Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dipadu make a match untuk meningkatkan hasil belajar dan motivasi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Purwosari dalam pokok bahasan laju reaksi / Khoirul Munawaroh

Main Author: Munawaroh, Khoirul
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2013
Online Access: http://repository.um.ac.id/21991/
Daftar Isi:
  • KataKuncilajureaksimodelpembelajaranSTADmodelpembelajaranmakeamatchmotivasibelajarhasilbelajarLajureaksimerupakansalahsatupokokbahasandalampelajarankimiakelasXIyangdalampencapaianketuntasannyamasihtergolongkurangsehinggahasilbelajarsiswarendah.HasilobservasiterhadapsekolahyangdijadikantempatpenelitianinimenunjukkanbahwaadanyapenerapanpembelajarankonvensionaldalammatapelajarankimiamenjadikansiswakurangtertarikmengikutipembelajaransehingganilaisiswadalamulanganhariancenderungdibawahSKM.KurikulumKTSPyangsedangberlakudiIndonesiasaatinimenekankanpadaprosespembelajaranyangberbasiskontruktivistikyaitupembelajaranyangmenuntutsiswauntukmengkonstruksipengetahuannyasendiriataulebihdikenaldenganpembelajaranyangberpusatpadasiswa(studentoriented).Salahsatumodelpembelajaranyangmenerapkanprinsip-prinsipkontruktivistikadalahSTAD(StudentTeamAchievementDivisions)dimanadalampembelajarannyasiswamengkonstruksipengetahuannyadenganmembentukkelompok.Siswadapatsalingbertukarinformasitentangmateriyangdipelajaridanmasing-masinganggotakelompokikutbertanggungjawabatasskorkelompokyangakandiperolehnantinya.PembelajaranakanberlangsunglebihbaikapabilajugamemperhatikansuasanabelajarsiswasehinggapenelitianinimemadukanmodelpembelajarankooperatiftipeSTADdenganMakeaMatch(mencaripasangan)dimanadenganadanyamodelpembelajaranMakeaMatchsiswadapatmempelajarisebuahkonsepdalamsuasanayangmenyenangkan.Tujuandaripenelitianiniadalah(1)untukmengetahuiketerlaksanaanprosespembelajarandenganmenggunakanmodelpembelajaranSTADdipaduMakeaMatch(2)untukmengetahuibagaimanamotivasibelajarsiswayangdiajardenganmenggunakanmodelpembelajaranSTADdipaduMakeaMatch(3)untukmengetahuiapakahterdapatperbedaanhasilbelajarantarasiswayangdiajardenganmodelpembelajarankooperatiftipeSTADdipaduMakeaMatchdengansiswayanghanyadiajardenganmodelpembelajaranSTADsaja.Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitiandeskriptifdanjugaeksperimentalsemudimanarancanganpenelitiandeskriptifdigunakanuntukmengetahuipersentaseketerlaksanaanmodelpembelajaransedangkanrancanganpenelitianeksperimentalsemudigunakanuntukmengetahuiperbedaanmotivasidanhasilbelajarsiswa.PopulasidalampenelitianiniadalahsemuasiswakelasXIIASMANegeri1PurwosarisedangkanpemilihansampeldilakukansecaraacakterbataspadakelompokdimanaakhirnyaterpilihkelasXIIA1SMANegeri1PurwosarisebagaikelaseksperimendankelasXIIA4SMANegeri1Purwosarisebagaikelaskontrol.Instrumenpenelitianyangdigunakandibagimenjadiinstrumenperlakuandanisntrumenpengukurandimanainstrumenperlakuanberupaperangkatpembelajaransedangkaninstrumenpengukuransalahsatunyaadalahtes.Tesberupasoalpilihangandaterdiridari25butirsoalyangvaliddenganreliabilitassebesar0723.Halinimenunjukkanbahwatingkatkepercayaanterhadaptestersebuttinggi(reliabilitassoaltinggi).Datadianalisissecaradeskriptifmelaluipenghitunganpersentasedandenganuji-tpadatarafketepatanatausignifikansi945005dantarafkepercayaaan95%.Berdasarkanhasilanalisisdiperolehkesimpulanhasilpenelitian(1)rata-ratapersentaseketerlaksanaanmodelpembelajaranSTADdipaduMakeaMatchdikelasXIIA1sebesar89%padapertemuanIdan95%padapertemuanIIsedangkanketerlaksanaanmodelpembelajaranSTADdikelasXIIA4sebesar85%padapertemuanIdan93%padapertemuanII(2)terdapatperbedaanmotivasibelajarantarasiswayangpembelajarannyamenggunakanmodelkooperatiftipeSTADdipaduMakeaMatchdengansiswayangpembelajarannyamenggunakanmodelSTADsajadimanapersentasemotivasibelajarkelasyangdipadudenganMakeaMatchlebihtinggi(8917%)daripadakelasyangtanpaMakeaMatch(6779%)(3)TerdapatperbedaanhasilbelajarantarasiswayangpembelajarannyamenggunakanmodelpembelajarankooperatiftipeSTADdipaduMakeaMatchdengansiswayangpembelajarannyamenggunakanmodelSTADsajadimanarata-ratahasilbelajarkelasyangdipadudenganMakeaMatchlebihtinggi(7015)daripadakelasyangtanpaMakeaMatch(6110).Perbedaaninijugaditunjukkanolehhasilujihipotesisdenganmenggunakanuji-tdimanathitung(3943)ttabel(1990)yangartinyakeduakelasmempunyairata-ratayangberbedasecarasignifikan.