Pengaruh media pembelajaran digital menggunakan model pembelajaran learning cycle 5 fase (LC 5-E) terhadap prestasi belajar kimia pada materi pokok kelarutan dan hasil kali kelarutan siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kesamben / Elok Muji Rahayu

Main Author: Rahayu, Elok Muji
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Online Access: http://repository.um.ac.id/21921/
Daftar Isi:
  • KataKuncimediapembelajarandigitalmodelpembelajaranLearningCycle5fase(LC5-E)prestasibelajarKimiamerupakanmateriyangsebagianbesarmengandungkonsepyangabstraksehinggabanyaksiswakesulitanmemahamimateritersebut.MasalahinijugadialamiolehsiswakelasXIIPASMANegeri1KesambenKabupatenBlitar.SelainitukeaktifansiswadiSMANegeri1Kesambentergolongmasihrendah.Siswakurangaktifdalambertanyadanberdiskusiterkaitmasalah-masalahyangadadalampelajaran.HalinikemungkinandisebabkanolehmetodepembelajaranekspositoriyangseringditerapkanolehgurukimiadiSMANegeri1Kesamben.Dalammetodepembelajaranekspositoripembelajaranberlangsungdenganberpusatpadagurusehinggasiswamenjadikurangaktifdanpembelajaranmenjadikurangefektif.Salahsatustrategipembelajaranyangdapatdijadikanalternatifuntukpembelajaranyangefektifadalahpenggunaanmediapembelajarandigital(mediayangberbasispadakomputer)yangdapatmengkonkritkankonsep-konsepkimiayangbersifatabstrakdalambentukgambarduaatautigadimensidanmemudahkanpengamatanbenda-bendamikroskopissepertipadamaterikimiaKelarutandanHasilKaliKelarutan.Keefektifanmediapembelajarandigitalakanlebihbaikjikaditunjangdenganmodelpembelajaranyangberpusatpadasiswa(studentcentered).SalahsatumodelyangberpusatpadasiswayaitumodelpembelajaranLearningCycle5fase(LC5-E).Penggunaanmediapembelajarandigitaldapatdilakukanpadafaseengagementexplanationelaborationdanevaluation.Padafaseeksplorationsiswaakanmelakukanpraktikumagarsiswamenjadilebihaktif.PenelitianinimerupakanpenelitianeksperimenyangbertujuanuntukmengetahuipengaruhmediapembelajarandigitalyangdigunakandalammodelpembelajaranLearningCycle5fasepadapokokmateriKelarutandanHasilKaliKelarutan.PopulasipenelitianiniadalahseluruhsiswakelasXIIPASMANegeri1Kesambentahunajaran2011/2012yangtersebarmenjadi3kelas.Kemudiandiambilsecaraacakduakelasyaitusatukelassebagaikelaskontroldansatukelassebagaikelaseksperimen.Instrumenyangdigunakanpadapenelitianiniadalahsoalposttestuntukmengukurprestasibelajarsiswa.HasilpenelitianinimenunjukkanbahwapembelajarandenganmodelpembelajaranLearningCycle5faseberjalandenganbaik.PrestasibelajarsiswayangdiajardenganmodelpembelajaranLearningCycle5fasemempunyairata-ratasebesar778sedangkansiswayangdiajardenganmodelpembelajaranLearningCycle5fasetanpabantuanmediapembelajarandigitalmempunyairata-ratasebesar716.SiswayangdiajardenganmodelpembelajaranLearningCycle5fasetanpabantuanmediapembelajarandigitalmampumemahamidenganbaikhanyasecaramakroskopismelaluipraktikumnamunsiswayangdiajardenganmodelpembelajaranLearningCycle5faseberbantuanmediapembelajarandigitalmampumemahamidenganbaiksecaramakroskopismelaluipraktikumdansecaramikroskopismelaluimediapembelajaranberupaMacromediaFlash.HasilpenelitianinimenunjukkanadaperbedaanprestasibelajarantarasiswayangdiajardenganmodelpembelajaranLearningCycle5fasetanpabantuanmediapembelajarandigitaldengansiswayangdiajardenganmodelpembelajaranLearningCycle5faseberbantuanmediapembelajarandigitalberupaMacromediaFlashpadamaterikelarutandanhasilkalikelarutan.