Perbedaan hasil belajar dan motivasi belajar materi Larutan Elektrolit-Non Elektrolit antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Learning Cycle 5E dan Learning Cycle 5E-Think Talk Write (TTW) pada siswa kelas X SMA Negeri 2 Batu / Neni Triwidayanti
Main Author: | Triwidayanti, Neni |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/22149/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKTriwidayantiNeni.2015.PerbedaanHasilBelajardanMotivasiBelajarMateriLarutanElektrolit-NonelektrolitantaraSiswayangDibelajarkandenganModelPembelajaranLearningCycle5EdanLearningCycle5E-ThinkTalkWrite(TTW)padaSiswaKelasXSMANegeri2Batu.SkripsiJurusanKimiaFakultasMIPAUniversitasNegeriMalang.PembimbingIDr.Hj.EndangBudiasihM.S.PembimbingIIDra.DedekSukarningsihM.PdM.SiKataKunciModelPembelajaranLearningCycle5EThinkTalkWriteHasilBelajarmotivasibelajar.Ilmukimiatumbuhdanberkembangberdasarkaneksperimeneksperimenyangmenghasilkankonsepkonsepteoridanhukum.Pembelajaranilmukimiasebaiknyadilakukandenganmemberikanfaktafaktakonkritdalamkehidupansehariharisehinggadapatmenimbulkanprosesberpikirsiswauntukmemperolehpengetahuansecaramandiri.Prosesberpikirsiswasebaiknyaditunjangdenganpengelolaanpembelajaranyangmemposisikansiswauntukaktifsesuaidenganparadigmakonstruktivis.ModelpembelajaranyangsejalandenganparadigmakonstruktivisadalahLearningCycle.ModelpembelajaranLearningCyclemensyaratkanadanyakerjakelompok.Namunselamainikerjakelompokyangdigunakantidakmenggunakanpolatertentu.SalahsatumodelkerjakelompokyaitumodelpembelajaranThinkTalkWrite(TTW)yangmemungkinkanuntukdipadudenganLearningCycle.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuiketerlaksanaanpembelajaranhasilbelajardanmotivasibelajarpadasiswayangdibelajarkandenganmodelpembelajaranLearningCycle5EdansiswayangdibelajarkandenganmodelpembelajaranLearningCycle5E-ThinkTalkWrite(TTW)padamaterilarutanelektrolitdannonelektrolit.Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitianeksperimensemudenganmodelposttestonlycontrolgroupdesign.PopulasipenelitianadalahsiswakelasXSMANegeri2Batu.PengambilansampelmenggunakanteknikclusterrandomsamplingdandiperolehduakelasyaitukelasX-MIA3sebagaikelaseksperimenyangdibelajarkandenganmodelpembelajaranLearningCycle5E-ThinkTalkWrite(TTW)dankelasX-MIA2sebagaikelaskontrolyangdibelajarkandenganmodelpembelajaranLearningCycle5E.Instrumenpenelitiandivalidasidengantingkatvalidasi74%dengankriteriabaik.Analisisdatahasilpenelitiandilakukansecaradeskriptifdanstatistik.Analisisdeskriptifdigunakanuntukmenganalisisketerlaksanaanpembelajarannilaiafektifdanmotivasibelajarsiswa.Analisisstatistikdenganuji-tindependentsampletestdigunakanuntukmengujiperbedaanhasilbelajarkognitifsiswapadakelaseksperimendankelaskontrol.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa(1)HasilketerlaksanaanmodelpembelajaranLearningCycle5E-ThinkTalkWritememilikirata-ratasebesar8953%danhasilketerlaksanaanmodelpembelajaranLearningCycle5Ememilikirata-ratasebesar8906%.(2)AdaperbedaanhasilbelajarkognitifmaterilarutanelektrolitdannonelektrolitantarasiswayangdibelajarkandenganmodelpembelajaranLearningCycle5E-ThinkTalkWrite(TTW)dansiswayangdibelajarkandenganmodelpembelajaranLearningCycle5E.Rata-ratanilaihasilbelajarsiswayangdibelajarkandenganmenggunakanmodelpembelajaranLearningCycle5E-ThinkTalkWrite(7306)lebihtinggidaripadasiswayangdibelajarkandenganmodelpembelajaranLearningCycle5E(6541).HasilbelajarafektifsiswayangdibelajarkanmenggunakanmodelpembelajaranLearningCycle5E-ThinkTalkWrite(8676)lebihtinggidaripadasiswayangdibelajarkandenganmodelpembelajaranLearningCycle5E(8500)dan(3)MotivasibelajarpadasiswayangdibelajarkandenganmodelpembelajaranLearningCycle5E-ThinkTalkWrite(8270)lebihtinggidaripadamotivasibelajarsiswayangdibelajarkandenganmodelpembelajaranLearningCycle5E(8047).