Pengaruh strategi pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMAN 9 Malang pada materi hidrolisis garam / Dyastri Sudariyati

Main Author: Sudariyati, Dyastri
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Online Access: http://repository.um.ac.id/22175/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKSudariyatiDyastri.2015.PengaruhStrategiPembelajaranTeamAssistedIndividualization(TAI)terhadapHasilBelajarSiswaKelasXISMAN9MalangpadaMateriHidrolisisGaram.SkripsiJurusanKimiaFakultasMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.MunzilS.PdM.Si.(II)Drs.MohammadShodiqIbnuM.Si.KataKunciPembelajaranTeam-AssistedIndividualization(TAI)HasilBelajarKognitifHidrolisisGaram.Siswatidakdiajarkanmenemukanpengetahuandankonsepsecaramandiridanmemilikipenafsiranyangberbeda-bedaterhadapgambaranmikroskopisnya.Gurucenderungseringmenggunakanmetodepembelajarankonvensionalyangmenganggapbahwapenafsiransetiapsiswadisamakan.StrategipembelajaranyangdigunakangurukebanyakanmerupakanstrategipembelajaranEkspositori.Strategipembelajaranekspositoriadalahstrategipembelajaranyangmenekankankepadaprosespenyampaianmaterisecaraverbaldariseoranggurukepadasekelompoksiswadenganmaksudagarsiswadapatmenguasaimateri.StrategikooperatifyangberhubungandenganperhitungansertapemahamankonsepadalahTeamsAssistedIndividualization(TAI).PadapembelajarandenganmenggunakanTeamsAssistedIndividualization(TAI)padamaterihidrolisisgaraminijugamengabungkanantarapembelajaranindividudanpembelajarankooperatifataukelompokuntukmendiskusikankonsepyangbersifatabstrak.Sertamemastikanbahwatiapanggotatimtelahmenguasaikonsepyangdipelajarinyauntukmengerjakanserangkaiantestdenganbaiksertadapatmeningkatkanhasilbelajar.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuipengaruhstrategipembelajaranTeamAssistedIndividualization(TAI)terhadaphasilbelajarpadamateriHidrolisisGaramsiswakelasXISMAN9MalangRancanganpenelitianyangdigunakanadalahpenelitianiniadalahrancanganpenelitianeksperimentalsemu(quasyexperimentaldesign)denganmetodeposttestonlycontrolgroupdesign.Pemilihansampeldilakukandenganteknikrandomsamplingmelaluiduakaliundian.KelaseksperimenyaknikelasXIMIA4dibelajarkanmenggunakanstrategipembelajaranTAIdankelasyakniXIMIA6kontroldibelajarkanmenggunakanstrategipembelajaranekspositori.Instrumenyangdigunakanberupainstrumenperlakuan(silabusRPPLKS)daninstrumenpengukuran(teshasilbelajar).NilaikuisdannilaiulanganhariandianalisisdengananalisisstatistikadenganmenggunakanbantuanprogramSPSS20.0forwindows.HasilpenelitianmenunjukkanbahwaadapengaruhstrategipembelajaranTeamAssistedIndividualization(TAI)terhadaphasilbelajarpadamateriHidrolisisGaramsiswakelasXISMAN9Malang.Rata-ratanilaihasilbelajarkognitifmateriHidrolisisGaramsiswayangdibelajarkandenganmenggunakanstrategipembelajaranTAIKonseplebihtinggi(x7738107)daripadasiswayangdibelajarkandenganmenggunakanstrategipembelajaranekspositori(x7737533).