Pengembangan bahan ajar konsep mol, hukum-hukum dasar kimia dan aplikasinya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) untuk siswa SMA kelas X semester I / Petronela Fatubun
Main Author: | Fatubun, Petronela |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2014
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/22059/ |
Daftar Isi:
- FatubunPetronela.2013.PengembanganBahanAjarKonsepMolHukum-HukumDasarKimiaDanAplikasinyaMenggunakanModelPembelajaranKooperatifTipeSTAD(StudentTeamsAchievementDivisions)UntukSiswaSmaKelasXSemesterI.SkripsiJurusanKimiaFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Drs.MohammadSodiqIbnuM.Si(2)Dr.SuhartiM.Si.KataKunciBahanajarmodelpembelajarankooperatifSTADkonsepmolhukum-hukumdasarkimiadanaplikasinyaPendidikanmerupakanhalyangpalingmendasardalamupayauntukmeningkatkankualitassumberdayamanusia(SDM).Makapemerintahindonesiamemberidukunganpenuhterhadapperkembanganmelaluiupayaperluasandanpemerataanmemperolehpendidikanyangbermututinggibagiseluruhrakyatindonesia.Salahsatucarayangdapatmeningkatkankualitaspembelajarankimiadisekolahmenegahatas(SMA)adalahdenganmelakukanperbaikanterhadapbahanajarkimiayangdigunakan.Olehkarenaitupenulismengembangkanbahanajarkonsepmolhukum-hukumdasarkimiadanaplikasinyauntukgurudanmahasiswacalonguru.Tujuandaripengembanganbahanajariniadalahmenghasilkanbahanajarkonsepmolhukum-hukumdasarkimiadanaplikasinyayangberbasiskooperatiftipeSTADuntuksiswaSMAkelasX.Pengembanganbahanajarinimenggunakanmodelpengembangan4DyangdikemukakanolehThiagarajanyangmemiliki4tahapyaitupendefinisian(define)perancangan(design)pengembangan(develop)danpenyebarluasan(disseminate).Namunkarenaketerbatasanwaktumakapengembanganbahanajarinihanyasampaipadatahapketiga.Produkhasilpengembangandiujicobamelaluiprosesvalidasiisiyangdilakukanoleh2orangdosenpendidikankimia.InstrumenyangdigunakandalampengumpulandataadalahmeggunakanangketdenganskalaLikertdenganlembarkomentardansaran.Dariangkethasilvalidasibahanajardanrencanapelaksanaanpembelajarandiperolehdatakuantitatifdandatakualitatif.DatakuantitatifberupaskorpenilaianangketsedangkandatakualitatifberupakomentardansarandarivalidatoryangdigunakansebagaipertimbangandalammelakukanrevisiterhadapbahanajardanRPPyangdikembangkan.Teknikanalisisdatayangdigunakanadalahteknikperhitunganrata-rata.HasilpengembanganberupabahanajardanRPPpadamaterikonsepmolhukum-hukumdasarkimiadanaplikasinyauntukSMAkelasXsemesterIdenganmodelpembelajarankooperatiftipeSTAD(studentteamsachievementdivisions).DarihasilvalidasiisibahanajarolehduaorangdosenkimiaUMdinyatakansangatlayakdengannilairata-rata325.DarihasilvalidasiisirencanapelaksanaanpembelajaranolehduaorangdosenkimiaUMdinyatakansangatlayakdengannilairata-rata348.BerdasarkanhasilanalisisvalidasiisidariduaorangdosenkimiaUMterhadapbahanajardanrencanapelaksanaanpembelajaranmakabahanajaryangtelahdkembangkandinyatakansudahlayakdanbaikuntukdigunakandiSMAkelasXsemesterI.