Pengaruh penerapan model pembelajaran daur belajar (learning cycle) 5 fase - STAD pada materi senyawa hidrokarbon terhadap hasil bel;ajar siswa kelas X SMAN 1 Lawang / Kholifia Indrarakhmawati

Main Author: Indrarakhmawati, Kholifia
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2013
Online Access: http://repository.um.ac.id/22036/
Daftar Isi:
  • IndrarakhmawatiKholifia.2013.PengaruhPenerapanModelPembelajaranDaurBelajar(LearningCycle)5FaseSTADpadaMateriSenyawaHidrokarbonterhadapHasilBelajarSiswaKelasXSMAN1Lawang.SkripsiJurusanKimiaFakultasMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.AmanSantosoM.Si.(II)Drs.DermawanAfandyM.Pd.KataKunciLearningCycle5-ESTADhasilbelajarsenyawahidrokarbon.PelaksanaanKTSPmengubahtatacarapembelajaranyangadadisekolahagarmenjadikansiswaaktifdansenanguntukbelajar.PembelajaranyangsesuaidenganprinsipKTSPadalahpembelajaranyangberbasiskonstruktivistikyaitupembelajarandimanasiswamengkonstruksisendiripemahamandanpengetahuannya.SalahsatumodelpembelajaranyangberbasiskonstruktivistikyangsaatinibanyakditerapkanadalahLearningCycle5-E.ModelpembelajarantersebutdapatdipadukandenganmodelpembelajaranSTADagarpemahamansiswaterhadapsuatukonsepmaterimenjadilebihmendalam.TujuanpenelitianadalahuntukmengetahuiperbedaanhasilbelajardanmotivasibelajarsiswayangdibelajarkanmenggunakanmodelpembelajaranLearningCycle5-E-STADdansiswayangdibelajarkanmenggunakanmodelpembelajaranLearningCycle5-Epadamaterisenyawahidrokarbon.Rancanganpenelitianyangdigunakanadalahrancanganeksperimentalsemudenganmodeldesainpost-testonlycontrolgrupdesign.PopulasidalampenelitianadalahsiswakelasXSMAN1Lawangtahunajaran2012/2013yangdipilihdenganteknikpurposivesamplingsehinggadidapatkanduakelasyaitukelasX-8sebagaikelaskontroldankelasX-7sebagaikelaseksperimen.KelaseksperimendibelajarkanmenggunakanmodelpembelajaranLearningCycle5-E-STADsedangkanpadakelaskontroldibelajarkanmenggunakanmodelpembelajaranLearningCycle5-E.Instrumenpenelitianyangdigunakanadalahinstrumenperlakuan(silabusRPPhandoutdanLKS)danintrumenpengukuran(tesulanganhariandanangketmotivasibelajarsiswa).Analisisdatahasilpenelitiandilakukansecarastatistikdandeskriptif.Analisisstatistikdigunakanuntukmengujihipotesispenelitianyangdiajukan.Pengujianhipotesismengunakanuji-tpadanilaisignifikansi005denganbantuanprogramSPSS16forWindows.Analisisdeskriptifdalambentukpersentasedigunakanuntukmenganalisismotivasibelajarsiswadalammengikutipembelajaran.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa(1)terdapatperbedaanhasilbelajarsiswayangdibelajarkanmenggunakanmodelpembelajaranLearningCycle5-E-STAD(nilairata-rata733)dansiswayangdibelajarkanmenggunakanmodelpembelajaranLearningCycle5-E(nilairata-rata656)(2)pemaduanmodelpembelajaranSTADdalamLC5-EdapatmeningkatkanmotivasibelajarsiswadimanapersentasemotivasibelajarsiswayangdibelajarkanmenggunakanmodelpembelajaranLC5-E-STAD(933%)lebihtinggidarisiswayangdibelajarkanmenggunakanmodelpembelajaranLC5-E(655%).8195