Perbedaan hasil belajar kognitif materi hidrolisis garam antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaraan kooperatif tipe TGT dan Ekspositori pada siswa kelas XI MIA SMA Negeri 17 Malang / Riki Widiantika
Main Author: | Widiantika, Riki |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/22179/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKWidiantikaRiki.2015.PerbedaanHasilBelajarKognitifMateriHidrolisisGaramAntaraSiswaYangDibelajarkanDenganModelPembelajaranKooperatifTipeTGTDanEkspositoriPadaSiswaKelasXIMIASMANegeri7MalangSkripsiProgramStudiS1PendidikanKimiaFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.H.DermawanAfandyM.Pd.(II)OktaviaSulistinaS.Pd.M.Pd.KataKunciHasilbelajarkognitifTGTekspositoridanHidrolisisGaram.Pembelajarankimiadenganmenggunakanpembelajaranceramahmemberikanhasilbelajaryangkurangmaksimal.Halinidisebabkankarenasiswamenjadikurangaktifdalammemecahkanmasalahdanpartisipasirendahdalampembelajara.Dengandemikiandiperlukanmodelpembelajaranyangdapatmeningkatkankeaktifansiswasehinggapemahamandanhasilbelajarsiswalebihbaik.SalahsatumodelyangdianggapcocokdigunakanadalahpembelajarankooperatifyaituTGT.TujuandaripenelitianiniadalahmengetahuiperbedaanhasilbelajarkognitifsiswayangdibelajarkandenganmodelpembelajarankooperatiftipeTGTberbedadenganyangdibelajarkandenganmodelpembelajaranekspositori.Rancanganpenelitianiniadalaheksperimensemudenganmenggunakan2kelas.KelaseksperimendibelajarkandenganmodelpembelajarankooperatiftipeTGTdankelaskontroldibelajarkandenganmodelpembelajaranekspositori.Tekniksamplingyangdigunakanadalahclustersamplingdari5kelasyangada.Penelitianinimelibatkantigamacamvariabelyaituvariabelterikatkontroldanbebas.VariabelterikatadalahhasilbelajarkognitifsiswavariabelkontroladalahmateriHidrolisisGaramwaktupembelajarandanbukupegangandanvariabelbebasadalahmodelpembelajaran.Instrumenyangdigunakanberupasoalpilihangandasebanyak25soalyangtelahdiujivaliditasdanreliabilitasnya.AnalisisdatayangdilakukanadalahanalisisstatistikameliputiujinormalitasujihomogenitasdanujitdenganbantuanSPSS200forwindows.HasilpenelitianmenunjukkanbahwaadaperbedaanhasilbelajarkognitifsiswayangdibelajarkandenganmodelpembelajarankooperatiftipeTGTdanyangdibelajarkandenganmodelpembelajaranekspositori.