Hasil belajar dan persepsi siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Tumpang pada materi kesetimbangan kimia yang dibelajarkan dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan problem solving / Tutut Kurniasari

Main Author: Kurniasari, Tutut
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Online Access: http://repository.um.ac.id/21935/
Daftar Isi:
  • KataKunciinkuiriterbimbingproblemsolvinghasilbelajarpersepsiSainsmaupunilmuterapannyasepertipertanianfarmasikedokterantekniksipildanlainsebagainyatidakterlepasdaripenggunaankonsepprinsipatauteorikimia.SalahsatumateripokokyangdibelajarkandalambidangkajiankimiadiSMAadalahkesetimbangankimia.Materitersebutumumnyadibelajarkansecarakonvensionalsehinggasiswakurangaktifbelajar.Upayapemecahanmasalahyangdilakukanpadapenelitianiniadalahmelaluipembelajaranmenggunakanmodelpembelajaraninkuiriterbimbingdanproblemsolving.Penelitianinibertujuanuntukmengetahuibagaimanakahhasilbelajardanpersepsisiswayangdibelajarkanmenggunakanmodelpembelajaraninkuiriterbimbingdanproblemsolving.Penelitianinimenggunakanrancanganeksperimensemudanrancangandeskriptifkualitatif.PopulasidalampenelitianadalahsiswakelasXIIPASMANegeri1Tumpangyangberjumlahempatkelas(156siswa).Pengambilansampeldilakukandenganmenggunakanteknikclusterrandomsampling.KelasXIIPA1(32siswa)sebagaikelaseksperimenIyangdibelajarkanmenggunakanmodelpembelajaraninkuiriterbimbingdankelasXIIPA4(33siswa)sebagaikelaseksperimenIIyangdibelajarkanmenggunakanmodelpembelajaranproblemsolving.Instrumenyangdigunakandalampenelitianiniadalahteshasilbelajarkognitiflembarobservasiafektifdanpsikomotoriksertaangketpersepsisiswa.Hasilujicobateshasilbelajarkognitifdiperoleh20soalvaliddenganreliabilitas089.PerbedaanhasilbelajarkognitifkelaseksperimenIdankelaseksperimenIIdianalisismenggunakanujinonparametrikMannWhithneydengantarafsignifikansi61537005perbedaanhasilbelajarafektifdiperolehdaripersentaseafektifsetiappertemuanperbedaanhasilbelajarpsikomotordiperolehdaripersentasepsikomotorpadasatukalipertemuansedangkanperbedaanpersepsisiswadilakukanmenggunakanpersentasedarihasilanalisisangketpersepsi.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa(1)hasilbelajarkognitifsiswayangdibelajarkanmenggunakanmenggunakanmodelpembelajaraninkuiriterbimbing(rerata76)lebihtinggidibandingkandengansiswayangdibelajarkanmenggunakanmodelpembelajaranproblemsolving(rerata66)dengannilaiAsymp.Sig003005.Begitupuladengankemampuanafektifdanpsikomotoriksiswayangdibelajarkanmenggunakanmodelpembelajaraninkuiriterbimbingsecarakualitatiflebihbaikdaripadasiswayangdibelajarkanmenggunakanmodelpembelajaranproblemsolving.(2)persepsisiswayangdibelajarkanmenggunakanmodelpembelajaraninkuiriterbimbingsecarakualitatiflebihbaikdaripadasiswayangdibelajarkanmenggunakanmodelpembelajaranproblemsolving.