Pengaruh metode inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar dan sikap ilmiah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1Lawang pada materi larutan penyangga dan hidrolis garam / Arifah Zurotunisa

Main Author: Zurotunisa, Arifah
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2014
Online Access: http://repository.um.ac.id/22088/
Daftar Isi:
  • ZurotunisaArifah.2014.PengaruhMetodeInkuiriTerbimbingterhadapHasilBelajardanSikapIlmiahSiswaKelasXIIPASMANegeri1LawangpadaMateriLarutanPenyanggadanHidrolisisGaram.SkripsiJurusanKimiaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)HabiddinS.Pd.M.Pd(II)Drs.IdaBagusSuryadharmaM.S.KataKunciInkuiriterbimbingHasilbelajarSikapIlmiahLarutanPenyanggadanHidrolisisgaramHakikatilmukimiaadalahsebagaiprosesdanproduk.Dalamprosespembelajarankimiasiswatidakhanyadiberikanfaktadankonseptetapisiswajugadilatihuntukmenemukanfaktadankonsepkimiamelaluiprosesdanditumbuhkansikapilmiahdidalamdirisiswaterutamapadamaterilarutanpenyanggadanhidrolisisgaram.Halinimenjadikanprosespembelajarankimiamenjadilebihbermakna.PembelajarankimiadiSMANegeri1Lawangpadamaterilarutanpenyanggadanhidrolisisgaramcenderungbersifatteachercenteredsehinggapembelajarankurangmelibatkansiswadalammenemukankonsep-konsepkimia.Salahsatumetodepembelajaranyangdapatdigunakanagarsiswadapatikutaktifdalamprosespembelajarandanmengembangkansikapilmiahsiswaadalahmetodeinkuiriterbimbing.Penelitianinidilaksanakandengantujuanuntukmengetahuiperbedaanhasilbelajarantarasiswayangdibelajarkandenganmetodepembalajaraninkuiriterbimbingdansiswayangdibelajarkandenganmetodekonvensional(verifikasi)padamaterilarutanpenyanggadanhidrolisisgaram.SelainituuntukmengetahuisikapilmiahsiswakelasXIIPAyangdibelajarkandenganmetodeinkuiriterbimbingdansiswayangmenggunakankonvensionalpadamateripokoklarutanpenyanggadanhidrolisisgaram.12288122881228812288Rancanganeksperimentalsemu(quasyexperimentaldesign)posttest-onlydanrancangandeskriptifdigunakandalampenelitianini.SubjekpenelitianiniadalahsiswakelasXIIPASMAN1Lawang.Instrumenpenelitianterdiridariinstrumenpembelajaran(SilabusRPPLKS)daninstrumenpengukuranyangterdiridari29soaluntukmengukurhasilbelajarsiswadanpengukurandatasikapilmiahsiswaberupaangket.Kegiatananalisisdatadimulaidariujiprasyaratanalisisyangselanjutnyadilakukanuji-tdengansignifikansi005.Teknikanalisisdataangketberupaanalisisdeskriptifkuantitatif.Berdasarkanhasilanalisistersebutdiperolehduasimpulanhasilpenelitiansebagaiberikut.Pertamaterdapatperbedaanhasilbelajarkognitifsiswayangdibelajarkanmenggunakanmetodepembelajaraninkuiriterbimbingdengansiswayangdibelajarkanmenggunakankonvensional(verifikasi)padamaterilarutanpenyanggadanhidrolisisgaram.Hasilbelajarkognitifsiswayangdibelajarkanmenggunakanmetodepembelajaraninkuiriterbimbinglebihbaikdaripadakelompoksiswayangbelajardenganpembelajarankonvensional(verifikasi)dengannilaiselisihhasilbelajardankemampuanawalkelaseksperimensebesar112dankelaskontrolsebesar24sehinggaadapengaruhmetodeinkuiriterbimbingterhadaphasilbelajarkognitifsiswapadamaterilarutanpenyanggadanhidrolisisgaram.KeduaSikapilmiahsiswayangdibelajarkanmenggunakanmetodepembelajaraninkuiriterbimbinglebihtinggidaripadasiswayangdibelajarkanmenggunakankonvensional(verifikasi).