Keefektifan penerapan modal pembelajaran Learning Cycle 5-E pada materi pokok hidrokarbon untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 6 Malang / Inma Yunita Setorini

Main Author: Setyorini, Inma Yunita
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Online Access: http://repository.um.ac.id/21923/
Daftar Isi:
  • KataKunciKeefektifanLearningCycle5-EHidrokarbonhasilbelajarPelaksanaanprosespembelajarandiSMAberpengaruhpentingterhadapkeberhasilanbelajarsiswa.Prosespembelajaranyangkurangsesuaiakanmembuatsiswatidakfokusdantidaktertarikmengikutipelajaran.Selainitumatapelajaranyangdianggapsulitjugamenjadifaktorsiswakurangberminatdalamprosespembelajaransalahsatunyapadamatapelajarankimia.Olehkarenaitudiperlukanmodelpembelajaranyangsesuaiuntukmempelajarimaterikimiayangdapatmenekankanpadapemberianpengalamanlangsung.SalahsatumodelpembelajaranyangcocokdengankarakteristikilmukimiaadalahmodelpembelajaranyangberbasiskonstruktivistiksepertimodelpembelajaranLearningCycle5-E.UntukalasanitulahdiperlukanstudimengenaikeefektifanpenerapanmodelpembelajaranLearningCycle5-Euntukmeningkatkanhasilbelajarsiswa.Tujuandaripenelitianiniadalah(1)untukmengetahuiketerlaksanaanmodelpembelajaranLearningCycle5-EpadamatapelajaranKimiamateriHidrokarbondikelasXSMANegeri6Malang.(2)untukmengetahuiadanyaperbedaanhasilbelajarantarasiswaSMAkelasXyangdibelajarkanmenggunakanmodelpembelajaranLearningCycle5-Edengansiswayangdibelajarkanmenggunakanmodelpembelajaranekspositoripadaaspekkognitifdanafektif.Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitiandeskriptifkuantitatifyaiturancanganpenelitiankuasieksperimen.PopulasipenelitianadalahsiswakelasXSMAN6Malangyangterdiridari7kelas.SampelpenelitiandiambilsecaraacakdnterpilihkelasX-7sebagaikontroldankelasX-6sebagaikelaseksperimen.Instrumenyangdigunakandalampenelitianiniantaralain(1)Silabus(2)RencanaPelaksanaanPembelajaran(3)LembarKerjaSiswa(4)Handout(5)Lembarpenilaiankognitifproses(6)Lembarpenilaianafektif(7)SoalUlanganHarian.Teknikanalisisdatayangdigunakanmeliputianalisisdeskriptifdananalisisstatistik.Analisisdeskriptifdigunakanuntukmengungkapkandatahasilbelajarsiswameliputihasilbelajarkognitifprosesdanafektif.Analisisstatistikdigunakanuntukmengujihipotesispenelitianyaitumenggunakanuji-t.Berdasarkananalisisdatadiperolehhasilsebagaiberikut.KeterlaksanaanprosespembelajarandenganmenggunakanmodelpembelajaranLearningCycle5-EsaatpembelajaranIpembelajaranIIdanpembelajaranIIIdiperolehnilaipersentaseberturut-turutsebasar7240%8230%dan7400%.Rata-ratahasilbelajarkognitifsiswayangdibelajarkanmenggunakanmodelpembelajaranLearningCycle5-E(773lebihtinggidaripadarata-ratahasilbelajarkognitifsiswayangdibelajarkanmenggunakanmodelpembelajaranekspositori773.Rata-ratahasilbelajarkognitifprosessiswayangdibelajarkanmenggunakanmodelpembelajaranLearningCycle5-E(773lebihtinggidaripadarata-ratahasilbelajarkognitifprosessiswayangdibelajarkanmenggunakanmodelpembelajaranekspositori773.Rata-ratahasilbelajarafektifsiswayangdibelajarkanmenggunakanmodelpembelajaranLearningCycle5-E773lebihtinggidaripadarata-ratahasilbelajarafektifsiswayangdibelajarkanmenggunakanmodelpembelajaranekspositori773.AdaperbedaanhasilbelajarkognitifdanhasilbelajarafektifantarasiswayangdibelajarkanmenggunakanmodelpembelajaranLearningCycle5-Edengansiswayangdibelajarkanmenggunakanmodelpembelajaranekspositori.DarihasilpenelitianyangtelahdilakukandapatdisarankanbahwamodelpembelajaranLearningCycle5-Edapatdigunakangurupadapokokbahasanyangberbedakarenatelahterbuktidapatmeningkatkanhasilbelajarsiswa.SelainitudalammelaksanakanpembelajaranmenggunakanmodelLearningCycle5-Ehendaknyadapatmengaturwaktupembelajarandenganbaik.