Pengembangan media pembelajaran berbasis Learning Management System (LMS) pada materi senyawa karbon untuk SMA kelas XII / Agus Lukman Hakim
Main Author: | Hakim, Agus Lukman |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2013
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/22007/ |
Daftar Isi:
- Katakuncimedialearningmanagementsystemsenyawakarbon.Pembelajaranyanghanyadilakukandikelasmemilikibeberapakelemahandiantaranyasumberbelajarterbataspembelajarankurangefektifdantidakmampumengakomodasigayadankecepatanbelajarsiswa.Kelemahantersebutdapatdiatasidenganmemanfaatkanperkembanganteknologiyangsemakinmajudenganmengembangkanmediapembelajaranyangdapatmengakomodasiperbedaangayadankecepatanbelajarsiswa.Olehkarenaitudiperlukansebuahmediayangmampumemberikannuansabarudalampembelajaranmemberikanberagamsumberbelajaryangdapatdiaksessetiapsaatolehsiswasehinggamampumengakomodasigayadankecepatanbelajarsiswa.Salahsatualternatifyangdiajukanadalahdenganmengembangkanmediapembelajaranberbasislearningmanagementsystem(LMS)denganmemanfaatkankemajuanteknologidibidanginternet.Tujuanpenelitianiniadalahmengembangkanmediapembelajaranberbasislearningmanagementsystemuntukmaterisenyawakarbonsertamengetahuikelayakanmediapembelajaranyangtelahdikembangkan.MetodepengembanganyangdigunakandalampenelitiandanpengembanganiniadalahFour-DModelyangmeliputitahappendefinisian(define)perancangan(design)pengembangan(develop)dantahappenyebaran(disseminate).Untukmengetahuikelayakandarimediayangtelahdikembangkandilakukanujivalidasidanujikelompokkecil.UjivalidasimediayangdilakukanterdiridariduamacamyaituujivalidasidesainolehvalidatorahlimediadaridosenJurusanTeknologiPendidikanUMdanujivalidasimateriolehahlimateridaridosenJurusanKimiaUMdanduaorangguru.Pelaksanaanujikelompokkecilmelibatkan10siswaSMAkelasXIIyangtelahmenerimamaterisenyawakarbon.Kriteriakelayakanhasilvalidasimediadanujikelompokkeciluntuktiapitempadaangketyaitu326-400untukkriteriasangatlayak251-325untukkriterialayak176-250untukkriteriakuranglayakdanperludilakukanrevisidan100-175untukkriteriatidaklayakdanperludilakukanrevisitotal.Hasilpengembanganberupamediapembelajaranberbasislearningmanagementsystemyangdapatdiaksesmelaluialamate-learning.fmipa.um.ac.id.Padamediayangdikembangkanterdapattujuhtopikyangmasing-masingtopikdilengkapidenganbahanajaranimasiworksheetmenuuploadtugaslinkkewebsitelainforumdiskusidanchat.Padaakhirmediajugadilengkapidengansoal-soalevaluasiyangbisadikerjakansiswasecaraonline.Hasilujikelayakanterhadapmediapembelajaransenyawakarbonolehahlimediadiperolehskorrata-rata400sedangkanhasilujikelayakanolehahlimateridiperolehskorrata-rata375denganskalamaksimal400.Hasilujikelompokkecilterhadapmediapembelajarandiperolehskorrata-rata375sehinggaberdasarkanpenilaiantersebutdapatdikatakanbahwamediapembelajaranyangdikembangkantelahmemenuhikriteriasangatlayak.