Keefektifan penggunaan paket pelatihan keterampilan membuka diri untuk meningkatkan kemampuan komunikasi siswa kelas VIII SMP Negeri 20 Malang / Inggit Wiga Minarti
Main Author: | Minarti, Inggit Wiga |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/2202/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKMinartiInggitWiga.2015.KeefektifanPenggunaanPaketPelatihanKeterampilanMembukaDiriUntukMeningkatkanKemampuanKomunikasiSiswaKelasVIIISMPNegeri20Malang.SkripsiJurusanBimbingandanKonselingFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.TriyonoM.Pd(II)Dr.BlasiusBoliLasanM.Pd.KataKunciPelatihanMembukaDiriKomunikasi.Manusiamerupakanmakhluksosialyangsalingmembutuhkansesama.Dalamkehidupansehari-harimanusiasalingberinteraksidengansesamanya.Dalaminteraksitersebutterjadisuatuproseskomunikasi.Komunikasiadalahprosespenyampaianpesandarikomunikator(pengirimpesan)kepadakomunikan(penerima).Proseskomunikasimerupakanhalyangpentingdalamkehidupanmanusia.KomunikasijugapentingbagiremajakhususnyasiswaSMP.NamunmasihbanyaksiswaSMPyangmasihkurangmemilikikemampuankomunikasi.BerdasarkanhaltersebutpenelitianinimenggunakanpaketpelatihanketerampilanmembukadiriuntukmeningkatkankemampuankomunikasisiswakelasVIIISMPNegeri20Malang.TujuandaripenelitianiniadalahuntukmengetahuikeefektifanpenggunaanpaketpelatihanketerampilanmembukadiriuntukmeningkatkankemampuankomunikasisiswakelasVIIISMPNegeri20Malang.Metodepenelitianyangdigunakanadalaheksperimendenganrancanganpenelitiankuasieksperimen.Padapenelitianeksperimeninidilakukanpengukuransebelum(pre-test)dansesudah(post-test)pemberiantreatmen.Sertaterdapatduakelompokyaknikelompokeksperimendankelompokkontrol.Kelompokeksperimenadalahkelompokyangmendapatkanperlakuansedangkankelompokkontroladalahkelompokyangtidakmendapatkanperlakuanapapun.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwaadaperbedaanantaraskorpost-testkelompokeksperimendenganskorpost-testkelompokkontrol.Skorpost-testkelompokeksperimendanpost-testkelompokkontroltidaksamaskorpost-testkelompokkontrollebihtinggijikadibandingkandenganskorpost-testkelompokkontrol.HaltersebutberartibahwapenggunaanpaketpelatihanketerampilanmembukadiriefektifuntukmeningkatkankemampuankomunikasisiswakelasVIIISMPNegeri20Malang.Berdasarkanhasilpenelitianyangtelahdilakukanberikutadalahsaranyangdiberikan(1)Untukkonselorpaketpelatihaninidapatdigunakansebagaialternatifdalampemberianlayananbimbingandankonselingterutamabagisiswayangmasihmemilikikemampuankomunikasirendah.Selainituadalahhendaknyauntuksetiaptopiktreatmendilaksanakansebanyak2kalipertemuandengandurasiwaktusetiappertemuanadalah40menit.(2)Untukpenelitiselanjutnyadapatmengembangkanpenelitiandalamskalasubyekyanglebihbesaragarpelatihanyangdiberikandapatbermanfaatdantepatsasaransertamampumeningkatkankemampuankomunikasisiswadanjugadapatdigeneralisasikanpadasiswadaritingkatkelasdansekolahyangberbeda.