Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan komputer terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPA SMAN 8 Malang pada pokok bahasan kelarutan dan hasil kali kelarutan / Nirma Fatmala Sandy
Main Author: | Sandy, Nirma Fatmala |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2012
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/21936/ |
Daftar Isi:
- KatakunciinkuiriterbimbingmediaberbantuankomputerkelarutandanhasilkalikelarutanPadapokokbahasankelarutandanhasilkalikelarutansiswadituntutmampuberpikirkritismenggunakankemampuanpenalaransertakemampuanberhitungyangmemadai.Salahsatumodelpembelajaranyangdapatditerapkanuntukmencapaitujuantersebutadalahmodelpembelajaraninkuiri.Tujuanpenelitianiniadalahuntuk1)mengetahuiperbedaanhasilbelajarsiswakelasXIIPASMAN8Malangyangdibelajarkanmenggunakanmodelpembelajaraninkuiriterbimbingberbantuankomputerdengansiswayangdibelajarkanmenggunakanmodelpembelajaraninkuiriterbimbingtanpaberbantuankomputerpadapokokbahasankelarutandanhasilkalikelarutan2)mengetahuipersepsisiswakelasXIIPASMAN8Malangterhadapmodelpembelajaraninkuiriterbimbingberbantuankomputerpadapokokbahasankelarutandanhasilkalikelarutan.Penelitianinimenggunakanduarancanganpenelitianyaitueksperimentalsemudanrancangandeskriptif.PenelitianinidilakukandiSMANegeri8MalangyangberadadiJl.VeteranMalang.Penelitiandilaksanakanmulai20Maret2012sampai20April2012.Teknikpengambilansampelyangdigunakanadalahtekniksamplingkelompok.KelasXIIPA-5(kelaseksperimen)dibelajarkandenganmetodeinkuiriterbimbingberbantuankomputerdankelasXIIPA-3(kelaskontrol)dibelajarkandenganpembelajaraninkuiriterbimbingtanpaberbantuankomputer.InstrumenyangdigunakanuntukmengukurhasilbelajarkognitifsiswaadalahsoalevaluasiakhirdengantingkatanC1-C5.Instrumenyangdigunakanuntukmengukurkemampuanafektifdankemampuanpsikomotoriksiswaberupalembarobservasi.Sedangkanangketuntukmengukurpersepsisiswa.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa1)Hasilbelajarkognitifkelaseksperimen(rata-ratakognitif8671)lebihtinggidaripadahasilbelajarsiswakelaskontrol(rata-ratakognitif7914).2)Rata-ratahasilbelajarafektifsiswakelaseksperimenadalah86579sedikitlebihtinggidarirata-ratahasilbelajarafektifsiswakelaskontroladalah85067.3)Rata-ratahasilbelajarpsikomotorsiswakelaseksperimenadalah8433jauhlebihtinggidarirata-ratahasilbelajarpsikomotorkelaskontroladalah7986.4)Adaperbedaanyangsignifikansecarastatistikhasilbelajarkognitifdanpsikomotorsiswakelaskontroldankelaseksperimensedangkanuntukhasilbelajarafektiftidakadaperbedaanyangsignifikanantarakelaskontroldankelaseksperimen.5)Hampirseluruhsiswakelaseksperimenmemberikanpersepsisangatpositifdalampembelajaranmaterikelarutandanhasilkalikelarutandenganmetodepembelajaraninkuiridenganbantuankomputer.