Pengembangan modul persamaan reaksi dan tata nama senyawa berbasis learning cycle 5 fase untuk siswa SMA kelas X semester 1 / Dewi Zuhriyah
Main Author: | Zuhriyah, Dewi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2012
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/21973/ |
Daftar Isi:
- KataKuncimodulLarningCycle5fase(LC5E)persamaanreaksitatanamasenyawaSMAmodelpengembanganDickCarey.Perubahankurikulumpendidikandarisistemintruksionalmenjadikurikulumberbasiskompetensimemunculkanperubahanparadigmapembelajaranyaitudaripembelajaranyangberpusatpadagurumenjadipembelajaranyangberpusatpadasiswa.Olehkarenaitudiperlukanmodelpembelajaranyangsesuaiuntukmenunjangkegiatanbelajarsiswa.SalahsatumodelpembelajaranyangberpusatpadasiswaadalahmodelpembelajaranLearningCycle5Fase.Kelimafasetersebutmeliputifaseengagementfaseexplorationfaseexplanationfaseelaborationdanterakhirfaseevaluation.Materiyangdikembangkanadalahmateritentangpersamaanreaksidantatanamasenyawa.Tujuandaripengembanganmoduliniadalah1)UntukmenghasilkanprodukberupamodulpersamaanreaksidantatanamasenyawaberbasisLearningCycle5faseuntukSMAkelasXsemesterI2)UntukmengetahuikelayakandarimodulpersamaanreaksidantatanamasenyawaberbasisLearningCycle5fasesebagaipenunjangprosespembelajaranModelpengembanganyangdigunakanadalahmodelpengembanganDickCareyyangterdiridarisepuluhlangkah.Namunkarenaketerbatasanwaktudanbiayapenelitianhanyadilakukansampaitahapkesembilan.Langkah-langkahdalampengembanganDickCareyadalahMengidentifikasitujuanumumpembelajaranmelakukananalisispembelajaranmengidentifikasikarakteristiksiswamerumuskanpengalamanbelajarmengembangkansoaltesberbasiskriteriamengembangkanstategipembelajaranmemilihdanmengembangkanprodukmerancangdanmelaksanakanevaluasiformatifrevisiprodukmerancangdanmelaksanakanevaluasisumatif.Validasiisimoduldilakukanolehparaahliyaitu3dosenkimiadan1gurukimiaSMAselainitujugadilakukanujiketerbacaanolehkelompokkecilyangterdiridari10siswa.Hasilvalidasikemudiandianalisisuntukmengetahuibagianmodulyangharusdirevisi.Hasildaripengembanganadalahmodulpersamaanreaksidantatanamasenyawa.Darihasilanalisisnilairata-rataterhadapvalidasimoduloleh4validatordiperolehangkarata-ratasebesar349dengankriteriavalid.Olehkarenaitudapatdisimpulkanmodulpersamaanreaksidantatanamasenyawasudahlayakdanbaikuntukdilakukanujilapanganawalataudilanjutkanketahapberikutnya.