Perbedaan hasil belajar kognitif materi hidrolisis garam antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaraan kooperatif tipe TGT dan Ekspositori pada siswa kelas XI MIA SMA Negeri 17 Malang / Riki Widiantika

Main Author: Widiantika, Riki
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Online Access: http://repository.um.ac.id/22179/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKWidiantikaRiki.2015.PerbedaanHasilBelajarKognitifMateriHidrolisisGaramAntaraSiswaYangDibelajarkanDenganModelPembelajaranKooperatifTipeTGTDanEkspositoriPadaSiswaKelasXIMIASMANegeri7MalangSkripsiProgramStudiS1PendidikanKimiaFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.H.DermawanAfandyM.Pd.(II)OktaviaSulistinaS.Pd.M.Pd.KataKunciHasilbelajarkognitifTGTekspositoridanHidrolisisGaram.Pembelajarankimiadenganmenggunakanpembelajaranceramahmemberikanhasilbelajaryangkurangmaksimal.Halinidisebabkankarenasiswamenjadikurangaktifdalammemecahkanmasalahdanpartisipasirendahdalampembelajara.Dengandemikiandiperlukanmodelpembelajaranyangdapatmeningkatkankeaktifansiswasehinggapemahamandanhasilbelajarsiswalebihbaik.SalahsatumodelyangdianggapcocokdigunakanadalahpembelajarankooperatifyaituTGT.TujuandaripenelitianiniadalahmengetahuiperbedaanhasilbelajarkognitifsiswayangdibelajarkandenganmodelpembelajarankooperatiftipeTGTberbedadenganyangdibelajarkandenganmodelpembelajaranekspositori.Rancanganpenelitianiniadalaheksperimensemudenganmenggunakan2kelas.KelaseksperimendibelajarkandenganmodelpembelajarankooperatiftipeTGTdankelaskontroldibelajarkandenganmodelpembelajaranekspositori.Tekniksamplingyangdigunakanadalahclustersamplingdari5kelasyangada.Penelitianinimelibatkantigamacamvariabelyaituvariabelterikatkontroldanbebas.VariabelterikatadalahhasilbelajarkognitifsiswavariabelkontroladalahmateriHidrolisisGaramwaktupembelajarandanbukupegangandanvariabelbebasadalahmodelpembelajaran.Instrumenyangdigunakanberupasoalpilihangandasebanyak25soalyangtelahdiujivaliditasdanreliabilitasnya.AnalisisdatayangdilakukanadalahanalisisstatistikameliputiujinormalitasujihomogenitasdanujitdenganbantuanSPSS200forwindows.HasilpenelitianmenunjukkanbahwaadaperbedaanhasilbelajarkognitifsiswayangdibelajarkandenganmodelpembelajarankooperatiftipeTGTdanyangdibelajarkandenganmodelpembelajaranekspositori.