Identifikasi persepsi konsep sukar dan kesalahan konsep mol dan tetapan Avogadro pada siswa kelas XI IPA SMAN 2 Malang tahun ajaran 2012/2013 / Reni Roikah

Main Author: Roikah, Reni
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2013
Online Access: http://repository.um.ac.id/21988/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKRoikahReni.2012.IdentifikasiPersepsiKonsepSukardanKesalahanKonsepMoldanTetapanAvogadropadaSiswaKelasXIIPASMAN2MalangTahunAjaran2012/2013.SkripsiJurusanKimiaFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.FariatiM.Sc.(II)Dr.MunzilAriefS.Pd.M.Si.KataKuncipersepsikonsepsukarkesalahankonsepkonsepmoltetapanAvogadrotesdiagnostik.Konsep-konsepmolmassamolarmassaatomrelatifdanmassamolekulrelatifyangdibahaspadakonsepmoldantetapanAvogadroyangtermasukstoikiometrimerupakansalahsatukonsepdasarkimiayangabstrak.Kemampuanberfikirformaldiperlukandalampemahamankonsepabstrak.Siswayangtidakmampuberfikirformaldapatmemilikipersepsikonsepsukarterhadapkonsepdasarkimia.Persepsikonsepsukaradalahkonsepyangdianggapsukarbukankonsepnyayangsukarpadapenelitianditentukandaripersentasejawabansalah(PJS)lebihbesaratausamadengan61%.Konsepsukaryangberulangmerupakansalahsatupenyebabsiswamengalamikesalahankonsep.PenelitiandilaksanakandiSMAN2MalangkelasXI-A2danXI-B2karenasiswadengannilaiulanganstoikiometridibawahStandarKetuntasanMinimum(SKM)berturut-turutsebanyak26%dan52%dengannilaiulanganrata-ratadanstandardeviasisebesar80261257dan73671327.RevisiinstrumenVaudhidigunakandalampenelitianpadakelasXI-A2danXI-B2SMAN2Malangyangbertujuanuntukidentifikasi(1)persepsikonsepsukardalamkonsepmoldantetapanAvogadroyangdimilikisiswaberdasarkanpersentasejawabansalahsiswa(PJS)lebihbesaratausamadengan61%(2)konsepyangdipersepsipalingsukarolehsiswa(3)kesalahankonsepmoldantetapanAvogadroyangdialamisiswaberdasarkanpersentasekonsistensijawabansalahsiswa(PK)(4)kesalahankonsepyangpalingbanyakdialamisiswa.Penelitianmenggunakanrancanganpenelitiandeskriptifkualitatif.PopulasidalampenelitianadalahseluruhsiswakelasXI-A2danXI-B2SMAN2Malang.Jenispenarikansampelyangdigunakanadalahsampeltotal.SampelpenelitianadalahkelasXI-A2danXI-B2SMAN2Malangberturut-turutsebanyak27dan33siswa.InstrumenpenelitianmenggunakantesdiagnostikVaudhiyangtelahdirevisi.Tesdiagnostikberbentuk24soalobjektifdengan4pilihanjawabandanwawancara.Validitasdanreliabilitasberturut-turutsebesar875%dan0567.Analisisvaliditasbutirsoalmenggunakankorelasibiserial(Rbis).Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa(1)Persepsikonsepsukaryangdimilikisiswaberdasarkanpersentasejawabansalah(PJS)lebihbesaratausamadengan61%adalahkonsepdefinisimolmassamolarmassaatomrelatifpartikelpenyusununsurnonlogampartikelpenyusununsurlogamdanpartikelpenyusunsenyawabinerdarinonlogam-nonlogam.(2)Persepsikonsepsukarpalingbanyakyangdimilikilebihdari80%siswaadalahdefinisimol.(3)Kesalahankonsepyangdialamisiswaberdasarkanpersentasekonsistensijawabansalahsiswa(PK)adalahmenganggapsatumolmemilikijumlahpartikelyangsamadenganjumlahatomdalam1/12g12Cgramadalahsatuandarimassamolarmassamolarzattidakbersatuangmol-1adalahsatuanA_rmassamolekulrelatifadalahmassamolarunsuradalahpartikelionadalahpartikelpenyusununsurunsurgasmuliatersusundarimolekulpartikelpenyusunsenyawaberupaatomdanmolekulunsurpenyusunnyapenyusunsenyawabinerdarinonlogam-nonlogamberupaion-ionsatumolsenyawamengandungsatupartikelsenyawaunsuryangterdiridari1molmolekuldwiatomtersusundariN_Aatommolekuladalahatompartikelpenyusunsenyawadarianionpoliatomterdiridarikationdananionmonoatomjumlahionselalusamadenganangkaindeks.(4)Persentasekesalahankonseppalingbanyakyaitulebihdari70%siswamendugasatumolmemilikijumlahpartikelyangsamadenganjumlahatomdalam1/12g12C.8195