Pengembangan bahan ajar tentang unsur golongan halogen berbasis inkuiri terbimbing untuk siswa SMA/MA kelas XII IPA / Fitri Dewi Aisah

Main Author: Aisah, Fitri Dewi
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Online Access: http://repository.um.ac.id/22251/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKAisahFitriDewi.2016.PengembanganBahanAjartentangUnsurGolonganHalogenBerbasisInkuiriTerbimbinguntukSiswaSMA/MAKelasXIIIPA.SkripsiJurusanKimiaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.IWayanDasnaM.Si.M.Ed.Ph.D.(II)Drs.DarsonoSigitM.Pd.Katakunciunsurgolonganhalogenbahanajarinkuiriterbimbingmodel4-DPembelajarankimiapadakurikulum2013menggunakanpendekatansaintifikyaitupendekatanyangdilakukanmelaluiprosesmengamatimenanyamencobamenalardanmengkomunikasikan.Untukmengimplementasikankurikulum2013diperlukansumberbelajarantaralainbahanajar.Paparanmateriunsurgolonganhalogenpadabahanajaryangadasaatinimasihbersifatdeskriptifinformatif.Haltersebutmembuatsiswatidaktertarikdancenderungmenghafalmateriunsurgolonganhalogensehinggapemahamansiswatidakbertahanlamaselainitubahanajaryangbersifatdeskriptifinformatiftersebutmembuatgurukesulitanmengimplementasikankurikulum2013denganpendekatansaintifik.Olehkarenaitudiperlukanbahanajarberbasisinkuiriterbimbingsehinggaguruakanterdoronguntukmembelajarkankimiasecarainkuiri.PenelitianinidilaksanakandengantujuanmengembangkanbahanajartentangunsurgolonganhalogenberbasisinkuiriterbimbinguntuksiswaSMA/MAkelasXIIIPAdanmengetahuitingkatkelayakannya.Penelitianpengembanganbahanajarunsurgolonganhalogenberbasisinkuiriterbimbinginimenggunakanrancanganmodel4-DyangdikembangkanolehThiagarajanetal.(1974)terdiridari4tahapyaitu(1)pendefinisian(define)(2)perancangan(design)(3)pengembangan(develop)dan(4)penyebaran(disseminate).Penelitianinihanyadilakukanpadatahappertamasampaitahapketigasedangkanpadatahapkeempatdisseminatetidakdilakukankarenaketerbatasanwaktutenagadanbiayapenelitian.Bahanajaryangtelahdikembangkankemudiandilakukanvalidasioleh3validatoryaitusatudosenkimiaUMdanduagurukimiaSMA.ValidasidilakukanmenggunakaninstrumentberupaangketdenganrubikpenilaianmenggunakanskalaLikertdisertailembarpengisiankomentarsertasarandarivalidator.Produkhasilpengembanganterdiridaribukusiswadanbukuguru.Berdasarkanhasilvalidasibahanajarbukusiswadiperolehsebesar886%(kategorisangatvalid)danbukugurudiperolehsebesar882%(kategorisangatvalid)sedangkanhasilujiketerbacaandiperolehsebesar807%(kategorisangatvalid).DarihasilvalidasitersebutdapatdisimpulkanbahwabahanajaryangdikembangkansangatlayakuntukdigunakandiSMA/MA.Produkbahanajarhasilpengembangandiharapkanmampumendorongditerapkannyakurikulum2013denganpendekatansaintifikdandisarankanuntukdilakukanujiempirisatauujiefektivitassehinggaakandiketahuiefektifitasbahanajarbiladiterapkanpadaprosespembelajaran.