Pengaruh strategi pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMAN 9 Malang pada materi hidrolisis garam / Dyastri Sudariyati
Main Author: | Sudariyati, Dyastri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/22175/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKSudariyatiDyastri.2015.PengaruhStrategiPembelajaranTeamAssistedIndividualization(TAI)terhadapHasilBelajarSiswaKelasXISMAN9MalangpadaMateriHidrolisisGaram.SkripsiJurusanKimiaFakultasMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.MunzilS.PdM.Si.(II)Drs.MohammadShodiqIbnuM.Si.KataKunciPembelajaranTeam-AssistedIndividualization(TAI)HasilBelajarKognitifHidrolisisGaram.Siswatidakdiajarkanmenemukanpengetahuandankonsepsecaramandiridanmemilikipenafsiranyangberbeda-bedaterhadapgambaranmikroskopisnya.Gurucenderungseringmenggunakanmetodepembelajarankonvensionalyangmenganggapbahwapenafsiransetiapsiswadisamakan.StrategipembelajaranyangdigunakangurukebanyakanmerupakanstrategipembelajaranEkspositori.Strategipembelajaranekspositoriadalahstrategipembelajaranyangmenekankankepadaprosespenyampaianmaterisecaraverbaldariseoranggurukepadasekelompoksiswadenganmaksudagarsiswadapatmenguasaimateri.StrategikooperatifyangberhubungandenganperhitungansertapemahamankonsepadalahTeamsAssistedIndividualization(TAI).PadapembelajarandenganmenggunakanTeamsAssistedIndividualization(TAI)padamaterihidrolisisgaraminijugamengabungkanantarapembelajaranindividudanpembelajarankooperatifataukelompokuntukmendiskusikankonsepyangbersifatabstrak.Sertamemastikanbahwatiapanggotatimtelahmenguasaikonsepyangdipelajarinyauntukmengerjakanserangkaiantestdenganbaiksertadapatmeningkatkanhasilbelajar.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuipengaruhstrategipembelajaranTeamAssistedIndividualization(TAI)terhadaphasilbelajarpadamateriHidrolisisGaramsiswakelasXISMAN9MalangRancanganpenelitianyangdigunakanadalahpenelitianiniadalahrancanganpenelitianeksperimentalsemu(quasyexperimentaldesign)denganmetodeposttestonlycontrolgroupdesign.Pemilihansampeldilakukandenganteknikrandomsamplingmelaluiduakaliundian.KelaseksperimenyaknikelasXIMIA4dibelajarkanmenggunakanstrategipembelajaranTAIdankelasyakniXIMIA6kontroldibelajarkanmenggunakanstrategipembelajaranekspositori.Instrumenyangdigunakanberupainstrumenperlakuan(silabusRPPLKS)daninstrumenpengukuran(teshasilbelajar).NilaikuisdannilaiulanganhariandianalisisdengananalisisstatistikadenganmenggunakanbantuanprogramSPSS20.0forwindows.HasilpenelitianmenunjukkanbahwaadapengaruhstrategipembelajaranTeamAssistedIndividualization(TAI)terhadaphasilbelajarpadamateriHidrolisisGaramsiswakelasXISMAN9Malang.Rata-ratanilaihasilbelajarkognitifmateriHidrolisisGaramsiswayangdibelajarkandenganmenggunakanstrategipembelajaranTAIKonseplebihtinggi(x7738107)daripadasiswayangdibelajarkandenganmenggunakanstrategipembelajaranekspositori(x7737533).