Pengaruh penggunaan lembar Study History Sheet (SHS)-model pembelajaran learning cycle 3 fase pada materi koloid terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPA SMAN 7 Malang / Devid Purmita

Main Author: Purmita, Devid
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Online Access: http://repository.um.ac.id/22232/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKPurmitaDevid.2016.PengaruhPenggunaanLembarStudyHistorySheet(SHS)-ModelPembelajaranLearningCycle3FasepadaMateriKoloidterhadapHasilBelajarSiswaKelasXIIPASMAN7Malang.SkripsiJurusanKimiaFakultasMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.H.RidwanJoharmawanM.Si.(II)MuntholibS.PdM.Si.Katakuncilearningcycle3faselembarstudyhistorysheethasilbelajarKoloidadalahsalahsatumateridalamilmukimia.Materikoloidmerupakanmateriyangberhubungandenganfakta-faktailmiahdalamkehidupansehari-harisehinggadibutuhkansuatupendekatankonstruktivistikagarsiswaaktifdalamkegiatanpembelajaran.SalahsatumodelpembelajaranyangberbasiskonstruktivistikadalahLearningCycle3Fase.PenelitianyangdilakukanolehSulistiani(2010)menunjukkanbahwahasilbelajarsiswaSMAN10malangyangdiajardenganLearningCycle3Faselebihtinggidaripadadiajardenganmetodekonvensional.PenggunaanlembarStudyHistorySheetpadamodelpembelajaranLearningCycle3Fasebertujuanuntuklebihmemudahkansiswamemahamimaterikoloiddengancaramembuatrangkumansesuaidenganidenyasendiri.TujuanpenelitianadalahmengetahuipengaruhpenggunaanlembarStudyHistorySheet(SHS)padamodelpembelajaranLearningCycle3Faseterhadaphasilbelajarsiswa.Rancanganpenelitianyangdigunakanadalahquasyexperimentaldesigndenganposttest-onlydesign.Pengambil-ansampeldilakukandenganteknikclusterrandomsampling.Kelaseksperimen(XIIPA-6)dibelajarkanmenggunakanlembarStudyHistorySheet(SHS)-modelpembelajaranLearningCycle3Fasesedangkankelaskontrol(XIIPA-5)dibelajarkandenganmodelpembelajaranLearningCycle3Fase.Intrumenuntukmengambildatahasilbelajaradalahtesulanganhariandanlembarpenilaianafektif.Teknikanalisisdatapenelitiandilakukandengananalisisstatistikdandeskriptif.Pengujianhipotesismengunakanindependentsamplest-testpadatingkatsignifikansi005denganbantuanprogramSPSS16forWindows.HasilpenelitianmenunjukkanbahwaadapengaruhpenggunaanlembarStudyHistorySheet(SHS)padamodelpembelajaranLearningCycle3FaseterhadaphasilbelajarsiswakelasXIIPASMAN7Malang.HasilbelajarsiswayangdibelajarkanmenggunakanlembarStudyHistorySheet(SHS)-modelpembelajaranLearningCycle3FasepadakelaseksperimenlebikbaikdaripadasiswayangdibelajarkandenganmodelpembelajaranLearningCycle3Fasepadakelaskontrol.Haltersebutdibuktikandenganrata-ratahasilbelajarkognitifsiswakelaseksperimenlebihtinggi(x7738536)dibandingkandengankelaskontrol(x7738166)danrata-ratahasilbelajarafektifsiswakelaseksperimenlebihtinggi(8740)dibandingkandengankelaskontrol(8299).