Pengaruh penerapan model pembelajaran learning cycle 5 fase-TSTS pada materi koloid terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Bululawang / Ulul Ismy Bilkisty

Main Author: Bilkisty, Ulul Ismy
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2013
Online Access: http://repository.um.ac.id/22056/
Daftar Isi:
  • BilkistyUlulIsmy.2013.PengaruhPenerapanModelPembelajaranLearningCycle5Fase-TSTSpadaMateriKoloidterhadapHasilBelajarSiswaKelasXIIPASMANegeri1Bululawang.SkripsiJurusanPendidikanKimiaFakultasMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.Hj.EndangBudiasihM.S.(II)Dra.HayuniRetnoW.M.SiKunciLearningCycle5faseTwoStayTwoStrayhasilbelajarkoloid1228812288122881228812288122881228812288Materikoloidmerupakansalahsatumatapelajaranyangberbasispemahamankonsepdankonsep-konsepnyasangatbanyakaplikasinyadalamkehidupansehari-haridanindustrisehinggamateritersebutsesuaijikadiajarkandenganmodelpembelajaranyangberorientasipadateorikonstruktivistikkarenadapatmengembangkankemampuanberpikirsiswa.SalahsatumodelpembelajaranyangberbasisteorikonstruktivistikadalahLearningCycle5fase.DalampembelajaranLearningCyclebiasanyatidakmemilikipolakooperatiftertentu.PenelitianinimencobamemadukanmodelpembelajaranLearningCycle5fasedenganmodelkooperatifTwoStayTwoStray(TSTS).PenelitianinibertujuanuntukmengetahuibagaimanaketerlaksanaanpembelajaransiswayangdiajardenganmodelpembelajaranLearningCycle5fase-TSTSpadamateripokokkoloiddanperbedaanhasilbelajarsiswayangdiajardenganmodelpembelajaranLearningCycle5fase-TSTSpadamateripokokkoloid.12288122881228812288Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitianeksperimentalsemudenganmodelpost-testonlycontrolgroupdesign.PopulasipenelitianadalahsemuasiswakelasXISMANegeri1Bululawangpadatahunajaran2012/2013yangterdiridari3kelas.SampelpenelitianterdiridariduakelasyaitukelasXIIPA2sebagaikelaseksperimendankelasXIIPA3sebagaikelaskontrol.Pengambilansampeldilakukansecaraacakmelaluiprosedurundian.PadakelaseksperimendiajarkanmaterikoloiddenganmodelpembelajaranLearningCycle5fase-TSTSsedangkanpadakelaskontroldiajarkanmaterikoloiddenganmodelpembelajaranLearningCycle5fase.Analisisdatahasilpenelitiandilakukansecaradeskriptifkuantitatifdansecarastatistik.Analisisdeskriptifkuantitatifdigunakanuntukmenganalisisketerlaksanaanprosespembelajaransertanilaiafektifdanpsikomotoriksiswasedangkananalisissecarastatistikdigunakanuntukmengujihipotesispenelitianyangdiajukan.Hasilpenelitianmenunjukkanketerlaksanaanpembelajarankeduakelasberjalandenganbaikdenganpresentaseskorpenilaian8442%untukkelaskontroldan8700%untukkelaseksperimen.Hasilbelajarsiswamenunjukkanadaperbedaanantarakelaskontroldankelaseksperimen.KelasyangdiajarmenggunakanmodelpembelajaranLearningCycle5fase-TSTSmemilikirata-ratanilai7390sedangkankelasyangdiajarmenggunakanmodelpembelajaranLearningCycle5fasememilikirata-ratanilai6950.HasilHasilbelajarafektifsiswamenunjukkannilairata-rata7312untukkelaseksperimendan7606untukkelaskontrol.Hasilpenilaianpsikomotoriksiswamenunjukkannilairata-rata9000untukkelaseksperimendan8125untukkelaskontrol.