Keefektifan penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan learning cycle pada materi kesetimbangan kimia dalam meningkatkan hasil belajar dan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas XI IPA SMA Negeri I Turen / Ika Budiarti
Main Author: | Budiarti, Ika |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2012
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/21937/ |
Daftar Isi:
- KataKunciinkuirilearningcyclekemampuanberpikirtingkattinggihasilbelajarKesetimbangankimiaadalahsalahsatumateridalamkimiayangsulitdipahamikarenabersifatabstrakagarmateriinilebihmudahdipahamiyaitudenganmemberikanpengalamanlangsungpadasiswa.Modelpembelajaranyangmemberikanpengalamanlangsungdiantarannyainkuiriterbimbingdanlearningcycle.Hasilpenelitiansebelumnyamenunjukkanmodelpembelajaraninkuridanlearningcycledapatmeningkatkanhasilbelajardankemampuanberpikirtingkattinggisiswapadabeberapamaterikimiatetapibelumpernahditemukanpenelitianyangserupapadamaterikesetimbangankimia.TujuanpenelitianadalahmendeskripsikanketerlaksanaanmodelpembelajaraninkuiriterbimbingdanlearningcyclepadamateripokokkesetimbangankimiapadakelasXIIPAdanmengetahuikeefektifanmodelpembelajaraninkuiriterbimbingdalammeningkatkanhasilbelajardankemampuanberpikirtingkattinggisiswadibandingdenganmodelpembelajaranlearningcycle.Penelitianinimenggunakanpendekatankuantitatifdeskriptifrancanganeksperimensemudenganpost-test.PopulasipenelitiansiswakelasXIIPASMANegeri1Turen.Pengambilansampelmenggunakanteknikclusterrandomsamplinguntukmemperolehduakelassecaraacak.KelasXIIPA1sebagaikelaseksperimen1yangdibelajarkanmenggunakanmodelpembelajaraninkuiriterbimbingdankelasXIIPA2sebagaikelaseksperimen2yangdibelajarkanmenggunakanmodelpembelajaranlearningcycle.Instrumenyangdigunakanadalahperangkatpembelajaranteshasilbelajarkognitifdankemampuanberpikirtingkattinggilembarobservasiafektifdanpsikomotorik.Hasilujicobateshasilbelajarkognitifdiperoleh20soalvaliddenganreabilititas0896.Perbedaanprestasikelaseksperimen1dankelaseksperimen2dianalisisdenganuji-tduaujungpadatarafsignifikansi61537005.HasilpenelitianmenunjukkanketerlaksanaanmodelpembelajaraninkuiriterbimbingdanleraningcyclepadamateripokokkesetimbangankimiakelasXIIPASMANegeri1Turenterlaksanadenganbaikrata-ratapersentaseketerlaksanaankelaseksperimen1sebesar928%kelaseksperimen2sebesar893%.Modelpembelajaraninkuiriterbimbinglebihefektifdalammeningkatkanhasilbelajardankemampuanberpikirtingkattinggisiswadibandingdenganmodelpembelajaranlearningcycle.Rata-ratanilaihasilbelajarranahkognitifpsikomotordanafektifsiswaberturut-turutkelaseksperimen1sebesar820955dan819sedangkankelaseksperimen2sebesar730954dan818.Siswakelaseksperimen1yangdapatmenjawabsoalC3-C6sebesar82%sedangkelaseksperimen2sebesar78%.Olehkarenaitusangatdianjurkanpenggunaanmodelpembelajaraninkuiriterbimbinguntukpembelajarankimiadisekolah.