Pengembangan media pembelajaran audio-visual untuk materi larutan penyangga pada siswa SMA kelas XI semester 2 / Yuniar Wijayanti Wikaton

Main Author: Wikaton, Yuniar Wijayanti
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Online Access: http://repository.um.ac.id/21965/
Daftar Isi:
  • KatakunciMediaAudio-VisualFour-DModelLarutanPenyangga.Sumberbelajaryangseringdigunakansiswauntukmemahamikonsepkonsepkimiaadalahbuku.SeiringdenganperkembanganteknologibukuyangdigunakansiswatidakhanyabukucetakmelainkanbukuberbasiselektronikataulebihdikenaldenganBukuSekolahElektronik(BSE).PenggunaanBSEmasihkurangefektifkarenakurangnyasosialisasimengenaiadanyaBSEdisekolahgurulebihmemilihbukuyangdijualdiluarkarenalebihpraktissertafasilitassekolahyangkurangmendukung.Salahsatualternatifyangdapatdilakukanuntukmengatasikeadaantersebutdiantaranyadenganpenggunaankomputerdalampembelajarankimiayaitumediapembelajaranaudio-visual.Tujuanpenelitianiniadalahmembuatmediapembelajaranaudio-visualsebagaipendampingBSEuntukmaterilarutanpenyanggasertamengetahuikelayakandarimediapembelajaranyangtelahdikembangkanuntukmaterilarutanpenyangga.MetodeyangdigunakandalampenelitianpengembanganiniadalahFour-DModelyangmeliputitahappendefinisian(define)perancangan(design)pengembangan(develop)dantahappenyebaran(disseminate).Validasiyangdilakukanyaituvalidasimediadanujiterbatasuntukmenjelaskankelayakandariprodukyangdihasilkan.PelaksanaanvalidasimediadilakukanduatahapyaitutahappertamaujivalidasidesaindenganvalidatorahlimediadaridosenJurusanTEPFIPdantahapkeduaadalahujivalidasiisidenganahlimateridariguruMAN3Malang.Pelaksanaanujiterbatasmelibatkan10siswaSMAkelasXIIPA-1diMAN3Malangyangdisebutsebagaiaudiens.Kriteriakelayakanhasilvalidasimediadanujiterbatasuntuktiapitempadaangketyaitu326-400untukkriteriasangatlayak251-325untukkriterialayak176-250untukkriteriakuranglayakdanperludilakukanrevisidan100-1175untukkriteriatidaklayakdanperludilakukanrevisitotal.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwamediapembelajaranaudio-visualyangdikembangkantelahmemenuhikriteriasangatlayakpadaujivalidasiisidengannilairata-rataskoringsebesar39untukvalidasimediadanrata-rataskoringsebesar34untukvalidasimateri.Ujiterbatasmemperolehnilairata-rataskoringsebesar34yangmemenuhikriteriasangatlayak.Olehkarenaitutidakperludilakukanrevisipadaprodukyangdikembangkan.Namunrevisimediaberdasarkansarandarivalidatordanaudienstetapdilakukanagarmendapatkanmediapembelajaranaudio-visualyanglebihbaik.