Perbedaan penerapan model pembelajaran Learning Cycle 3 fase terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 6 Malang pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan / Verdiyanista Kusuma Dewi

Main Author: Dewi, Verdiyanista Kusuma
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Online Access: http://repository.um.ac.id/21930/
Daftar Isi:
  • KataKuncilearningcyclehasilbelajarkelarutandanhasilkalikelarutanDalamKTSPsiswadituntutuntukaktifdalamprosespembelajaran.LandasanutamaKTSPadalahpembelajarankonstruktivistik.ModelpembelajaranLearningCycle3faseyangberorientasipadakonstruktivistikdiharapkandapatmemudahkansiswadalammempelajariKelarutandanHasilKaliKelarutan.PembelajarandenganmenggunakanLearningCyclemerupakanpembelajaranyangberpusatpadasiswasehinggasiswadapatlebihaktifdalamprosespembelajaran.TujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuiadatidaknyaperbedaanhasilbelajarantarasiswayangdiajarmenggunakanmodelpembelajaranLearningCycle3fasedengansiswayangdiajarmenggunakanmodelpembelajaranekspositori.Penelitianinimenggunakanrancanganquasieksperimental.PopulasipenelitianiniadalahkelasXIIPASMAN6Malangyangberjumlah4kelas.Pengambilansampeldilakukandenganteknikrandomsampling.KelaseksperimendiajarmenggunakanmodelpembelajaranLearningCycle3fasesedangkankelaskontroldiajarmenggunakanmodelpembelajaranekspositori.Analisishasilpenelitiandilakukandenganmenggunakanuji-tmelaluiujiprasyaratanalisisyaituujinormalitasdanujihomogenitas.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwanilairata-ratahasilbelajarsiswakelaseksperimenadalah8286dengannilaitertinggi92sedangkannilairata-ratahasilbelajarsiswakelaskontroladalah7178dengannilaitertinggi84.Pengujianterhadaphipotesisdiperolehnilaisignifikansi0000.Olehkarenanilaisignifikansiinilebihkecildaritarafsignifikansi005makadapatdisimpulkanbahwaterdapatperbedaanhasilbelajarsiswayangdiajarmenggunakanmodelpembelajaranLearningCycledengansiswayangdiajarmenggunakanmodelpembelajaranekspositori.DarihasilpenelitianinidapatdisimpulkanbahwamodelpembelajaranLearningCycledapatmeningkatkanhasilbelajarsiswa.