Pengaruh penerapan pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar dan motivasi siswa kelas XI IPA MAN Malang I tahun ajaran 2012/2013 pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan / Nilla Oktavia Ekasari
Main Author: | Ekasari, Nilla Oktavia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2013
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/22049/ |
Daftar Isi:
- EkasariNillaOktavia.2013.PengaruhPenerapanPembelajaranInkuiriTerbimbingterhadapHasilBelajardanMotivasiSiswaKelasXIIPAMANMalangIpadaMateriKelarutandanHasilKaliKelarutan.SkripsiJurusanKimiaFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.SriniM.IskandarM.Sc.Ph.D.(II)HabiddinS.Pd.M.Pd.KatakunciInkuiriterbimbinghasilbelajarmotivasikelarutandanhasilkalikelarutan.12288122881228812288BerdasarkanhasilwawancaradiperolehinformasibahwaMANMalangImasihmenggunakanmetodetradisionaldalampembelajarankimia.Metodeiniberpusatpadapengajar(teachercenteredinstruction)sehinggasiswamenjadipasifkurangberminatdanmerasabosansehinggasulitmemahamimateri.Olehkarenaitupembelajaranyangberpusatpadasiswastudentcenteredinstruction)sangatdiperlukan.Salahsatumetodepembelajaranyangberpusatpadasiswa(studentcenteredinstruction)adalahmetodepembelajaraninkuiriterbimbing.Metodepembelajaraninkuiriterbimbingmenekankanpenemuankonsepdalammemberikanpengalamanbelajarkepadasiswa.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuipengaruhpenerapanmetodepembelajaraninkuiriterbimbingterhadaphasilbelajardanmotivasibelajarsiswakelasXIIPAMANMalangIpadamaterikelarutandanhasilkalikelarutan.12288122881228812288Penelitianinimerupakanpenelitianeksperimentaldenganrancanganeksperimensemu.PopulasipenelitianadalahsiswakelasXIIPAMANMalangI.SampelpenelitianadalahkelasXIIPA1danXIIPA2yangdiambildengancaraacakmelaluiundian.Instrumenyangdigunakanadalahtesyangterdiridari25butirsoaldanangketmotivasibelajaryangterdiridari35butirpernyataan.Analisisdatahasilbelajardilakukanmenggunakanuji-tdenganbantuanprogramSPSS16.0forwindows.Analisismotivasibelajardanketerlaksanaanprosespembelajarandenganmetodepembelajaraninkuiriterbimbingdanmetodeceramahdianalisissecaradeskriptif.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwaadaperbedaanhasilbelajardanmotivasibelajarantarasiswayangdibelajarkanmenggunakanmetodepembelajaraninkuiriterbimbingdengansiswayangdibelajarkanmenggunakanmetodetradisional.Rata-ratahasilbelajarsiswayangdibelajarkandenganmetodepembelajaraninkuiriterbimbing(x7283)lebihtinggidibandingkandengansiswayangdibelajarkanmenggunakanmetodetradisional(x6774).Motivasibelajarsiswayangdibelajarkanmenggunakanmetodepembelajaraninkuiriterbimbinglebihtinggidaripadasiswayangdibelajarkanmenggunakanmetodetradisional.Prosespembelajarandenganmetodepembelajaraninkuiriterbimbingterlaksanadenganbaikdenganpersentasesebesar8215%sedangkanprosespembelajarandenganmetodetradisionalterlaksanadengansangatbaikdenganpersentasesebesar911%