Pengembangan instrumen asesmen berpikir kritis dalam pebelajaran kimia pada materi laju reaksi untuk siswa SMA kelas XI / Lailatul Badria

Main Author: Badria, Lailatul
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2014
Online Access: http://repository.um.ac.id/22122/
Daftar Isi:
  • BadriaLailatul.2014.PengembanganInstrumenAsesmenBerpikirKritisdalamPembelajaranKimiapadaMateriLajuReaksiuntukSiswaSMAKelasXI.SkripsiJurusanKimiaFakultasMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dra.SriRahayuM.Ed.Ph.D(2)Drs.PrayitnoM.Pd.KatakunciBerpikirkritisinstrumenasesmenlajureaksi12288122881228812288Pengembanganataupeningkatankemampuanberpikirkritistelahmenjadisalahsatutujuanutamadandimensipentingdalampendidikantermasukpendidikansains.Berpikirkritisinipentinguntukdikembangkandalampembelajaranterutamapembelajarankimia.Namunfaktadilapanganmasihbanyakditemukanpembelajaranyangtidakmenekankanpadaketerampilanberpikirkritismelainkanpembelajaranmasihcenderungmengkondisikansiswadalambelajarmenghafal(rotelearning)dimanasiswamasihmenyerapinformasisecarapasifdanmengingatkembaliinformasitersebutsaatujianatautes.Selainitupengukuranketerampilanberpikirkritisdalampembelajarankimiajugamasihjarangdilakukan.Olehkarenaitudiperlukansuatuinstrumenasesmenyangdapatmelatihdanmeningkatkanketerampilanberpikirkritissiswa.Penelitianpengembanganinibertujuanuntukmenghasilkaninstrumenberpikirkritisatauinstrumenyangmembutuhkanberpikirkritisuntukmemecahkannyadanmemperolehinstrumenasesmendengantingkatvaliditasdanreliabilitasyangmemadai.12288122881228812288MetodeyangdigunakandalampenelitianpengembanganinimengacupadalimatahappertamadarimodelresearchanddevelopmentmenurutBorgdanGallyaitupenelitiandanpengumpulaninformasiperencanaanpengembangandrafprodukujiprodukawal(ujiterbatas)danrevisihasilujicoba.DrafprodukyangdihasilkandivalidasiisidandivalidasikonstrukuntukmengetahuitingkatkelayakanprodukdankesesuaianinstrumendenganaspekberpikirkritissebelumdilakukanujicobaterbataskepadasiswaSMAkelasXI.Berdasarkanhasilujicobaterbatasdapatdiketahuitingkatvaliditasbutirsoaldanreliabilitas.Berdasarkanhasilvalidasiisiolehtigadosendantigagurukimiadiperolehnilairata-ratasebesar8155%dengankriteriasangatlayakdandarihasilvalidasikonstrukdiketahuibahwainstrumenasesmenyangdikembangkansudahsesuaidenganaspekberpikirkritis.Sedangkandarihasilujicobaterbatasdananalisisbutirsoaldiperoleh20soalvalidpilihangandadan11soalvaliduntukuraiandengankriteriareliabilitastinggi.Olehkarenaituinstrumenasesmenberpikirkritispadamaterilajureaksiinilayakditerapkandalampembelajaranuntukmenilaidanmengukurtingkatketerampilanberpikirsiswa.