Pengembangan bahan ajar konsep elektrolit dan elektrokimia berbasis learning cycle 5 fase untuk SMK Pertanian kelas XI semester 2 sebagai penunjang KTSP / Asisul Khoirot

Main Author: Khoirot, Asisul
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Online Access: http://repository.um.ac.id/21911/
Daftar Isi:
  • KataKuncibahanajarLearningCycle5faseelektrolitelektrokimiaKTSPDalamsatuanpendidikankimiamerupakansalahsatucabangIPAyangmelibatkanketerampilanprosesdalampembelajaran.KeterampilanprosesmensyaratkanpembelajaranyanginovatifyangsalahsatunyadenganpembelajaranberbasisLearningCycle5Fase.BerdasarkanhasilwawancaraawalpengembangandiketahuibahwaSMKN2Batumerupakansekolahyangmasihmemerlukanbahanajarkimia.OlehkarenaitupenulismengembangkansebuahbahanajarkimiayangberorientasikonstruktivistikdenganmengacupadaKurikulumTingkatSatuanPendidikan(KTSP).KurikulumTingkatSatuanPendidikan(KTSP)merupakankurikulumyangdisusundandilaksanakandimasingmasingsatuanpendidikan.Salahsatumodelpembelajaranyangmenerapkanprinsip-prinsipkontruktivistikantaralainmodelbelajarLearningCycle5fase.MateriyangdikembangkandalampengembanganbahanajaradalahKonsepElektrolitdanElektrokimiaberbasisLearningCycle5fase.Penelitianinimerupakanpenelitianpengembanganproseduralyangmengacupada10langkahBorgdanGall.Langkah-langkahtersebutadalah(1)penelitiandanpengumpulandata(2)perencanaanpengembanganbahanajar(3)pengembanganbahanajar(4)ujilapanganawal(5)revisihasilujicoba(6)ujicobalapangan(7)penyempurnaanhasillapangan(8)ujipelaksanaanlapangan(9)penyempurnaanprodukakhirdan(10)diseminasidanimplementasi.Namunkarenaadanyaketerbatasanwaktudalampenelitianinilangkahyangdilakukanhanyasampaipadalangkahketiga.Validasiisidilakukanoleh1orangdosenkimiaUM4orangguruSMK.Pengujiankevalidanjugadilakukanmelaluiujiterbatasterhadap10siswaSMKkelasXIprogramkeahlianPertanianuntukmengetahuipersepsisiswaterhadapbahanajarKonsepElektrolitdanElektrokimiayangdikembangkan.Soalujikompetensidiujimenggunakanvaliditasreliabilitasdayabedadantarafkesukaran.Instrumenpengumpulandataberupaangketdanteknikanalisadatamenggunakananalisisnilairata-rata.Hasilpengembangandiperoleh1)BahanajarhasilpengembangandenganjudulKonsepElektrolitdanElektrokimiauntukSMKPertanianyangtersusunatascoverkatapengantarpetunjukpenggunaanbahanajarlangkah-langkahpenggunaandaftarisidaftartabeldaftargambarkegiatanbelajarsoalujikompetensidaftarpustakakuncijawabanumpanbalikdanglosarium.SusunanRPPterdiridariidentitasmatapelajaranstandarkompetensikompetensidasarindikatortujuanpembelajaranmodel/metodepembelajaranyangdigunakanprosesbelajarmengajarsumberpembelajarandanlembarpenilaian.2)Hasil4validasibahanajarsecarakeseluruhanmenunjukkannilairata-ratasebesar38dengankriteriavaliddanhasilvalidasiRPPsecarakeseluruhanmenunjukkannilairata-ratasebesar389dengankriteriavalidsehinggabahanajarpembelajarandanRPPKonsepElektrolitdanElektrokimiayangdikembangkansudahlayakuntukdilakukanujilapanganawalataudilanjutkanketahapberikutnya.Hasilvalidasisoalujikompetensimenunjukkannilairhitunglebihbesardarirtabeldenganhasilsoalvalid.Darivalidasidiperolehnilaidarireliabilitassoaladalah0899