Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan komputer terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPA SMAN 8 Malang pada pokok bahasan kelarutan dan hasil kali kelarutan / Nirma Fatmala Sandy

Main Author: Sandy, Nirma Fatmala
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Online Access: http://repository.um.ac.id/21936/
Daftar Isi:
  • KatakunciinkuiriterbimbingmediaberbantuankomputerkelarutandanhasilkalikelarutanPadapokokbahasankelarutandanhasilkalikelarutansiswadituntutmampuberpikirkritismenggunakankemampuanpenalaransertakemampuanberhitungyangmemadai.Salahsatumodelpembelajaranyangdapatditerapkanuntukmencapaitujuantersebutadalahmodelpembelajaraninkuiri.Tujuanpenelitianiniadalahuntuk1)mengetahuiperbedaanhasilbelajarsiswakelasXIIPASMAN8Malangyangdibelajarkanmenggunakanmodelpembelajaraninkuiriterbimbingberbantuankomputerdengansiswayangdibelajarkanmenggunakanmodelpembelajaraninkuiriterbimbingtanpaberbantuankomputerpadapokokbahasankelarutandanhasilkalikelarutan2)mengetahuipersepsisiswakelasXIIPASMAN8Malangterhadapmodelpembelajaraninkuiriterbimbingberbantuankomputerpadapokokbahasankelarutandanhasilkalikelarutan.Penelitianinimenggunakanduarancanganpenelitianyaitueksperimentalsemudanrancangandeskriptif.PenelitianinidilakukandiSMANegeri8MalangyangberadadiJl.VeteranMalang.Penelitiandilaksanakanmulai20Maret2012sampai20April2012.Teknikpengambilansampelyangdigunakanadalahtekniksamplingkelompok.KelasXIIPA-5(kelaseksperimen)dibelajarkandenganmetodeinkuiriterbimbingberbantuankomputerdankelasXIIPA-3(kelaskontrol)dibelajarkandenganpembelajaraninkuiriterbimbingtanpaberbantuankomputer.InstrumenyangdigunakanuntukmengukurhasilbelajarkognitifsiswaadalahsoalevaluasiakhirdengantingkatanC1-C5.Instrumenyangdigunakanuntukmengukurkemampuanafektifdankemampuanpsikomotoriksiswaberupalembarobservasi.Sedangkanangketuntukmengukurpersepsisiswa.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa1)Hasilbelajarkognitifkelaseksperimen(rata-ratakognitif8671)lebihtinggidaripadahasilbelajarsiswakelaskontrol(rata-ratakognitif7914).2)Rata-ratahasilbelajarafektifsiswakelaseksperimenadalah86579sedikitlebihtinggidarirata-ratahasilbelajarafektifsiswakelaskontroladalah85067.3)Rata-ratahasilbelajarpsikomotorsiswakelaseksperimenadalah8433jauhlebihtinggidarirata-ratahasilbelajarpsikomotorkelaskontroladalah7986.4)Adaperbedaanyangsignifikansecarastatistikhasilbelajarkognitifdanpsikomotorsiswakelaskontroldankelaseksperimensedangkanuntukhasilbelajarafektiftidakadaperbedaanyangsignifikanantarakelaskontroldankelaseksperimen.5)Hampirseluruhsiswakelaseksperimenmemberikanpersepsisangatpositifdalampembelajaranmaterikelarutandanhasilkalikelarutandenganmetodepembelajaraninkuiridenganbantuankomputer.