Pengaruh penerapan keterampilan metakognitif pada model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMAN 1 Malang pada materi hidrolisis garam / Findi Citra Kusumasari

Main Author: Kusumasari, Findi Citra
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2014
Online Access: http://repository.um.ac.id/22087/
Daftar Isi:
  • KusumasariFindiCitra.2014.PengaruhPenerapanKeterampilanMetakognitifpadaModelPembelajaranInkuiriTerbimbingterhadapHasilBelajarSiswaKelasXISMAN1MalangpadaMateriHidrolisisGaram.SkripsiJurusanKimiaFakultasMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.SriniM.IskandarPh.D.(II)Drs.DermawanAfandyM.Pd.KataKunciketerampilanmetakognitifinkuiriterbimbinghasilbelajarhidrolisisgaram12288122881228812288Pembelajarankonvensionalyangditerapkanpadamaterihidrolisisgarammenyebabkansiswabelumsepenuhnyamenguasaikonsepkarenakurangdiberdayakannyaketerampilanmetakognitifdantidakterlibatnyasiswadalampenemuankonsep.Materihidrolisisgaramberisikonsepteoritisdanmatematisdimanasiswabanyakmengalamikesulitankarenaprosespembelajarandikelasmasihberbasiskonvensional.Siswacenderungmenghafalkonsepyangdiperolehtanpamemahaminyalebihdalam.Penerapanketerampilanmetakognitifpadamodelinkuiriterbimbingdalammaterihidrolisisgaramdiharapkandapatmeningkatkanhasilbelajarsiswa.Tujuanpenelitianadalah1)mengetahuihasilbelajarkognitifdan2)mengetahuihasilbelajarafektifsertapsikomotorsiswayangdibelajarkanmenggunakanketerampilanmetakognitifpadamodelpembelajaraninkuiriterbimbingdanmodelpembelajaraninkuiriterbimbingsaja.12288122881228812288RancanganpenelitianyangdigunakanadalahQuasyExsperimentaldengandesainposttestonlycontrolgroupdesign.Pengambilansampeldilakukandenganteknikpurposivesampling.Intrumenuntukmengambildatahasilbelajarkognitifadalahtesdaninstrumentyangdigunakanuntukmemperolehdatahasilbelajarafektifdanpsikomotormenggunakanlembarobservasi.Teknikanalisisdatapenelitiandilakukandenganstatistikdeskriptifdaninferensial.Pengujianhipotesismengunakanuji-tpadatingkatsignifikansi005denganbantuanprogramSPSS16forWindows.12288122881228812288Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa1)pelaksanaanpembelajaranmenggunakanketerampilanmetakognitifpadamodelpembelajaraninkuiriterbimbingpadakelaseksperiemendaninkuiriterbimbingpadakelaskontrolberlangsungcukupbaiknamunalokasiwaktubelumsesuaidenganRPP2)adaperbedaanyangsignifikanhasilbelajarkognitifsiswakelaseksperimendankelaskontrol.Hasilbelajarkognitifsiswakelaseksperimenlebihtinggi(8583)dibandingkandenganhasilbelajarkognitifkelaskontrol(7857)3)Hasilbelajarafektifkelaseksperimenlebihtinggi(7933)dibandingkanhasilbelajarafektifkelaskontrol(6419)4)Hasilbelajarpsikomotorkelaseksperimenlebihtinggi(846)dibandingkanhasilbelajarpsikomotorkelaskontrol(8349)dan5)Secaraumumdapatdisimpulkanbahwapenerapanketerampilanmetakognitifpadamodelpembelajaraninkuiriterbimbingdapatmeningkatkanhasilbelajarkognitifafektifdanpsikomotor.