Perbedaan interaksi dan hasil belajar siswa kelas XI MIA SMA Negeri 10 Malang yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dan Think Pair Square (TPSq) pada materi hidrokarbon / M. Syaiful Bahri

Main Author: Bahri, M. Syaiful
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Online Access: http://repository.um.ac.id/22142/
Daftar Isi:
  • BahriMSyaiful.2014.PerbedaanInteraksidanHasilBelajarSiswaKelasXIMIASMAN10MalangyangDibelajarkandenganModelPembelajaranKooperatifTipeThinkPairShare(TPS)danThinkPairSquare(TPSq)padaMateriHidrokaron.SkripsiJurusanKimiaFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)OktaviaSulistinaS.Pd.M.Pd.(II)Dra.DedekSukarianingsihM.Pd.M.Si.KataKunciHidrokarboninteraksihasilbelajarThinkPairShare(TPS)ThinkPairSquare(TPSq).Hidrokarbonmerupakansalahsatumateridalamilmukimiayangdianggapsulitolehsiswa.Salahsatuupayauntukmengatasikesulitantersebutadalahmenggunakanmodelpembelajaranyangtepat.SalahsatumodelpembelajaranyangtepatadalahmodelpembelarankooperatiftipeThinkPairSharedanThinkPairSquarekarenamodelpembelajarantersebutmenekankanpadainteraksibelajarantarsiswa.TujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuiketerlaksanaanpembelajaraninteraksibelajardanketuntasanbelajarperbedaanhasilbelajarkognitifsiswayangdibelajarkandenganmodelpembelajarankooperatiftipeThinkPairSharedanyangdibelajarkandenganmodelpembelajarankooperatiftipeThinkPairSquare.Penelitianinimenggunakanrancanganeksperimentalsemudandeskriptif.SampelpenelitianditentukandenganteknikClusterRandomSampling.PopulasipenelitianiniadalahsiswakelasXIMIASMAN10Malangtahunajaran2014-2015.Instrumenpenelitianmeliputiinstrumenpembelajaran(silabusRPPhandoutdanworksheet)daninstrumenpengukuran(soalkuissoaltesdanlembarobservasi).Analisisdatadilakukandengananalisisdeskriptifdanujitpadasignifikansi945005.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa(1)PembelajarankooperatiftipeThinkPairSharedanThinkPairSquaretelahterlaksanadengansangatbaikdenganrata-ratapersentaseketerlaksanaanmasingmasing9216%dan9120%(2)interaksibelajarsiswayangdibelajarkanmenggunakanmodelpembelajarankooperatiftipeThinkPairSquare(rerata6990%)lebihtinggidibandingkandenganinteraksisiswayangdibelajarkanmenggunakanmodelpembelajarankoopertiftipeThinkPairShare(rerata6744%)(3)ketuntasanbelajarsiswasetiappertemuanyangdibelajarkanmenggunakanmodelpembelajarankooperatiftipeThinkPairShare(rerata7083%)lebihtinggidibandingkandengansiswayangdibelajarkanmenggunakanmodelpembelajarankoopertiftipeThinkPairSquare(rerata6527%)(4)hasilbelajarkognitifsiswayangdibelajarkanmenggunakanmodelpembelajarankooperatiftipeThinkPairShare(rerata8369)lebihtinggidibandingkandenganhasilbelajarkognitifsiswayangdibelajarkanmenggunakanmodelpembelajarankooperatiftipeThinkPairSquare(rerata7814).