatudosenkimiaUMdanduagurukimiaSMA.ValidasidilakukanmenggunakaninstrumentberupaangketdenganrubikpenilaianmenggunakanskalaLikertdisertailembarpengisiankomentarsertasarandarivalidator.Produkhasilpengembanganterdiridaribukusiswadanbukuguru.Berdasarkanhasilvalidasibahanajarbukusiswadiperolehsebesar886%(kategorisangatvalid)danbukugurudiperolehsebesar882%(kategorisangatvalid)sedangkanhasilujiketerbacaandiperolehsebesar807%(kategorisangatvalid).DarihasilvalidasitersebutdapatdisimpulkanbahwabahanajaryangdikembangkansangatlayakuntukdigunakandiSMA/MA.Produkbahanajarhasilpengembangandiharapkanmampumendorongditerapkannyakurikulum2013denganpendekatansaintifikdandisarankanuntukdilakukanujiempirisatauujiefektivitassehinggaakandiketahuiefektifitasbahanajarbiladiterapkanpadaprosespembelajaran.