Pengembangan bahan ajar alkali dan alkali tanah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) / Oktovianus Foembura Mezack
Main Author: | Mezack, Oktovianus Foembura |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2014
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/22070/ |
Daftar Isi:
- MezackFoemburaO.2013.PengembanganBahanAjarAlkalidanAlkaliTanahdenganMenggunakanModelPembelajaranKooperatifTipeSTAD(studentTeamsAchievementDivision).SkripsiJurusanKimiaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.M.SuaidyM.Pd(II)Drs.H.SantosaMsiKataKuncibahanajaralkalidanalkalitanahmodelkooperatifSTAD12288122881228812288Bahanajarmerupakanseperangkatalatbantuuntukmelaksanakanprosesbelajarmengajaryangdisusunsecarasistematisdanmemuatserangkaianaktifitasbelajaragarsiswamampumencapaitujuanpembelajaranyangtelahditetapkansecarakhususdanjelas.Adapuntujuanpengembanganbahanajaryangdilakukanolehpenulisadalahuntukmenghasilkanbahanajarpembelajarankhususpokokbahasanalkalidanalkalitanah.12288122881228812288Bahanajaralkalidanalkalitanahyangdikembangkaniniberdasarkankurikulum2013danmengacupadametodeajarkooperatif.MaterialkalidanalkalitanahmerupakansalahsatubahankajiansiswaSMAkelasXIIsemestersemester1.Bahanajariniterdiridaritigaunitkegiatanyaitu(1)Logamalkali(2)Logamalkalitanah(3)Senyawa-senyawaalkalitanahdanairsadah.Masingmasingunitmemuatkegiatankegiatanbelajaryangakanmengantarsiswauntukmemahamikonsepalkalidanalkalitanah.12288122881228812288Untukmeningkatkankualitasbahanajarpenulismelakukanvalidasiisi.Padavalidasiinidiperolehpenilaiankomentardansarandariparavalidatorbahanajar.Penilaiankomentardansarantersebutdigunakansebagaibahanuntukmerevisibahanajarselanjutnya.Padavalidasiisimelibatkanduavalidatoryaitudosenkimiayangmerupakandosenpembimbingpenulissendiri.Berdasarkandatapenilaianhasilvalidasidiperolehbahwabahanajarpembelajaranyangdikembangkanadalahvalid.Akantetapirevisiterhadapbahanajarmasihtetapdilakukansesuaidengansarandariparavalidator.12288122881228812288Kelebihandaribahanajaryangdikembangkanyaitumaterisesuaidengankurikulum2013dandisusunberdasarkanmodelbelajarkooperatiftipeSTADsehinggadapatmembuatsiswalebihaktifdalamprosesbelajar.Adapunkelemahannyayaitubahanajarinibelumdiujicobakankepadasiswa.Dengandemikiandisarankanbagipengembangselanjutnyauntukmengujicobakanbahanajariniataubahanajaryangdikembangkankepadasiswa.Namundemikianbahanajarinidapatdigunakansebagaibahanajaralternatifdandapatdimodifiksisesuaidengankondisisekolah.