Pemahaman konsep reaksi-reaksi larutan elektrolit tingkat makroskopik, mikroskopik, dan simbolik pada siswa kelas XI IPA SMA Negeri 7 Malang / Rizki Nur Analita
Main Author: | Analita, Rizki Nur |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2012
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/21968/ |
Daftar Isi:
- KataKuncipemahamanmakroskopikpemahamanmikroskopikpemahamansimbolikreaksi-reaksilarutanelektrolitIlmukimiamerupakanilmupengetahuanalamyangmempelajarisifatsifatdanperubahanzatprinsip-prinsipyangmenggambarkanperubahanzatsertakonsep-konsepyangmenafsirkanperubahantersebut.Karakteristikyangmenonjoldalamilmukimiaadalahkonsepyangbersifatabstrak.Salahsatupokokbahasankimiayangmengandungkonsepabstrakadalahpokokbahasanreaksireaksipadalarutanelektrolit.Diperlukanpemahamantingkatmakroskopikmikroskopikdansimbolikdalammempelajarikonsepreaksikimiayangabstrak.Pembelajarankimiapadaumumnyabelummencakupketigatingkatpemahamandiatassementarasetiapkonsepdalamkimiaselalumengandungketigapemahamantersebut.TujuandaripenelitianadalahuntukmengidentikasipemahamankonseptingkatmakroskopikmikroskopikdansimboliksertatingkatpemahamankonsepyangmudahdansulitdanalasanpenyebabkesulitantersebutbagisiswakelasXIIPASMANegeri7Malang.Penelitianmenggunakanrancanganpenelitiandeskriptif.SubyekpenelitianyaitusiswadarikelasXIIA-5SMANegeri7Malangdenganjumlah31orangsiswa.Pemilihansubyekdalampenelitiandiambildenganpertimbanganbahwakarakteristiksiswadanpembelajarannyatelahdikenaldengancukupbaik.Teknikpengumpulandatayangdigunakanmeliputi(1)teknikobservasiyangmenggunakaninstrumenberupadatahasilobservasi(2)tekniktesyangmenggunakaninstrumenberupasoalpilihangandadan(3)teknikwawancarauntukmengidentifikasitingkatpemahamankonsepsiswasecaramendalam.Instrumenpenelitianuntuktekniktesberupasoalpilihangandaberjumlah20soaldengantingkatvalidasisebesar95%danreliabilitassebesar077.Analisisdatamenggunakanteknikanalisisstatistikdeskriptif.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwapemahamankonsepsiswa(1)tingkatmakroskopikberdasarkanobservasitergolongtinggi(867%)danberdasarkantestergolongsedang(712%)(2)tingkatmikroskopikberdasarkanobservasitergolongsedang(668%)danberdasarkantestergolongrendah(477%)(3)tingkatsimbolikberdasarkanobservasitergolongsedang(707%)danberdasarkantestergolongsedang(636%)(4)tingkatmakroskopikcenderungmudahdipahamioleh80%siswasedangkantingkatmikroskopikcenderungsulitdipahamioleh70%siswaberdasarkanwawancara.