Pengembangan buku petunjuk praktikum kimia SMA kelas XII semester 1 berbasis learning cycle 5 fase / Suriya Wulan Sari
Main Author: | Sari, Suriya Wulan |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2013
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/22026/ |
Daftar Isi:
- Kata-katakunciPengembanganbukupetunjukpraktikumLearningCycle5FasePelaksanaanpraktikumdalampembelajarankimiaakanlebihefektifapabiladitunjangdenganadanyabukupetunjukpraktikum.Berdasarkanhasilobservasidiketahuibahwabukupetunjukpraktikumyangdigunakandisekolahbersifatverifikasidansepertibukuresep.Bukupetunjukpraktikumyangdemikiankurangmemberikesempatanpadasiswauntukberpikirsecarakritisdananalitiskarenasiswahanyamengikutilangkah-langkahyangsudahada.Olehkarenaituperludilakukanpenelitianpengembanganbahanajarberupabukupetunjukpraktikumyangmampumemberikansolusiuntukpermasalahantersebut.PengembanganbukupetunjukpraktikumkimiaberbasisLearningCycle5FaseadalahsuatuprosessistematisdalammerancangdanmenyusunbukupetunjukpraktikumkimiayangberbasismodelpembelajaranLearningCycle5Fase.LearningCycle5Fasemempunyailimatahapanyaitufaseengagementexplorationexplanationelaborationdanevaluation.Melaluikelimatahapantersebutdiharapkanmampumeningkatkanpemahamansiswasehinggaterjadiprosesbelajarbermaknabagisiswa.TujuandaripenelitianpengembanganiniadalahuntukmenghasilkandanmengujikelayakanbukupetunjukpraktikumkimiaSMAkelasXIIsemester1berbasisLearningCycle5Fase.PenelitianpengembanganinimenggunakanmodelpengembanganBorgdanGallyangterdiridari10langkahyaitu(1)penelitiandanpengumpulandata(2)perencanaanpengembanganproduk(3)pengembanganprodukawal(4)ujicobalapanganawal(5)revisiprodukawal(6)ujicobalapangan(7)revisiprodukhasilujicobalapangan(8)ujipelaksanaanlapangan(9)penyempurnaanprodukakhirdan(10)diseminasidanimplementasiproduk.Namundari10tahapanpengembanganhanyadilakukansampaitahapkelimakarenaketerbatasanwaktudanbiaya.Produkhasilpengembangandiujicobamelaluiprosesvalidasiisidanujiketerbacaanterbatas.Validasiisidilakukanoleh1dosenKimiaUMdan2guruKimiaSMAsedangkanujiketerbacaanterbatasdilakukanpada10siswaSMAN2MalangkelasXIIIPA.InstrumenpengumpulandataberupaangketdenganskalaLikertsertalembarkomentardansaran.Jenisdatayangdiperolehberupadatakuantitatifdankualitatif.Datakuantitatifberupaskorpenilaiandariangketsedangkandatakualitatifberupakomentardansarandarivalidator.Teknikanalisisdatayangdigunakanadalahteknikperhitungannilairata-rata.Hasilvalidasiisiolehdosendiperolehnilaisebesar359dengankriteriasangatvalid.Hasilvalidasiisiolehgurudiperolehnilairata-ratasebesar326dengankriteriasangatvalid.Hasilujiketerbacaanterbatassiswadiperolehnilairata-ratasebesar354dengankriteriasangatvalid.BerdasarkanhasilvalidasiisidaridosendangurusertahasilujiketerbacaansiswamenunjukkanbahwabukupetunjukpraktikumkimiahasilpengembangantelahvalidsehinggadapatdigunakandalampembelajarandiSMA.Dalamrangkapengembanganproduklebihlanjutmakadisarankanuntukmeneruskanpenelitiansampaitahapujicobalapangan/ujiempirissertatahapdiseminasidanimplementasiprodukhasilpengembangan.