Pengembangan multimedia pembelajaran kimia interaktif pada materi laju reaksi untuk SMA/MA kelas XI / Mahfud Endarwanto

Main Author: Endarwanto, Mahfud
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2014
Online Access: http://repository.um.ac.id/22099/
Daftar Isi:
  • EndarwantoMahfud.2014.PengembanganMultimediaPembelajaranKimiaInteraktifPadaMateriLajuReaksiuntukSMA/MAKelasXI.Skripsi.JurusanKimiaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.YahminM.Si.(II)Dr.MunzilM.Si.KatakunciMultimediaPembelajaranInteraktifLajuReaksimodel4DIlmukimiaadalahbagiandarisainsyangmencakupaspekmakroskopismikroskopisdansimbolikbilatidakdiajarkandenganbaikmakaakantimbulmiskonsepsipadasiswa.Penggunaanbukutekssajatidakcukupuntukmenjelaskankonsepabstraksecarakonkret.Solusiuntukmengatasimasalahtersebutadalahdenganmenggunakanmultimediapembelajaran.Berkembangnyailmupengetahuandanteknologimenyebabkanmunculnyaberbagaijenismultimediapembelajaranberbasiskomputer.Namunmultimediapembelajaranyangsudahadahanyaberfokusuntukmeningkatkanmotivasidanminatsiswabelajardanbelumseluruhnyamencakupaspekmakroskopismikroskopisdansimbolik.Sehinggadiperlukanpengembanganmultimediapembelajarankimiainteraktifyangmampumenyempurnakanketerbatasanpengembanganmultimediapembelajarankimiasebelumnya.SalahsatumateripokokdalamkimiayangdiajarkandiSMA/MAyangmencakupketigaaspektersebutadalahmaterilajureaksi.Sehinggapenggunaanmultimediapembelajarankimiainteraktifpadamaterilajureaksiinidiharapkandapatmembantusiswabelajarkimia.Penelitianiniadalahpenelitiandanpengembanganyangbertujuanuntukmenghasilkanprodukdanmelihattingkatkelayakannya.MultimediaPembelajarantersebutmencakupaspekmakroskopismikroskopisdansimbolikdarimaterilajureaksi.Modelpengembanganyangdigunakandalampenelitianiniadalahfour-DModeldariThiagarajan(1974)yangterdiridari4tahapanyaitudefinedesigndevelopdisseminate.Akantetapidalampenelitianinitahapdisseminatetidakdilakukankarenapenelitianhanyasampaipadaujicobaterbatas.Multimediapembelajaranyangdikembangkanmemilikikarakteristiksebagaiberikut(1)terdapatanimasiaudiovideogambardanteksuntukmemvisualisasikanobyekyangsulituntukdibayangkan(2)bersifatinteraktif(3)terdapatevaluasisebagaiumpanbaliksetelahmempelajarimultimedia(4)mempermudahgurudalampenyampaianmaterilajureaksi(5)dapatdigunakansiswabelajarsecaramandiri.Untukmelihatkelayakannyaprodukmultimediapembelajaranyangtelahdikembangkandivalidasiolehahlimediadanahlimaterisertadiujicobakankepada10orangsiswakelasXISMAN1Gondanglegi.ValidasitampilanmultimediadilakukanolehahlimediayaitusatuorangdosenjurusanTEPFIP.SedangkanvalidasimateridilakukanolehsatuorangdosenkimiadanduaoranggurukimiaSMAN1GondanglegiMalang.Datayangdiperolehberupadatakualitatifdankuantitatif.Datakulitatifberupakomentarvalidatordanpenggunasedangkandatakuantitatifdiperolehdariangketchecklistsesuaikriteriavalidasi.Hasilvalidasiahlimediadanahlimateriberturut-turutadalah934%dan926%.Sedangkanujicobamemperolehhasil848%.Darihasiltersebutdapatdisimpulkanbahwamultimediapembelajaraninilayakdigunakandalamprosespembelajaran.