Pengaruh model pembelajaran learning cycle 5E dan learning cycle 5E-STAD terhadap hasil belajar siswa kelas X IPA SMAN 10 Malang pada materi redoks / Rezha Agistria
Main Author: | Agistria, Rezha |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/22141/ |
Daftar Isi:
- AgistriaRezha.2014.PengaruhModelPembelajaranLearningCycle5EdanLearningCycle5E-STADTerhadapHasilBelajarSiswaKelasXIPASMAN10MalangPadaMateriRedoks.SkripsiJurusanKimiaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.Hj.EndangBudiasihM.S(II)Dra.DedekSukarianingsihM.PdM.Si.KatakunciLearningCycle5E(LC-5E)LearningCycle5E-STAD(LC-5E-STAD)redokshasilbelajar1228812288122881228812288122881228812288MateriredoksyangdisajikandikelasXIPASMAumumnyadisampaikandenganmodelpembelajarankonvensional(ceramah).Hasilbelajaryangdicapaisiswadenganmodelpembelajarantersebutmasihrendah.Olehkarenaituperluupayauntukmeningkatkanhasilbelajarsiswadenganmenerapkanmodelpembelajaranefektifyangberpusatpadasiswa.ModelpembelajaranyangdapatdigunakanyaitumodelpembelajaranLC-5EdanLC-5E-STAD.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuibagaimanakahketerlaksanaanmodelpembelajaranLC-5EdanLC-5E-STADyangdilaksanakandikelasXIPASMAN10MalangpadamateriredoksdanapakahadaperbedaanhasilbelajarmateriredoksantarasiswayangdibelajarkandenganmenggunakanmodelpembelajaranLC-5EdengansiswayangdibelajarkanmenggunakanmodelpembelajaranLC-5E-STADpadasiswakelasXIPASMAN10MalangdanbagaimanakahhasilbelajarafektifsiswayangdibelajarkandenganmenggunakanmodelpembelajaranLC-5EdanLC-5E-STADuntukmateriredokspadasiswakelasXIPASMAN10Malang.PenelitianinidilaksanakandikelasXIPASMAN10Malangpadatahunajaran2013/2014yangterdiridari3kelas.Duakelasdiambilsebagaisampeldenganteknikclusterrandomsampling.Kelaseksperimen1(XIPA-2)denganmenggunakanmodelpembelajaranLC-5Esedangkankelaseksperimen2(XIPA-3)denganmenggunakanmodelpembelajaranLC-5E-STAD.Dataketerlaksanaanpembelajarandianalisismenggunakanteknikprosentase.Untukmengujihipotesispenelitianinidilakukandenganuji-tduapihakdengantarafsignifikansi945005denganbantuanprogramSPSSVersi16.0forWindows.12288122881228812288HasilpenelitianmenunjukkanketerlaksanaanpembelajaranpadamodelpembelajaranLC-5Esebesar96%danmodelpembelajaranLC-5E-STADsebesar100%.HasilujihipotesismenunjukkanbahwaterdapatperbedaanhasilbelajarmateriredoksantarasiswayangdibelajarkandenganmenggunakanmodelpembelajaranLC-5EdanLC-5E-STADpadasiswakelasXIPASMAN10Malang.HasilbelajaraspekkognitifsiswayangdibelajarkandenganmodelpembelajaranLC-5E-STAD(8467)lebihtinggidaripadasiswayangdibelajarkandenganmenggunakanmodelpembelajaranLC-5E(8050)danrata-ratanilaikuissiswayangdibelajarkandenganmenggunakanmodelpembelajaranLC-5E-STAD(8429)lebihtinggidaripadasiswayangdibelajarkandenganmenggunakanmodelpembelajaranLC-5E(8180).HasilbelajaraspekafektifsiswayangdibelajarkandenganmenggunakanmodelpembelajaranLC-5E-STADdikategorikansamabaikdengansiswayangdibelajarkandenganmenggunakanmodelpembelajaranLC-5E.