Hasil belajar dan persepsi siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Tumpang pada materi kesetimbangan kimia yang dibelajarkan dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan problem solving / Tutut Kurniasari
Main Author: | Kurniasari, Tutut |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2012
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/21935/ |
Daftar Isi:
- KataKunciinkuiriterbimbingproblemsolvinghasilbelajarpersepsiSainsmaupunilmuterapannyasepertipertanianfarmasikedokterantekniksipildanlainsebagainyatidakterlepasdaripenggunaankonsepprinsipatauteorikimia.SalahsatumateripokokyangdibelajarkandalambidangkajiankimiadiSMAadalahkesetimbangankimia.Materitersebutumumnyadibelajarkansecarakonvensionalsehinggasiswakurangaktifbelajar.Upayapemecahanmasalahyangdilakukanpadapenelitianiniadalahmelaluipembelajaranmenggunakanmodelpembelajaraninkuiriterbimbingdanproblemsolving.Penelitianinibertujuanuntukmengetahuibagaimanakahhasilbelajardanpersepsisiswayangdibelajarkanmenggunakanmodelpembelajaraninkuiriterbimbingdanproblemsolving.Penelitianinimenggunakanrancanganeksperimensemudanrancangandeskriptifkualitatif.PopulasidalampenelitianadalahsiswakelasXIIPASMANegeri1Tumpangyangberjumlahempatkelas(156siswa).Pengambilansampeldilakukandenganmenggunakanteknikclusterrandomsampling.KelasXIIPA1(32siswa)sebagaikelaseksperimenIyangdibelajarkanmenggunakanmodelpembelajaraninkuiriterbimbingdankelasXIIPA4(33siswa)sebagaikelaseksperimenIIyangdibelajarkanmenggunakanmodelpembelajaranproblemsolving.Instrumenyangdigunakandalampenelitianiniadalahteshasilbelajarkognitiflembarobservasiafektifdanpsikomotoriksertaangketpersepsisiswa.Hasilujicobateshasilbelajarkognitifdiperoleh20soalvaliddenganreliabilitas089.PerbedaanhasilbelajarkognitifkelaseksperimenIdankelaseksperimenIIdianalisismenggunakanujinonparametrikMannWhithneydengantarafsignifikansi61537005perbedaanhasilbelajarafektifdiperolehdaripersentaseafektifsetiappertemuanperbedaanhasilbelajarpsikomotordiperolehdaripersentasepsikomotorpadasatukalipertemuansedangkanperbedaanpersepsisiswadilakukanmenggunakanpersentasedarihasilanalisisangketpersepsi.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa(1)hasilbelajarkognitifsiswayangdibelajarkanmenggunakanmenggunakanmodelpembelajaraninkuiriterbimbing(rerata76)lebihtinggidibandingkandengansiswayangdibelajarkanmenggunakanmodelpembelajaranproblemsolving(rerata66)dengannilaiAsymp.Sig003005.Begitupuladengankemampuanafektifdanpsikomotoriksiswayangdibelajarkanmenggunakanmodelpembelajaraninkuiriterbimbingsecarakualitatiflebihbaikdaripadasiswayangdibelajarkanmenggunakanmodelpembelajaranproblemsolving.(2)persepsisiswayangdibelajarkanmenggunakanmodelpembelajaraninkuiriterbimbingsecarakualitatiflebihbaikdaripadasiswayangdibelajarkanmenggunakanmodelpembelajaranproblemsolving.