Pengembangan media pembelajaran CAI (Computer Assisted Instruction) berbasis problem solving pada materi laju reaksi tentang faktor-faktor penentu laju reaksi untuk SMA kelas XI / Eliya Belqis

Main Author: Belqis, Eliya
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Online Access: http://repository.um.ac.id/22199/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKBelqisEliya.2015.PengembanganMediaPembelajaranCAI(ComputerAssistedIntruction)BerbasisProblemSolvingpadaMateriLajuReaksitentangFaktor-FaktorPenentuLajuReaksiuntukSMAKelasXI.SkripsiJurusanKimiaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.MunzilS.Pd.M.Si(II)Drs.MuhadiKataKunciMediaPembelajaranCAIProblemSolvingFaktorPenentuLajuReaksiIlmukimiadapatdikajimelalui3levelrepresentasiyaitumakroskopikmikroskopikdansimbolikbegitujugapadamaterilajureaksi.Studilapanganyangdilakukanterhadappemahamanpesertadidiksaatinimasihditemukanbanyakmiskonsepsidansulitnyamemahamimateriini.Haltersebutbisaterjadikarenabahanajaryangdigunakanbelummenggambarkanaktivitaspartikelsecaramikroskopisdengantepat.Denganpenggunaanmediapembelajaranberbantuankomputer(CAI)materiinidapatdisajikandalam3levelrepresentasidenganbaik.Mediapembelajaranyangdikembangkanditampilkandenganalurberbasispemecahanmasalahagarmemudahkanpesertadidikmemahamimateriinisecaramendalamdenganmengkonstrukkonsepnyasendiri.TujuanpenelitiandanpengembanganiniadalahmenghasilkanprodukmediapembelajaranCAIberbasispemecahanmasalahpadabahasanfaktorpenentulajureaksiyangsudahtervalidasidanlayak.Modelyangdigunakandalampenelitianpengembanganmediapembelajaraniniadalahmodel4-Dyangmeliputi4tahapyaitudefinedesigndevelopdandisseminate.Namunpadapenelitianpengembanganinitahapdisseminatetidakdilakukan.Padatahapdevelopterdapatujivalidasiyangdilakukanolehdosenkimiadan2orangguruSMA.Dosenkimiamemvalidasiisimateridanmediasedangkanguruhanyamemvalidasiisimateri.Ujicobakelompokkecildilakukanterhadap10pesertadidikkelasXISMAyangtelahmenempuhmaterilajureaksimelaluiangket.HasilpenelitianpengembanganberupasoftfilemediapembelajaranyangdikemasdalamCD.Mediapembelajaranyangdihasilkanmemilikibeberapabagianyaituhalamanpembukapetunjukkompetensidasarmateripetakonsepinfounikevaluasidanprofilpengembang.Materiyangdisajikanmencakuppengaruhluaspermukaankonsentrasisuhudankatalisterhadaplajureaksi.Mediapembelajaranyangdikembangkanbersifatinteraktifdenganalurpenyajianmateriberbasispemecahanmasalah.Hasilanalisisdataujivalidasimediadiperolehpersentasesebesar68.3%dengankriterialayakdanujivalidasiisimateridiperolehpersentase87.6%dengankriteriasangatlayak.Sedangkanujicobakelompokkecildiperolehkriteriasangatlayakdenganpersentasesebesar96.4%.Mediahasilpengembangandapatdimanfaatkansebagaisumberbelajarmandiribagipesertadidikmaupununtukmembantugurudalampembelajaran.Saranuntukpengembanganproduklebihlanjutyaitupelaksanaanujiempirikterhadapmediayangdikembangkanagardapatdiketahuikeefektifanmedia.