Pengaruh model pembelajaran learning cycle 5 fase berbantuan media berbasis audio visual terhadap hasil belajar dan motivasi belajar siswa kelas XI SMA Negeri 7 Malang pada materi larutan penyangga / Al Khiromatul Munifah
Main Author: | Munifah, Al Khiromatul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2013
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/22021/ |
Daftar Isi:
- KatakunciLearningCycle5fasemediaberbasisaudiovisualhasilbelajarmotivasilarutanpenyangga.Salahsatudampakperkembanganilmupengetahuandanteknologiyangharusdiperhatikanolehguruadalahsemakinberagamnyasumberdanmediapembelajaran.Keberadaanmediapembelajaranharusdiperhatikanolehguruuntukmembantumemusatkanperhatiansiswapadapelajarandanmeningkatkanefisiensibelajarmengajar.Selainitujugaadanyaparadigmapembelajarankonstruktivismemenyebabkanprosespembelajaranharusberpusatpadasiswa.ModelpembelajaranyangberorientasipadaparadigmakonstruktivismeadalahmodelLearningCycle5fase.Materilarutanpenyanggaadalahsalahsatumateriyangdianggapsulitolehsiswakarenabanyakkonsepabstrak.PenggunaanmediapembelajaranyangmenarikdanpenerapanmodelpembelajaranLearningCycle5fasediharapkandapatmempermudahsiswauntukmemahamimateriinidanmembangkitkanmotivasisiswauntukbelajarsehinggadapatmeningkatkanhasilbelajarnya.Penelitianinimerupakanpenelitianeksperimentaldenganrancanganeksperimensemu.PopulasipenelitianadalahsiswakelasXISMAN7Malang.SampelpenelitianadalahkelasXIIPA1danXIIPA3yangdiambildengancaraacakmelaluiundian.Instrumenyangdigunakanadalahtesyangterdiridari25butirsoaldanangketmotivasibelajaryangterdiridari35butirpernyataan.Analisisdatahasilbelajardilakukanmenggunakanuji-UMannWhitneydenganbantuanprogramSPSS16.0forwindows.AnalisismotivasibelajardanketerlaksanaanprosespembelajarandenganmodelLearningCycle5fasetanpadandenganbantuanmediaberbasisaudiovisualdianalisissecaradeskriptif.HasilpenelitianmenunjukkanbahwaadaperbedaanhasilbelajardanmotivasibelajarantarasiswayangdibelajarkanmenggunakanmodelpembelajaranLearningCycle5FaseberbantuanmediaberbasisaudiovisualdengansiswayangdibelajarkanmenggunakanmodelpembelajaranLearningCycle5Fasetanpabantuanmediaberbasisaudiovisual.Rata-ratahasilbelajardanmotivasibelajarsiswayangdibelajarkanmenggunakanmodelpembelajaranLearningCycle5Faseberbantuanmediaberbasisaudiovisual(x7432)lebihtinggidibandingkandengansiswayangdibelajarkanmenggunakanmodelpembelajaranLearningCycle5Fasetanpabantuanmediaberbasisaudiovisual(x6823).ProsespembelajarandenganmodelLearningCycle5fasetanpadandenganbantuanmediaberbasisaudiovisualtelahterlaksanadengansangatbaikdenganpersentasesebesar936%.