Pengembangan media pembelajaran berbasis Learning Management System (LMS) pada materi senyawa karbon untuk SMA kelas XII / Agus Lukman Hakim

Main Author: Hakim, Agus Lukman
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2013
Online Access: http://repository.um.ac.id/22007/
Daftar Isi:
  • Katakuncimedialearningmanagementsystemsenyawakarbon.Pembelajaranyanghanyadilakukandikelasmemilikibeberapakelemahandiantaranyasumberbelajarterbataspembelajarankurangefektifdantidakmampumengakomodasigayadankecepatanbelajarsiswa.Kelemahantersebutdapatdiatasidenganmemanfaatkanperkembanganteknologiyangsemakinmajudenganmengembangkanmediapembelajaranyangdapatmengakomodasiperbedaangayadankecepatanbelajarsiswa.Olehkarenaitudiperlukansebuahmediayangmampumemberikannuansabarudalampembelajaranmemberikanberagamsumberbelajaryangdapatdiaksessetiapsaatolehsiswasehinggamampumengakomodasigayadankecepatanbelajarsiswa.Salahsatualternatifyangdiajukanadalahdenganmengembangkanmediapembelajaranberbasislearningmanagementsystem(LMS)denganmemanfaatkankemajuanteknologidibidanginternet.Tujuanpenelitianiniadalahmengembangkanmediapembelajaranberbasislearningmanagementsystemuntukmaterisenyawakarbonsertamengetahuikelayakanmediapembelajaranyangtelahdikembangkan.MetodepengembanganyangdigunakandalampenelitiandanpengembanganiniadalahFour-DModelyangmeliputitahappendefinisian(define)perancangan(design)pengembangan(develop)dantahappenyebaran(disseminate).Untukmengetahuikelayakandarimediayangtelahdikembangkandilakukanujivalidasidanujikelompokkecil.UjivalidasimediayangdilakukanterdiridariduamacamyaituujivalidasidesainolehvalidatorahlimediadaridosenJurusanTeknologiPendidikanUMdanujivalidasimateriolehahlimateridaridosenJurusanKimiaUMdanduaorangguru.Pelaksanaanujikelompokkecilmelibatkan10siswaSMAkelasXIIyangtelahmenerimamaterisenyawakarbon.Kriteriakelayakanhasilvalidasimediadanujikelompokkeciluntuktiapitempadaangketyaitu326-400untukkriteriasangatlayak251-325untukkriterialayak176-250untukkriteriakuranglayakdanperludilakukanrevisidan100-175untukkriteriatidaklayakdanperludilakukanrevisitotal.Hasilpengembanganberupamediapembelajaranberbasislearningmanagementsystemyangdapatdiaksesmelaluialamate-learning.fmipa.um.ac.id.Padamediayangdikembangkanterdapattujuhtopikyangmasing-masingtopikdilengkapidenganbahanajaranimasiworksheetmenuuploadtugaslinkkewebsitelainforumdiskusidanchat.Padaakhirmediajugadilengkapidengansoal-soalevaluasiyangbisadikerjakansiswasecaraonline.Hasilujikelayakanterhadapmediapembelajaransenyawakarbonolehahlimediadiperolehskorrata-rata400sedangkanhasilujikelayakanolehahlimateridiperolehskorrata-rata375denganskalamaksimal400.Hasilujikelompokkecilterhadapmediapembelajarandiperolehskorrata-rata375sehinggaberdasarkanpenilaiantersebutdapatdikatakanbahwamediapembelajaranyangdikembangkantelahmemenuhikriteriasangatlayak.