Pengembangan instrumen penilaian sikap dan keterampilan psikomotorik pada materi elektrikimia / Elvi Nur Lailatus Sa'adah

Main Author: Sa'adah, Elvi Nur Lailatus
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Online Access: http://repository.um.ac.id/22213/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKSaadahElviN.L.2015.PengembanganInstrumenPenilaianSikapdanKeterampilanPsikomotorikpadaMateriElektrokimia.SkripsiJurusanKimiaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)OktaviaSulistinaS.Pd.M.Pd.(II)Drs.DarsonoSigitM.Pd.KataKunciInstrumenpenilaiansikapketerampilanpsikomotorikelektrokimia.Materielektrokimiayangmeliputiselvoltaelektrolisispenyepuhandankorosidapatdiajarkansecarateoritikyangditunjangdengankegiatanlaboratorium.PembelajarandengankegiatanlaboratoriumtidakhanyamembutuhkanpenilaiankognitiftetapijugamembutuhkanpenilaianketerampilanpsikomotorikdansikapyangsesuaidengantuntutanKurikulum2013.PenilaiandalamKurikulum2013harusmengarahpadapenilaianautentikyangmenekankanpengukurankompetensisiswapadaranahsikapketerampilandanpengetahuanberdasarkanprosesdanhasilbelajarsiswa.Hasilwawancaradenganbeberapagurukimiamenunjukkanbahwagurumasihmenekankanpadapenilaianhasilbelajarkognitifyangbelumsesuaidengansistempenilaiankurikulum2013secaraumumpenilaianyangdilakukantanpamenggunakaninstrumendanhanyadidasarkanpadaasumsisubyektif.Olehkarenaitudibutuhkaninstrumenpenilaianyangdapatmemberikanpenilaianautentikterhadapsikapdanketerampilansiswa.Tujuanutamapenelitianpengembanganadalahmenghasilkanprodukberupainstrumenpenilaiansikapdanketerampilanpadamaterielekrokimia.Pengembanganinstrumenpenilaianinimengggunakanlangkah-langkahsebagaiberikut(1)studikepustakaan(2)surveilapangan(3)penyusunaninstrumen(4)ujicobaterbatas(5)revisihasilujicoba(6)ujicobalebihluas(7)penyempurnaanprodukakhirdan(8)desiminasidanimplementasi.Pengembanganinidilakukanhanyasampaipadatahapkelima.Produkhasilpengembangandiujicobamelaluivalidasiisidanujicobaterbatas.Validasiisidilakukanoleh1dosenKimiadan2guruKimia.Ujicobaterbatasinstrumenpenilaiansikapdilakukanterhadap35siswaSMA.Ujiketerbacaaninstrumenpenilaianketerampilandilakukanoleh10siswaSMA.Instrumenpengumpulandatamenggunakanangket.Jenisdatayangdiperolehberupadatakuantitatifdandatakualitatif.Datakuantitatifberupaskorpenilaiandariangketdandatakualitatifberupakomentarkritikdansaran.Teknikanalisisdatayangdigunakanadalahperhitunganpersentaseanalisisstatistikaformulakoefisienkorelasiproduct-momentPearsonanalisisAlphaCronbachdandeskriptifProdukhasilpenelitiandanpengembanganberupainstrumenpenilaiansikapdanketerampilanpadamaterielektrokimiadalambentukcetak.Hasilvalidasiisiolehahlipadainstrumenpenilaiansikapmemilikipersentaserata-rata973%dengankriteriakelayakansangatlayakdaninstrumenpenilaianketerampilanmemilikipersentaserata-rata865%dengankriteriakelayakansangatlayak.Hasilujicobaterbatasmenunjukkanbahwainstrumenpenilaiansikapvalid(rhitungrtabel)antara0372-0866daninstrumenreliabeldengannilai