Perbedaan interaksi dan hasil belajar siswa kelas XI MIA SMA Negeri 10 Malang yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dan Think Pair Square (TPSq) pada materi hidrokarbon / M. Syaiful Bahri
Main Author: | Bahri, M. Syaiful |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/22142/ |
Daftar Isi:
- BahriMSyaiful.2014.PerbedaanInteraksidanHasilBelajarSiswaKelasXIMIASMAN10MalangyangDibelajarkandenganModelPembelajaranKooperatifTipeThinkPairShare(TPS)danThinkPairSquare(TPSq)padaMateriHidrokaron.SkripsiJurusanKimiaFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)OktaviaSulistinaS.Pd.M.Pd.(II)Dra.DedekSukarianingsihM.Pd.M.Si.KataKunciHidrokarboninteraksihasilbelajarThinkPairShare(TPS)ThinkPairSquare(TPSq).Hidrokarbonmerupakansalahsatumateridalamilmukimiayangdianggapsulitolehsiswa.Salahsatuupayauntukmengatasikesulitantersebutadalahmenggunakanmodelpembelajaranyangtepat.SalahsatumodelpembelajaranyangtepatadalahmodelpembelarankooperatiftipeThinkPairSharedanThinkPairSquarekarenamodelpembelajarantersebutmenekankanpadainteraksibelajarantarsiswa.TujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuiketerlaksanaanpembelajaraninteraksibelajardanketuntasanbelajarperbedaanhasilbelajarkognitifsiswayangdibelajarkandenganmodelpembelajarankooperatiftipeThinkPairSharedanyangdibelajarkandenganmodelpembelajarankooperatiftipeThinkPairSquare.Penelitianinimenggunakanrancanganeksperimentalsemudandeskriptif.SampelpenelitianditentukandenganteknikClusterRandomSampling.PopulasipenelitianiniadalahsiswakelasXIMIASMAN10Malangtahunajaran2014-2015.Instrumenpenelitianmeliputiinstrumenpembelajaran(silabusRPPhandoutdanworksheet)daninstrumenpengukuran(soalkuissoaltesdanlembarobservasi).Analisisdatadilakukandengananalisisdeskriptifdanujitpadasignifikansi945005.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa(1)PembelajarankooperatiftipeThinkPairSharedanThinkPairSquaretelahterlaksanadengansangatbaikdenganrata-ratapersentaseketerlaksanaanmasingmasing9216%dan9120%(2)interaksibelajarsiswayangdibelajarkanmenggunakanmodelpembelajarankooperatiftipeThinkPairSquare(rerata6990%)lebihtinggidibandingkandenganinteraksisiswayangdibelajarkanmenggunakanmodelpembelajarankoopertiftipeThinkPairShare(rerata6744%)(3)ketuntasanbelajarsiswasetiappertemuanyangdibelajarkanmenggunakanmodelpembelajarankooperatiftipeThinkPairShare(rerata7083%)lebihtinggidibandingkandengansiswayangdibelajarkanmenggunakanmodelpembelajarankoopertiftipeThinkPairSquare(rerata6527%)(4)hasilbelajarkognitifsiswayangdibelajarkanmenggunakanmodelpembelajarankooperatiftipeThinkPairShare(rerata8369)lebihtinggidibandingkandenganhasilbelajarkognitifsiswayangdibelajarkanmenggunakanmodelpembelajarankooperatiftipeThinkPairSquare(rerata7814).