Pengembangan bahan ajar hukum-hukum dasar kimia menggunakan strategi guided scientific inquiry untuk SMA/MA / Zul Afni Rohimah
Main Author: | Rohimah, Zul Afni |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/22144/ |
Daftar Isi:
- RohimahZulAfni.2015.PengembanganBahanAjarHukum-hukumDasarKimiaMenggunakanStrategiGuidedScientificInquiryuntukSMA/MA.SkripsiJurusanKimiaFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)OktaviaSulistinaS.Pd.M.Pd.(II)MuntholibS.Pd.M.Si.KataKuncibahanajarhukum-hukumdasarkimiaguidedscientificinquiry12288122881228812288PerubahandanpengembanganKurikulum2013didasarkanolehbeberapahasilstudiinternasionaltentangkemampuanpesertadidikIndonesia.HasilstudiTIMSSdanPISAmenunjukkanbahwaprestasipesertadidikIndonesiamenempatiperingkatpalingbawah.BerdasarkanhasilsurveitersebutmakaIndonesiamenerapkanKurikulum2013denganmelakukanpembaharuandalamprosespembelajarandikelas.ProsespembelajaranpadaKurikulum2013dilaksanakandenganmenggunakanscientificapproach.KeefektifanKurikulum2013tidakhanyaditentukandarimetodepembelajaranyangdigunakangurudalamkelasnamunjugabahanajaryangdigunakanolehpesertadidik.Banyakpesertadidikmengalamikesulitandalammempelajarimaterihukum-hukumdasarkimia.Hukum-hukumdasarkimiaadalahsalahsatumateridasaryangpentingdandigunakansecaraterusmenerusuntukmembangunkonsepyanglebihtinggitingkatannyadalamilmukimia.Kurangnyapemahamanpesertadidikterhadapmateritersebutdapatmengakibatkankesulitandalammemahamimateriselanjutnya.Salahsatupenyebabkesulitanpesertadidikdalammempelajarimaterihukum-hukumdasarkimiaadalahbahanajaryangdigunakanberupabukuteksyangmenyajikanmateripelajaransecarainformatifdisertaidenganlatihansoal.BerdasarkanhasilpenelurusandiketahuibahwabukukimiaSMAkelasXyangtelahadamasihbelummenekankanketerampilankognitifsertabelumsesuaidengantuntutanKurikulum2013yangmenekankanpadakonstruksikonsep.Tujuanpengembanganiniadalah(1)menghasilkanbahanajarhukum-hukumdasarkimiamenggunakanstrategiguidedscientificinquirydan(2)mengetahuikelayakanbahanajarhasilpengembanganmelaluivalidasiisidanujiketerbacaan.12288122881228812288Pengembanganbahanajarinimenggunakanmodelpengembangan4D(fourD-model)Thiagarajandkk(1974).Modelinimeliputiempattahapanpengembanganyaitu(1)pendefinisian(todefine)(2)perancangan(todesign)(3)pengembangan(todevelop)danpenyebarluasan(todisseminate).Tetapipengembanganinihanyadilakukansampaipadatahapketiga.Bahanajarhasilpengembangandiujimelaluivalidasiisidanujiketerbacaan.ValidasiisidilakukanolehseorangdosenkimiaUMdanempatgurukimiaSMA.Ujiketerbacaandilakukanoleh12pesertadidikkelasXIIIPASMAN8Malang.InstrumenvalidasiberupaangketdenganmenggunakanskalaLikertlimatingkatsertalembarkomentardansaran.Datayangdiperolehdianalisissecaradeskriptif.12288122881228812288Produkyangdihasilkanberupabahanajarhukum-hukumdasarkimiamenggunakanguidedscientificinquiry.Hasilvalidasiisiolehdosendanguruberturut-turutmenghasilkanpersentasesebesar8631%dan8511%dengankriteriasangatvalid.Sedangkanhasilujiketerbacaanolehpesertadidikmenghasilkanpersentasesebesar8124%dengankriteriasangatvalid.Berdasarkanhasilvalidasiisidanujiketerbacaantersebutdiketahuibahwabahanajarhukum-hukumdasarkimialayakdigunakansebagaisumberbelajar.