Keefektifan konseling kelompok ringkas berfokus solusi untuk meningkatkan disiplin belajar siswa / Verdiana Agustin Anora

Main Author: Anora, Verdiana Agustin
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Online Access: http://repository.um.ac.id/2204/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKAnoraVerdianaAgustin.2015.KeefektifanKonselingKelompokRingkasBerfokusSolusiuntukMeningkatkanDisiplinBelajarSiswa.SkripsiJurusanBimbingandanKonselingFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dr.M.RamliM.A(II)Dr.TriyonoM.Pd.KataKuncikonselingkelompokberfokussolusidisiplinbelajar.Disiplinbelajarmerupakankemampuansiswadalammengendalikandiriuntukbertanggungjawabpadakegiatanbelajarbaikdisekolahmaupundirumah.Padakenyataannyatidaksemuasiswaberperilakudisiplindalambelajarbanyaksiswayangmemilikidisiplinbelajarrendah.Untukmeningkatkandisiplinbelajarsiswaseringdilakukanmelaluipemberianhukuman.Hukumantidakselaluefektifdalammeningkatkandisiplinbelajarsiswa.Untukmenghindarihaltersebutmakaperluupayadalammeningkatkandisiplinbelajarsiswadenganmenciptakanpemikiransiswauntukbertanggungjawabterhadapperilakubelajarnya.Salahsatuupayatersebutadalahpemberiankonselingkelompokringkasberfokussolusi.TujuanpenelitianiniuntukmengetahuiefektivitaskonselingkelompokringkasberfokussolusidalammeningkatkandisiplinbelajarsiswadiSMPNegeri1RembangPasuruan.Penelitianinimenggunakanone-grouppretest-posttestdesign.Observasidilakukansebanyakduakaliyaitusebelumperlakuanyangdisebutpretestdansesudahperlakuanyangdisebutposttest.Hasilpretestdanposttestdilihatdaripeningkatanskorpadaskaladisiplinbelajar.Analisisdatapadapenelitianinimenggunakanujistatistikinferensialnonparametrikdenganujibedatworeleatedtestwilcoxonuntukmengetahuiperbedaanhasilpretestdanposttest.Hasilanalisisdatamenunjukkannilaiprobabilityerror0.028(p0.0280.05)dengandemikianH0ditolakdanterbuktibahwaterdapatperbedaanhasilpretestdanposttestpadasiswayangdiberikantreatment.Berdasarkanpenelitianyangtelahdilaksanakanmakadapatdiambilkesimpulanbahwakonselingkelompokringkasberfokussolusidapatmeningkatkandisiplinbelajarsiswasecaraefektif.Berdasarkanhasiltersebutmakadisarankanpada(1)konseloruntukmenggunakankonselingkelompokringkasberfokussolusisebagaisalahsatupendekatandalammemberikanlayanankonseling.(2)penelitiselanjutnyapenelitianiniterbataspadabeberapasiswakelasVIIISMPNegeri1Rembangsehinggadiharapkanpenelitiselanjutnyadapatmengembangkanpenelitiandalamskalasubjekyanglebihbesardanlebihluasagartreatmentyangdiberikanlebihbermanfaatdantepatsasaransertamampumengendalikanperilakudisiplinbelajarsiswadenganlebihbaik.8195