Pengembangan bahan ajar ikatan kimia kurikulum 2013 berbasis inkuiri terbimbing untuk SMA kelas X / Nafisa Ema Muthaharoh
Main Author: | Muthaharoh, Nafisa Ema |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2014
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/22117/ |
Daftar Isi:
- MuthaharohNafisaE.2014.PengembanganBahanAjarIkatanKimiaKurikulum2013BerbasisInkuiriTerbimbinguntukSiswaSMAKelasX.SkripsiJurusanKimiaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)MuntholibS.Pd.M.Si.(II)Drs.IdaBagusSuryadharmaM.S.Katakuncibahanajarinkuiriterbimbingikatankimia12288122881228812288Pendidikanmerupakanpondasiuntukmeningkatkandanmengembangkankualitasdansumberdayamanusia.Olehkarenaitusudahselayaknyapembangunandibidangpendidikanmenjadiprogramutama.PeningkatankualitaspendidikandiIndonesiadilakukandenganberbagaiupayasalahsatunyaadalahpenyempurnaankurikulum.Kurikulum2013merupakanpenyempurnaandariKurikulumTingkatSatuanPendidikan(KTSP)dimanaKurikuluminimenekankankeaktifansiswadalammengkonstrukpengetahuanmelaluitahapan-tahapanilmiah.Bahanajarmerupakansalahsatualatuntukmemfasilitasisiswadalammenemukansertamengkonstrukpengetahuan.Bahanajardisusununtukmemudahkangurudalammelaksanakanpembelajaransesuaidengantuntutankurikulum.PenelitianpengembanganbahanajarinibertujuanuntukmengembangkansertamengetahuikelayakanbahanajarmateriikatankimiaKurikulum2013berbasisinkuiriterbimbinguntuksiswaSMAkelasX.12288122881228812288Pengembanganbahanajarinimenggunakanmodelpengembangan3DyangdiadaptasidariFour-DModel(Model4D)yangterdiriatas3tahapyaitudefine(membatasi)design(merancang)dandevelop(mengembangkan).Dalamtahapmembatasidilakukanpenetapantujuandanpembatasanmengenaibahanajaryangakandikembangkan.Dilanjutkandengantahapanmerancangyaknipembuatanbahanajar.Bahanajaryangtelahdirancangkemudiandikembangkansampaimenghasilkanprodukakhirbahanajarsetelahmelaluirevisiberdasarkanmasukanpembimbingdanmasukanparapakarahli/praktisi.BahanajardivalidasiolehvalidatorahlidenganrinciansatuorangDosendantigaoranggurukimiaSMA.HasilpengembanganberupabahanajarikatankimiaKurikulum2013berbasisinkuiriterbimbing.Langkah-langkahdalambahanajarmengacupadalangkahpembelajaraninkuiriterbimbingyaitupendahuluanmasalahhipotesiskegiatan(prosedurdananalisis)dankesimpulan.Hasilvalidasiahlimenunjukkanbahwasemuavalidatormemberipenilaiandiatasbataskelayakan.Padaangketpenilaianujikelayakanbahanajarterdapattigaaspekpenilaianyaituisidanpenyajiankebahasaandantataletakbahanajar.BahanajaryangdikembangkandiujiolehsatuorangDosenkimiaUniversitasNegeriMalangdantigaoranggurukimiaSMAN1Tumpang.Rincianhasilujikelayakanrata-ratakeempatvalidatorpadamasing-masingaspeksecaraberturut-turutyaitu7545%725%dan84%.Sehinggadiperolehrata-ratahasilujikelayakanbahanajardarikeempatvalidatorsebesar772%dengankriterialayak.