Pengembangan multimedia pembelajaran kimia interaktif pada materi laju reaksi untuk SMA/MA kelas XI / Mahfud Endarwanto
Main Author: | Endarwanto, Mahfud |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2014
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/22099/ |
Daftar Isi:
- EndarwantoMahfud.2014.PengembanganMultimediaPembelajaranKimiaInteraktifPadaMateriLajuReaksiuntukSMA/MAKelasXI.Skripsi.JurusanKimiaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.YahminM.Si.(II)Dr.MunzilM.Si.KatakunciMultimediaPembelajaranInteraktifLajuReaksimodel4DIlmukimiaadalahbagiandarisainsyangmencakupaspekmakroskopismikroskopisdansimbolikbilatidakdiajarkandenganbaikmakaakantimbulmiskonsepsipadasiswa.Penggunaanbukutekssajatidakcukupuntukmenjelaskankonsepabstraksecarakonkret.Solusiuntukmengatasimasalahtersebutadalahdenganmenggunakanmultimediapembelajaran.Berkembangnyailmupengetahuandanteknologimenyebabkanmunculnyaberbagaijenismultimediapembelajaranberbasiskomputer.Namunmultimediapembelajaranyangsudahadahanyaberfokusuntukmeningkatkanmotivasidanminatsiswabelajardanbelumseluruhnyamencakupaspekmakroskopismikroskopisdansimbolik.Sehinggadiperlukanpengembanganmultimediapembelajarankimiainteraktifyangmampumenyempurnakanketerbatasanpengembanganmultimediapembelajarankimiasebelumnya.SalahsatumateripokokdalamkimiayangdiajarkandiSMA/MAyangmencakupketigaaspektersebutadalahmaterilajureaksi.Sehinggapenggunaanmultimediapembelajarankimiainteraktifpadamaterilajureaksiinidiharapkandapatmembantusiswabelajarkimia.Penelitianiniadalahpenelitiandanpengembanganyangbertujuanuntukmenghasilkanprodukdanmelihattingkatkelayakannya.MultimediaPembelajarantersebutmencakupaspekmakroskopismikroskopisdansimbolikdarimaterilajureaksi.Modelpengembanganyangdigunakandalampenelitianiniadalahfour-DModeldariThiagarajan(1974)yangterdiridari4tahapanyaitudefinedesigndevelopdisseminate.Akantetapidalampenelitianinitahapdisseminatetidakdilakukankarenapenelitianhanyasampaipadaujicobaterbatas.Multimediapembelajaranyangdikembangkanmemilikikarakteristiksebagaiberikut(1)terdapatanimasiaudiovideogambardanteksuntukmemvisualisasikanobyekyangsulituntukdibayangkan(2)bersifatinteraktif(3)terdapatevaluasisebagaiumpanbaliksetelahmempelajarimultimedia(4)mempermudahgurudalampenyampaianmaterilajureaksi(5)dapatdigunakansiswabelajarsecaramandiri.Untukmelihatkelayakannyaprodukmultimediapembelajaranyangtelahdikembangkandivalidasiolehahlimediadanahlimaterisertadiujicobakankepada10orangsiswakelasXISMAN1Gondanglegi.ValidasitampilanmultimediadilakukanolehahlimediayaitusatuorangdosenjurusanTEPFIP.SedangkanvalidasimateridilakukanolehsatuorangdosenkimiadanduaoranggurukimiaSMAN1GondanglegiMalang.Datayangdiperolehberupadatakualitatifdankuantitatif.Datakulitatifberupakomentarvalidatordanpenggunasedangkandatakuantitatifdiperolehdariangketchecklistsesuaikriteriavalidasi.Hasilvalidasiahlimediadanahlimateriberturut-turutadalah934%dan926%.Sedangkanujicobamemperolehhasil848%.Darihasiltersebutdapatdisimpulkanbahwamultimediapembelajaraninilayakdigunakandalamprosespembelajaran.