Pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMA Laboratorium UM pada materi hidrokarbon / Iklilul Millah
Main Author: | Millah, Iklilul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2013
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/22023/ |
Daftar Isi:
- KatakuncimodelpembelajarankooperatifTGT(TeamsGamesTournament)hidrokarbonprestasibelajarMaterihidrokarbonmerupakansalahsatumateridalammatapelajarankimiadiSMA.Materihidrokarbonumumnyadisampaikandenganmodelpembelajarankonvensional(ceramah).Prestasibelajaryangdicapaisiswadenganmodelpembelajarantersebutmasihrendah.Upayauntukmeningkatkanprestasibelajarsiswaadalahdenganmenerapkanmodelpembelajaranefektifyangberpusatpadasiswa.SalahsatumodelpembelajarantersebutadalahTGT(TeamsGamesTournament).PenelitianinibertujuanuntukmengetahuiperbedaanprestasibelajarsiswayangdibelajarkandenganmodelpembelajaranTGT(TeamsGamesTournament)dansiswayangdibelajarkandenganmodelpembelajarankonvensional(ceramah)padamaterihidrokarbon.Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitianeksperimentalsemu.PopulasipenelitianadalahsemuasiswakelasXSMALaboratoriumUMpadatahunajaran2012/2013yangterdiridari7kelas.Teknikpengambilansampeldenganpurposiveclustersamplingyaitudiambil2kelasdenganpertimbangankeduakelastersebutmempunyainilairata-ratayangsama.Kelaspertamasebagaikelaseksperimen(kelasX-6)dankelaskedua(kelasX-1)sebagaikelaskontrolyangdiambilsecaraacakdenganundian.PadakelaseksperimendibelajarkandenganmodelpembelajaranTGTsedangkanpadakelaskontroldibelajarkandenganmodelpembelajarankonvensional(ceramah).Analisisdatahasilpenelitiandilakukansecaradeskriptifdanstatistik.Analisisdeskriptifdigunakanuntukmenganalisisketerlaksanaanprosespembelajarandannilaiafektifsiswasedangkananalisisstatistikdigunakanuntukmengujihipotesispenelitianyangdiajukan.KeterlaksanaanpembelajarandenganmodelpembelajarankooperatifTGTadalah9136%(sangatbaik)danketerlaksanaanpembelajarandenganmodelpembelajarankonvensional(ceramah)adalah8963%(sangatbaik).HasilpenelitianmenunjukkanterdapatperbedaanprestasibelajarantarasiswayangdibelajarkandenganmodelpembelajaranTGTdansiswayangdibelajarkandenganmodelpembelajarankonvensional(ceramah).SiswayangdibelajarkandenganmodelpembelajaranTGTmempunyairata-ratanilaikognitif(759)danrata-ratanilaiafektif(541)lebihtinggidaripadasiswayangdibelajarkandenganmodelpembelajarankonvensional(ceramah)yangmempunyairata-ratanilaikognitif(716)danrata-ratanilaiafektif(523).