Perbedaan hasil belajar dan motivasi belajar materi Larutan Elektrolit-Non Elektrolit antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Learning Cycle 5E dan Learning Cycle 5E-Think Talk Write (TTW) pada siswa kelas X SMA Negeri 2 Batu / Neni Triwidayanti

Main Author: Triwidayanti, Neni
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Online Access: http://repository.um.ac.id/22149/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKTriwidayantiNeni.2015.PerbedaanHasilBelajardanMotivasiBelajarMateriLarutanElektrolit-NonelektrolitantaraSiswayangDibelajarkandenganModelPembelajaranLearningCycle5EdanLearningCycle5E-ThinkTalkWrite(TTW)padaSiswaKelasXSMANegeri2Batu.SkripsiJurusanKimiaFakultasMIPAUniversitasNegeriMalang.PembimbingIDr.Hj.EndangBudiasihM.S.PembimbingIIDra.DedekSukarningsihM.PdM.SiKataKunciModelPembelajaranLearningCycle5EThinkTalkWriteHasilBelajarmotivasibelajar.Ilmukimiatumbuhdanberkembangberdasarkaneksperimeneksperimenyangmenghasilkankonsepkonsepteoridanhukum.Pembelajaranilmukimiasebaiknyadilakukandenganmemberikanfaktafaktakonkritdalamkehidupansehariharisehinggadapatmenimbulkanprosesberpikirsiswauntukmemperolehpengetahuansecaramandiri.Prosesberpikirsiswasebaiknyaditunjangdenganpengelolaanpembelajaranyangmemposisikansiswauntukaktifsesuaidenganparadigmakonstruktivis.ModelpembelajaranyangsejalandenganparadigmakonstruktivisadalahLearningCycle.ModelpembelajaranLearningCyclemensyaratkanadanyakerjakelompok.Namunselamainikerjakelompokyangdigunakantidakmenggunakanpolatertentu.SalahsatumodelkerjakelompokyaitumodelpembelajaranThinkTalkWrite(TTW)yangmemungkinkanuntukdipadudenganLearningCycle.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuiketerlaksanaanpembelajaranhasilbelajardanmotivasibelajarpadasiswayangdibelajarkandenganmodelpembelajaranLearningCycle5EdansiswayangdibelajarkandenganmodelpembelajaranLearningCycle5E-ThinkTalkWrite(TTW)padamaterilarutanelektrolitdannonelektrolit.Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitianeksperimensemudenganmodelposttestonlycontrolgroupdesign.PopulasipenelitianadalahsiswakelasXSMANegeri2Batu.PengambilansampelmenggunakanteknikclusterrandomsamplingdandiperolehduakelasyaitukelasX-MIA3sebagaikelaseksperimenyangdibelajarkandenganmodelpembelajaranLearningCycle5E-ThinkTalkWrite(TTW)dankelasX-MIA2sebagaikelaskontrolyangdibelajarkandenganmodelpembelajaranLearningCycle5E.Instrumenpenelitiandivalidasidengantingkatvalidasi74%dengankriteriabaik.Analisisdatahasilpenelitiandilakukansecaradeskriptifdanstatistik.Analisisdeskriptifdigunakanuntukmenganalisisketerlaksanaanpembelajarannilaiafektifdanmotivasibelajarsiswa.Analisisstatistikdenganuji-tindependentsampletestdigunakanuntukmengujiperbedaanhasilbelajarkognitifsiswapadakelaseksperimendankelaskontrol.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa(1)HasilketerlaksanaanmodelpembelajaranLearningCycle5E-ThinkTalkWritememilikirata-ratasebesar8953%danhasilketerlaksanaanmodelpembelajaranLearningCycle5Ememilikirata-ratasebesar8906%.(2)AdaperbedaanhasilbelajarkognitifmaterilarutanelektrolitdannonelektrolitantarasiswayangdibelajarkandenganmodelpembelajaranLearningCycle5E-ThinkTalkWrite(TTW)dansiswayangdibelajarkandenganmodelpembelajaranLearningCycle5E.Rata-ratanilaihasilbelajarsiswayangdibelajarkandenganmenggunakanmodelpembelajaranLearningCycle5E-ThinkTalkWrite(7306)lebihtinggidaripadasiswayangdibelajarkandenganmodelpembelajaranLearningCycle5E(6541).HasilbelajarafektifsiswayangdibelajarkanmenggunakanmodelpembelajaranLearningCycle5E-ThinkTalkWrite(8676)lebihtinggidaripadasiswayangdibelajarkandenganmodelpembelajaranLearningCycle5E(8500)dan(3)MotivasibelajarpadasiswayangdibelajarkandenganmodelpembelajaranLearningCycle5E-ThinkTalkWrite(8270)lebihtinggidaripadamotivasibelajarsiswayangdibelajarkandenganmodelpembelajaranLearningCycle5E(8047).