Pengaruh metode inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar dan sikap ilmiah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1Lawang pada materi larutan penyangga dan hidrolis garam / Arifah Zurotunisa
Main Author: | Zurotunisa, Arifah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2014
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/22088/ |
Daftar Isi:
- ZurotunisaArifah.2014.PengaruhMetodeInkuiriTerbimbingterhadapHasilBelajardanSikapIlmiahSiswaKelasXIIPASMANegeri1LawangpadaMateriLarutanPenyanggadanHidrolisisGaram.SkripsiJurusanKimiaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)HabiddinS.Pd.M.Pd(II)Drs.IdaBagusSuryadharmaM.S.KataKunciInkuiriterbimbingHasilbelajarSikapIlmiahLarutanPenyanggadanHidrolisisgaramHakikatilmukimiaadalahsebagaiprosesdanproduk.Dalamprosespembelajarankimiasiswatidakhanyadiberikanfaktadankonseptetapisiswajugadilatihuntukmenemukanfaktadankonsepkimiamelaluiprosesdanditumbuhkansikapilmiahdidalamdirisiswaterutamapadamaterilarutanpenyanggadanhidrolisisgaram.Halinimenjadikanprosespembelajarankimiamenjadilebihbermakna.PembelajarankimiadiSMANegeri1Lawangpadamaterilarutanpenyanggadanhidrolisisgaramcenderungbersifatteachercenteredsehinggapembelajarankurangmelibatkansiswadalammenemukankonsep-konsepkimia.Salahsatumetodepembelajaranyangdapatdigunakanagarsiswadapatikutaktifdalamprosespembelajarandanmengembangkansikapilmiahsiswaadalahmetodeinkuiriterbimbing.Penelitianinidilaksanakandengantujuanuntukmengetahuiperbedaanhasilbelajarantarasiswayangdibelajarkandenganmetodepembalajaraninkuiriterbimbingdansiswayangdibelajarkandenganmetodekonvensional(verifikasi)padamaterilarutanpenyanggadanhidrolisisgaram.SelainituuntukmengetahuisikapilmiahsiswakelasXIIPAyangdibelajarkandenganmetodeinkuiriterbimbingdansiswayangmenggunakankonvensionalpadamateripokoklarutanpenyanggadanhidrolisisgaram.12288122881228812288Rancanganeksperimentalsemu(quasyexperimentaldesign)posttest-onlydanrancangandeskriptifdigunakandalampenelitianini.SubjekpenelitianiniadalahsiswakelasXIIPASMAN1Lawang.Instrumenpenelitianterdiridariinstrumenpembelajaran(SilabusRPPLKS)daninstrumenpengukuranyangterdiridari29soaluntukmengukurhasilbelajarsiswadanpengukurandatasikapilmiahsiswaberupaangket.Kegiatananalisisdatadimulaidariujiprasyaratanalisisyangselanjutnyadilakukanuji-tdengansignifikansi005.Teknikanalisisdataangketberupaanalisisdeskriptifkuantitatif.Berdasarkanhasilanalisistersebutdiperolehduasimpulanhasilpenelitiansebagaiberikut.Pertamaterdapatperbedaanhasilbelajarkognitifsiswayangdibelajarkanmenggunakanmetodepembelajaraninkuiriterbimbingdengansiswayangdibelajarkanmenggunakankonvensional(verifikasi)padamaterilarutanpenyanggadanhidrolisisgaram.Hasilbelajarkognitifsiswayangdibelajarkanmenggunakanmetodepembelajaraninkuiriterbimbinglebihbaikdaripadakelompoksiswayangbelajardenganpembelajarankonvensional(verifikasi)dengannilaiselisihhasilbelajardankemampuanawalkelaseksperimensebesar112dankelaskontrolsebesar24sehinggaadapengaruhmetodeinkuiriterbimbingterhadaphasilbelajarkognitifsiswapadamaterilarutanpenyanggadanhidrolisisgaram.KeduaSikapilmiahsiswayangdibelajarkanmenggunakanmetodepembelajaraninkuiriterbimbinglebihtinggidaripadasiswayangdibelajarkanmenggunakankonvensional(verifikasi).