Perbedaan hasil belajar materi hidrokarbon pada penerapan model pembelajaran learning cycle 5 fase dan learning cycle 5 fase-reciprocal teaching bagi siswa kelas X MAN Malang 1 / Febriana Adam

Main Author: Adam, Febriana
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2013
Online Access: http://repository.um.ac.id/21998/
Daftar Isi:
  • KunciReciprocalTeachingLearningCycle5fasehasilbelajarhidrokarbonMateri-materikimiabersifatabstrakdandeskriptifsehinggadiperlukanpembelajaranyangefektifuntukdapatmemahamikonsepilmutersebut.SesuaidengankarakteristikpembelajaranReciprocalTeachingyaitupertanggungjawabanindividupembelajarantersebutdapatdigabungkandenganmodelpembelajaranLearningCycle5faseuntukmengkonstrukpengetahuandanpemahamansiswa.PenelitianinibertujuanuntukmelihatbagaimanaketerlaksanaanpembelajarandanhasilbelajarsiswayangdiajardenganmodelpembelajaranLearningCycle5fase-ReciprocalTeachingpadamaterihidrokarbon.Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitianeksperimentalsemudenganmodelpost-testonlycontrolgroupdesign.PopulasipenelitianadalahsemuasiswakelasXMANMalang1padatahunajaran2012/2013yangterdiridari8kelas.SampelpenelitianterdiridariduakelasyaitukelasX-EsebagaikelaseksperimendankelasX-Dsebagaikelaskontrol.Pengambilansampeldilakukansecaraacakmelaluiprosedurundian.PadakelaseksperimendiajarkanmaterihidrokarbondenganmodelpembelajaranLearningCycle5fase-ReciprocalTeachingsedangkanpadakelaskontroldiajarkanmaterihidrokarbondenganmodelpembelajaranLearningCycle5fase.Analisisdatahasilpenelitiandilakukansecaradeskriptifdansecarastatistik.Analisisdeskriptifdigunakanuntukmenganalisisketerlaksanaanprosespembelajaransertanilaiafektifsiswasedangkananalisissecarastatistikdigunakanuntukmengujihipotesispenelitianyangdiajukan.HasilpenelitianmenunjukkanadaperbedaanhasilbelajarsiswayangdiajardenganmodelpembelajaranReciprocalTeachingdalamLearningCycle5fasedengansiswayangdiajardenganmodelpembelajaranLearningCycle5fase.KelasyangdiajarmenggunakanmodelpembelajaranLearningCycle5fase-ReciprocalTeachingmemilikirata-ratanilai(8056)sedangkankelasyangdiajarmenggunakanmodelpembelajaranLearningCycle5fasememilikirata-ratanilai(7458).Hasilketerlaksanaanpembelajarankeduakelasberjalandenganbaikdenganpresentaseskorpenilaian8438%untukkelaskontroldan8705%untukkelaseksperimen.Hasilbelajarafektifsiswamenunjukkannilairata-rata76untukkelaseksperimendan73untukkelaskontrol.