Pengaruh penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar dan keterampilan proses sains siswa kelas XI IPA SMAN 3 Malang pada materi hidrolisis garam / Nanda Maikristina

Main Author: Maikristina, Nanda
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2013
Online Access: http://repository.um.ac.id/22050/
Daftar Isi:
  • MaikristinaNanda.2013.PengaruhPenggunaanModelPembelajaranInkuiriTerbimbingterhadapHasilBelajardanKeterampilanProsesSainsSiswaKelasXIIPASMAN3MalangpadaMateriHidrolisisGaram.SkripsiJurusanKimiaFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.IWayanDasnaM.Si.M.Ed(II)OktaviaSulistinaS.Pd.M.Pd.KataKunciinkuiriterbimbingproblemsolvinghasilbelajarketerampilanprosessains12288122881228812288Kimiasebagaibagiandarisainsterdiridariduakomponendasaryangtidakterpisahkanyaitukimiasebagaiprodukdanproses.Kimiasebagaiprodukterdiridarifaktakonsephukumdanteori.Kimiasebagaiprosesdiartikansebagaiproseskerjailmiahyangdilakukansiswauntukmenemukandanmemperolehkonsep.SalahsatumateripokokyangdibelajarkandalambidangkajiankimiadiSMAadalahhidrolisisgaram.Padapembelajaranhidrolisisgaramsiswatidakhanyadituntutuntukmengetahuisifatlarutangaramtetapijugadituntutuntukmenjelaskanmengapalarutangaramtersebutdapatbersifatasambasanetral.OlehkarenaitudiperlukanmodelpembelajaranyangmengutamakanpadaprosesperolehankonsepyangjugamerupakanpenerapanKurikulumTingkatSatuanPendidikan(KTSP).Penelitianinibertujuanuntukmengetahuipengaruhmodelpembelajaraninkuiriterbimbingterhadaphasilbelajardanketerampilanprosessainssiswa.12288122881228812288Penelitianinimenggunakanrancanganeksperimentalsemu.PopulasidalampenelitianadalahsiswakelasXIIPASMANegeri3Malangyangberjumlahtujuhkelas.Pengambilansampeldilakukandenganmenggunakanteknikclusterrandomsampling.KelasXIIPA3sebagaikelaseksperimenyangdibelajarkandenganinkuiriterbimbingkelasXIIPA4sebagaikelaskontrolyangdibelajarkandenganproblemsolving.Instrumenyangdigunakandalampenelitianiniadalahteshasilbelajarkognitiflembarobservasiketerlaksanaanpembelajaranpsikomotorikafektifdanketerampilanprosessainssiswa.Teskognitifdikembangkanolehpeneliti.Hasilujicobateshasilbelajarkognitifdiperoleh25soalvaliddenganreliabilitas089.Analisisdatapenelitiandilakukandengananalisisdeskriptifdananalisisstatistikkuantitatif.Dataketerlaksaaanpembelajaranhasilbelajarpsikomotorikafektifdanketerampilanprosessainsdianalisasecaradeskriptifsedangkandatahasilbelajarkognitifsiswadianalisasecarastatistikkuantitatifmeliputiujinormalitasujihomogenitasdanuji-tdengantarafsignifikansi9450050.12288122881228812288Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa(1)keterlaksanaanpembelajarandenganmenggunakanmodelpembelajaraninkuiriterbimbingmemilikikriteriasangatbaikdenganreratapersentaseketerlaksanaan100%(2)hasilbelajarkognitifsiswayangdibelajarkanmenggunakanmodelpembelajaraninkuiriterbimbing(rerata89)lebihtinggidibandingkandengansiswayangdibelajarkanmenggunakanmodelpembelajaranproblemsolving(rerata85dengannilaiAsymp.Sig0035005)siswayangmencapaiketuntasansebesar9412%.Hasilbelajarpsikomotoriksiswayangdibelajarkanmenggunakanmodelpembelajaraninkuiriterbimbingsecarakualitatiflebihbaik(kriteriasangatbaiksebesar97%)daripadasiswayangdibelajarkanmenggunakanmodelpembelajaranproblemsolving(kriteriasangatbaik93%).Hasilbelajarafektifsiswayangdibelajarkanmenggunakanmodelpembelajaraninkuiriterbimbingsecarakualitatiflebihbaik(kriteriasangatbaiksebesar676%)daripadasiswayangdibelajarkanmenggunakanmodelpembelajaranproblemsolving(kriteriasangatbaik406%)(3)keterampilanprosessainssiswayangdibelajarkanmenggunakanmodelpembelajaraninkuiriterbimbingsecarakualitatiflebihbaik(reratapencapaian932%)daripadasiswayangdibelajarkanmenggunakanmodelpembelajaranproblemsolving(rerata784%).