Menggali konsepsi siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Pare tentang kesetimbangan kimia menggunakan pendekatan fenomenografi / Ester Noviyanti

Main Author: Noviyanti, Ester
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Online Access: http://repository.um.ac.id/21957/
Daftar Isi:
  • KataKuncikesetimbangankimiafenomenografikategorideskripsiDalammembangunsendiripengetahuannyasiswamemilikikemungkinanyangbesardalammembentuksuatukonsepalternatifyangtidaksesuaidengankebenaranilmiah.Salahsatukonsepdalamkimiayangseringmenimbulkankonsepalternatifadalahkesetimbangankimiakarenamateriinimemilikibanyakkonsep-konsepabstrak.Untukmeminimalkanadanyakonsepalternatiftersebutseorangguruharusterlebihdahulumengertidanmemahamisifatpengetahuanyangdihasilkansiswadalammemahamikonsepkesetimbangankimiadarisudutpandangsiswaitusendiri.Olehkarenaituperludilakukanpenelitianyangmengkajicarasiswamengkonseptualisasikonsepkesetimbangankimia.Jenispenelitianyangsesuaiadalahpenelitiankualitatifdeskriptifdenganpendekatanfenomenografi.Fenomenografimenggalikonsepsisiswadengantekhnikwawancaramendalamdimanapenelitisebagaiinstrumenutamanya.Datadiperolehdarihasilwawancaraterhadap30siswakelasXIIPAdariSMANegeri1Pareyangdipilihsecarapurposive.Datayangdiperolehadalahtranskriphasilwawancarayangkemudiandianalisasehinggadiperolehbeberapakategorideskripsiyangmewakilivariasikonsepsisiswa.Untukmengujikeabsahanhasiltemuandilakukanpemeriksaanolehtemansejawatco-judgingdancheckre-check.Darico-judgingdancheckre-checkdiperolehreabilitasantara87-97%.Berdasarkanhasilanalisadatamakadiperolehkategorideskripsiutama(yangmemilikipersentaserespon880513%)sebagaiberikut.(1)Darifenomenakonsepdasarkesetimbangan(a)Konsentrasikonstan(b)Konsentrasidapatberubah(c)V1V2(d)V18800V2(e)V1V20(f)Sistemberkelanjutan(g)Sistemdapatberakhir(2)Darifenomenaperubahankonsentrasi(a)Pergeserandanperubahanwarnasesuai(b)Pergeseransesuainamunperubahanwarnaberlawanan(c)Pergeserandanperubahanwarnaberlawanan(3)Darifenomenaperubahantekanan(a)Bergeserkekoefisienyangberbandingterbalikdengantekanan(b)Bergeserkekoefisienyangsebandingdengantekanan(4)Darifenomenaperubahansuhu(a)Arahpergeserandanperubahanwarnasesuaidenganperubahansuhu(b)Bergeserjikaperubahansuhusesuaidengan916Hyangditampilkan(c)Arahpergeserandanperubahanwarnatidaksesuaidenganperubahansuhu(5)Darifenomenapenambahanpadatanpadakesetimbanganheterogen(a)Tidakmengeserdantidakmempengaruhikonsentrasizatlain(b)Menggeserkearahberlawanandengansisipenambahandanmenambahkonsentrasisisitersebut(c)Menggeserkearahpenambahandanmengurangikonsentrasisisiyangberlawanan.Hasilpenelitianinimemunculkanimplikasiuntukperbaikanprosespembelajaranyaitudalampenggunaanhasileksperimenparaahlidananalogiyangtepatpenerapanstrategikonflikkognitifmelaluikegiatanpraktikumsertapenggunaanberbagaimediaberupavideoanimasidangambar.