Pengembangan bahan ajar menggunakan pendekatan saintifik untuk mengeksplisitkan hakikat sains (NOS) dan berpikir kritis pada materi koloid SMA/MA kelas XI / Muflikatun Ni'mah
Main Author: | Ni'mah, Muflikatun |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/22194/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKNimahMuflikatun.2015.PengembanganBahanAjarMenggunakanPendekatanSaintifikuntukMengeksplisitkanHakikatSains(NOS)danBerpikirKritispadaMateriKoloidSMA/MAKelasXI.SkripsiJurusanKimiaFakultasMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.PrayitnoM.Pd(II)Dr.AmanSantosoM.Si.KataKunciPengembanganBahanajarliterasisainspendekatansaintifikhakikatsains(NOS)berpikirkritis.Berdasarkanhasilobservasiterhadaphasilpembelajarandidapatkannilaibelajarsiswapadamaterikoloidmasihrendahdanbelumoptimal.Salahsatupenyebabrendahnyahasilbelajarsiswaadalahpendekatanpembelajaranyangdigunakankurangtepatdanbelummengacupadapengembangansiswadalamberliterasisains.MenurutpenilaianOECDmelaluiPISAliterasisainssiswaIndonesiamasihrendahyaitumendudukiperingkatke64dari65negara.Untukmengatasimasalahtersebutdiperlukanprosespembelajaranyangmelibatkansiswaaktifmembangunkonseppengetahuannyasecaramandiri.Pendekatanpembelajarantersebutyaitumelaluipendekatansaintifik.Namunsampaisaatinibahanajaryangdigunakandalampembelajarankurangsesuaidenganpendekatansaintifikdanmasihmemuataspekhakikatsains(NOS)secaraimplisitsehinggaaspekNOSkurangmendapatperhatiansiswa.Olehkarenaitubahanajaryangdikembangkaninibertujuanuntukmenghasilkanbahanajarmenggunakanpendekatansaintifikuntukmengeksplisitkanhakikatsains(NOS)danberpikirkritispadamaterikoloidsertauntukmengetahuitingkatkelayakanbahanajar.Pengembanganbahanajarmenggunakanpendekatansaintifikuntukmengeksplisitkanhakikatsains(NOS)danberpikirkritispadamaterikoloidSMA/MAKelasXIinimenggunakanmodelpengembangan4Dyangterdiridaritahapperencanaan(define)perancangan(design)pengembangan(develop)danpenyebaran(disseminate).Namunpengembangannyaterbataspadatahapdefinedesignsertadevelopdantidaksampaipadatahapdisseminatekarenaketerbatasanwaktubiayadantenaga.Datapadapengembanganiniberupadatakuantitatifyangberdasarkanskorangketdari2validatorahlidan2validatorpraktisiyangdisusundalamskalaLikertsertadatakualitatifyangberdasarkantanggapandansaran-saranperbaikanyangdiisioleh2validatorahlidan2validatorpraktisi.Hasildaripenelitiandanpengembanganadalahbahanajaryangterdiridaribukusiswadanbukuguru.Berdasarkanhasilvalidasibahanmenunjukkanbahwabukusiswamemenuhikriteriasangatlayakdengannilairata-rata835%danbukupanduangurumemenuhikriteriasangatlayakdengannilairata-rata818%.Halinidapatdisimpulkanbahwabahanajarmenggunakanpendekatansaintifikuntukmengeksplisitkanhakikatsains(NOS)danberpikirkritispadamaterikoloidSMA/MAkelasXIinilayakuntukditerapkandalampembelajaran.