Pengembangan bahan ajar materi kimia unsur golongan alkali dan alkali tanah berbasis inkutri terbimbing untuk siswa SMA/MA kelas XII / DebyPuspita

Main Author: Puspita, Deby
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Online Access: http://repository.um.ac.id/22247/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKPuspitaDeby.2016.PengembanganBahanAjarMateriKimiaUnsurGolonganAlkaliDanAlkaliTanahBerbasisInkuiriTerbimbingUntukSiswaSMA/MAKelasXII.SkripsiProgramStudiPendidikanKimiaFakultasMatematikaDanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.IWayanDasnaM.Ed.M.Si.Ph.D(II)Drs.IdaBagusSuryadharmaM.S.KataKunciBahanAjarInkuiriTerbimbingUnsurAlkalidanAlkaliTanahPembelajarankimiapadakurikulum2013menggunakanpendekatansaintifik.Pendekatansaintifikpadakurikulum2013digunakanuntukmeningkatkankemampuanspiritualsikapkognitifdanpsikomotorsecaraseimbang.KeberhasilanKurikulum2013tidakhanyaditentukanolehmodelpembelajarannamunjugaditentukanolehbahanajaryangdigunakan.Bahanajarmerupakansalahsatukomponendalampembelajaran.Bahanajarmaterigolonganalkalidanalkalitanahyangdibutuhkanadalahbahanajaryangmenyajikanfaktadankonsepyangsesuaidengankurikulum2013yaituinkuiriterbimbing.Hasilanalisisterhadap2bahanajarmenunjukkanbahwapenyajianmaterigolonganalkalidanalkalitanahsecaradeskriptiftidakmembantugurudalammembelajarkankimiasehinggabahanajartersebutkurangmenarikminatpesertadidik.Tujuandaripenelitianpengembanganbahanajaradalah(1)menghasilkanbahanajarmaterikimiaunsurgolonganalkalidanalkalitanahberbasisinkuiriterbimbingdan(2)mengetahuikelayakanbahanajarmaterikimiaunsurgolonganalkalidanalkalitanahberbasisinkuiriterbimbing.Penelitianpengembanganmenggunakanmodelrancangan4Dyangterdiridaripendefinisianperancanganpengembangandanpenyebaran.Padapenelitianpengembanganinitahappenyebarantidakdilakukan.Validasidilakukanoleh3validatoryaituseorangdosenkimiadanduagurukimiaSMA/MA.Ujiketerbacaandilakukanpada10orangpesertadidikSMANegeri1Sumberpucung.Instrumenvalidasidanujiketerbacaanmenggunakanangket.Klasifikasiangketvalidasidanujiketerbacaanmenggunakankriteriatertentu.Hasilpengembanganberupabahanajarkimiaunsurgolonganalkalidanalkalitanahberbasisinkuiriterbimbingyangterbagimenjadi2bukuyaituBukuSiswadanBukuPedomanGuru.Karakteristikbahanajartersebutantaralain(1)menggunakanmodelinkuiriterbimbing(2)dilengkapivideopenunjangbahanajaryangdikemasdalambentukCompactdisk(CD)(3)penyajianmaterimenggunakanalurpembelajaranyangberurutandan(4)disajikanfakta-faktayangbanyakdijumpaidalamkehidupansehari-hari.HasilpenelitianmenunjukkanbahwaskorhasilvalidasiBukuSiswayaitu816%danBukuPedomanGuruyaitu833%yangdikategorikansangatlayak.Skorhasilujiketerbacaanyaitu812%yangdikategorikansangatlayak.Produkhasilpengembangandiharapkandapatmendukungimplementasikurikulum2013yaitumenggunakaninkuiriterbimbingdandisarankanuntukdiujisecaraempirissehinggapenelitilaindapatmengetahuikeefektifanbahanajarbiladiterapkandalampembelajarankelas.