Pengaruh media pembelajaran digital menggunakan model pembelajaran learning cycle 5 fase (LC 5-E) terhadap prestasi belajar kimia pada materi pokok kelarutan dan hasil kali kelarutan siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kesamben / Elok Muji Rahayu
Main Author: | Rahayu, Elok Muji |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2012
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/21921/ |
Daftar Isi:
- KataKuncimediapembelajarandigitalmodelpembelajaranLearningCycle5fase(LC5-E)prestasibelajarKimiamerupakanmateriyangsebagianbesarmengandungkonsepyangabstraksehinggabanyaksiswakesulitanmemahamimateritersebut.MasalahinijugadialamiolehsiswakelasXIIPASMANegeri1KesambenKabupatenBlitar.SelainitukeaktifansiswadiSMANegeri1Kesambentergolongmasihrendah.Siswakurangaktifdalambertanyadanberdiskusiterkaitmasalah-masalahyangadadalampelajaran.HalinikemungkinandisebabkanolehmetodepembelajaranekspositoriyangseringditerapkanolehgurukimiadiSMANegeri1Kesamben.Dalammetodepembelajaranekspositoripembelajaranberlangsungdenganberpusatpadagurusehinggasiswamenjadikurangaktifdanpembelajaranmenjadikurangefektif.Salahsatustrategipembelajaranyangdapatdijadikanalternatifuntukpembelajaranyangefektifadalahpenggunaanmediapembelajarandigital(mediayangberbasispadakomputer)yangdapatmengkonkritkankonsep-konsepkimiayangbersifatabstrakdalambentukgambarduaatautigadimensidanmemudahkanpengamatanbenda-bendamikroskopissepertipadamaterikimiaKelarutandanHasilKaliKelarutan.Keefektifanmediapembelajarandigitalakanlebihbaikjikaditunjangdenganmodelpembelajaranyangberpusatpadasiswa(studentcentered).SalahsatumodelyangberpusatpadasiswayaitumodelpembelajaranLearningCycle5fase(LC5-E).Penggunaanmediapembelajarandigitaldapatdilakukanpadafaseengagementexplanationelaborationdanevaluation.Padafaseeksplorationsiswaakanmelakukanpraktikumagarsiswamenjadilebihaktif.PenelitianinimerupakanpenelitianeksperimenyangbertujuanuntukmengetahuipengaruhmediapembelajarandigitalyangdigunakandalammodelpembelajaranLearningCycle5fasepadapokokmateriKelarutandanHasilKaliKelarutan.PopulasipenelitianiniadalahseluruhsiswakelasXIIPASMANegeri1Kesambentahunajaran2011/2012yangtersebarmenjadi3kelas.Kemudiandiambilsecaraacakduakelasyaitusatukelassebagaikelaskontroldansatukelassebagaikelaseksperimen.Instrumenyangdigunakanpadapenelitianiniadalahsoalposttestuntukmengukurprestasibelajarsiswa.HasilpenelitianinimenunjukkanbahwapembelajarandenganmodelpembelajaranLearningCycle5faseberjalandenganbaik.PrestasibelajarsiswayangdiajardenganmodelpembelajaranLearningCycle5fasemempunyairata-ratasebesar778sedangkansiswayangdiajardenganmodelpembelajaranLearningCycle5fasetanpabantuanmediapembelajarandigitalmempunyairata-ratasebesar716.SiswayangdiajardenganmodelpembelajaranLearningCycle5fasetanpabantuanmediapembelajarandigitalmampumemahamidenganbaikhanyasecaramakroskopismelaluipraktikumnamunsiswayangdiajardenganmodelpembelajaranLearningCycle5faseberbantuanmediapembelajarandigitalmampumemahamidenganbaiksecaramakroskopismelaluipraktikumdansecaramikroskopismelaluimediapembelajaranberupaMacromediaFlash.HasilpenelitianinimenunjukkanadaperbedaanprestasibelajarantarasiswayangdiajardenganmodelpembelajaranLearningCycle5fasetanpabantuanmediapembelajarandigitaldengansiswayangdiajardenganmodelpembelajaranLearningCycle5faseberbantuanmediapembelajarandigitalberupaMacromediaFlashpadamaterikelarutandanhasilkalikelarutan.