Keefektifan penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan learning cycle pada materi kesetimbangan kimia dalam meningkatkan hasil belajar dan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas XI IPA SMA Negeri I Turen / Ika Budiarti

Main Author: Budiarti, Ika
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Online Access: http://repository.um.ac.id/21937/
Daftar Isi:
  • KataKunciinkuirilearningcyclekemampuanberpikirtingkattinggihasilbelajarKesetimbangankimiaadalahsalahsatumateridalamkimiayangsulitdipahamikarenabersifatabstrakagarmateriinilebihmudahdipahamiyaitudenganmemberikanpengalamanlangsungpadasiswa.Modelpembelajaranyangmemberikanpengalamanlangsungdiantarannyainkuiriterbimbingdanlearningcycle.Hasilpenelitiansebelumnyamenunjukkanmodelpembelajaraninkuridanlearningcycledapatmeningkatkanhasilbelajardankemampuanberpikirtingkattinggisiswapadabeberapamaterikimiatetapibelumpernahditemukanpenelitianyangserupapadamaterikesetimbangankimia.TujuanpenelitianadalahmendeskripsikanketerlaksanaanmodelpembelajaraninkuiriterbimbingdanlearningcyclepadamateripokokkesetimbangankimiapadakelasXIIPAdanmengetahuikeefektifanmodelpembelajaraninkuiriterbimbingdalammeningkatkanhasilbelajardankemampuanberpikirtingkattinggisiswadibandingdenganmodelpembelajaranlearningcycle.Penelitianinimenggunakanpendekatankuantitatifdeskriptifrancanganeksperimensemudenganpost-test.PopulasipenelitiansiswakelasXIIPASMANegeri1Turen.Pengambilansampelmenggunakanteknikclusterrandomsamplinguntukmemperolehduakelassecaraacak.KelasXIIPA1sebagaikelaseksperimen1yangdibelajarkanmenggunakanmodelpembelajaraninkuiriterbimbingdankelasXIIPA2sebagaikelaseksperimen2yangdibelajarkanmenggunakanmodelpembelajaranlearningcycle.Instrumenyangdigunakanadalahperangkatpembelajaranteshasilbelajarkognitifdankemampuanberpikirtingkattinggilembarobservasiafektifdanpsikomotorik.Hasilujicobateshasilbelajarkognitifdiperoleh20soalvaliddenganreabilititas0896.Perbedaanprestasikelaseksperimen1dankelaseksperimen2dianalisisdenganuji-tduaujungpadatarafsignifikansi61537005.HasilpenelitianmenunjukkanketerlaksanaanmodelpembelajaraninkuiriterbimbingdanleraningcyclepadamateripokokkesetimbangankimiakelasXIIPASMANegeri1Turenterlaksanadenganbaikrata-ratapersentaseketerlaksanaankelaseksperimen1sebesar928%kelaseksperimen2sebesar893%.Modelpembelajaraninkuiriterbimbinglebihefektifdalammeningkatkanhasilbelajardankemampuanberpikirtingkattinggisiswadibandingdenganmodelpembelajaranlearningcycle.Rata-ratanilaihasilbelajarranahkognitifpsikomotordanafektifsiswaberturut-turutkelaseksperimen1sebesar820955dan819sedangkankelaseksperimen2sebesar730954dan818.Siswakelaseksperimen1yangdapatmenjawabsoalC3-C6sebesar82%sedangkelaseksperimen2sebesar78%.Olehkarenaitusangatdianjurkanpenggunaanmodelpembelajaraninkuiriterbimbinguntukpembelajarankimiadisekolah.