Pengaruh penerapan keterampilan metakognitif pada model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMAN 1 Malang pada materi hidrolisis garam / Findi Citra Kusumasari
Main Author: | Kusumasari, Findi Citra |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2014
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/22087/ |
Daftar Isi:
- KusumasariFindiCitra.2014.PengaruhPenerapanKeterampilanMetakognitifpadaModelPembelajaranInkuiriTerbimbingterhadapHasilBelajarSiswaKelasXISMAN1MalangpadaMateriHidrolisisGaram.SkripsiJurusanKimiaFakultasMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.SriniM.IskandarPh.D.(II)Drs.DermawanAfandyM.Pd.KataKunciketerampilanmetakognitifinkuiriterbimbinghasilbelajarhidrolisisgaram12288122881228812288Pembelajarankonvensionalyangditerapkanpadamaterihidrolisisgarammenyebabkansiswabelumsepenuhnyamenguasaikonsepkarenakurangdiberdayakannyaketerampilanmetakognitifdantidakterlibatnyasiswadalampenemuankonsep.Materihidrolisisgaramberisikonsepteoritisdanmatematisdimanasiswabanyakmengalamikesulitankarenaprosespembelajarandikelasmasihberbasiskonvensional.Siswacenderungmenghafalkonsepyangdiperolehtanpamemahaminyalebihdalam.Penerapanketerampilanmetakognitifpadamodelinkuiriterbimbingdalammaterihidrolisisgaramdiharapkandapatmeningkatkanhasilbelajarsiswa.Tujuanpenelitianadalah1)mengetahuihasilbelajarkognitifdan2)mengetahuihasilbelajarafektifsertapsikomotorsiswayangdibelajarkanmenggunakanketerampilanmetakognitifpadamodelpembelajaraninkuiriterbimbingdanmodelpembelajaraninkuiriterbimbingsaja.12288122881228812288RancanganpenelitianyangdigunakanadalahQuasyExsperimentaldengandesainposttestonlycontrolgroupdesign.Pengambilansampeldilakukandenganteknikpurposivesampling.Intrumenuntukmengambildatahasilbelajarkognitifadalahtesdaninstrumentyangdigunakanuntukmemperolehdatahasilbelajarafektifdanpsikomotormenggunakanlembarobservasi.Teknikanalisisdatapenelitiandilakukandenganstatistikdeskriptifdaninferensial.Pengujianhipotesismengunakanuji-tpadatingkatsignifikansi005denganbantuanprogramSPSS16forWindows.12288122881228812288Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa1)pelaksanaanpembelajaranmenggunakanketerampilanmetakognitifpadamodelpembelajaraninkuiriterbimbingpadakelaseksperiemendaninkuiriterbimbingpadakelaskontrolberlangsungcukupbaiknamunalokasiwaktubelumsesuaidenganRPP2)adaperbedaanyangsignifikanhasilbelajarkognitifsiswakelaseksperimendankelaskontrol.Hasilbelajarkognitifsiswakelaseksperimenlebihtinggi(8583)dibandingkandenganhasilbelajarkognitifkelaskontrol(7857)3)Hasilbelajarafektifkelaseksperimenlebihtinggi(7933)dibandingkanhasilbelajarafektifkelaskontrol(6419)4)Hasilbelajarpsikomotorkelaseksperimenlebihtinggi(846)dibandingkanhasilbelajarpsikomotorkelaskontrol(8349)dan5)Secaraumumdapatdisimpulkanbahwapenerapanketerampilanmetakognitifpadamodelpembelajaraninkuiriterbimbingdapatmeningkatkanhasilbelajarkognitifafektifdanpsikomotor.