Pengembangan bahan ajar konsep elektrolit dan elektrokimia berbasis learning cycle 5 fase untuk SMK Pertanian kelas XI semester 2 sebagai penunjang KTSP / Asisul Khoirot
Main Author: | Khoirot, Asisul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2012
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/21911/ |
Daftar Isi:
- KataKuncibahanajarLearningCycle5faseelektrolitelektrokimiaKTSPDalamsatuanpendidikankimiamerupakansalahsatucabangIPAyangmelibatkanketerampilanprosesdalampembelajaran.KeterampilanprosesmensyaratkanpembelajaranyanginovatifyangsalahsatunyadenganpembelajaranberbasisLearningCycle5Fase.BerdasarkanhasilwawancaraawalpengembangandiketahuibahwaSMKN2Batumerupakansekolahyangmasihmemerlukanbahanajarkimia.OlehkarenaitupenulismengembangkansebuahbahanajarkimiayangberorientasikonstruktivistikdenganmengacupadaKurikulumTingkatSatuanPendidikan(KTSP).KurikulumTingkatSatuanPendidikan(KTSP)merupakankurikulumyangdisusundandilaksanakandimasingmasingsatuanpendidikan.Salahsatumodelpembelajaranyangmenerapkanprinsip-prinsipkontruktivistikantaralainmodelbelajarLearningCycle5fase.MateriyangdikembangkandalampengembanganbahanajaradalahKonsepElektrolitdanElektrokimiaberbasisLearningCycle5fase.Penelitianinimerupakanpenelitianpengembanganproseduralyangmengacupada10langkahBorgdanGall.Langkah-langkahtersebutadalah(1)penelitiandanpengumpulandata(2)perencanaanpengembanganbahanajar(3)pengembanganbahanajar(4)ujilapanganawal(5)revisihasilujicoba(6)ujicobalapangan(7)penyempurnaanhasillapangan(8)ujipelaksanaanlapangan(9)penyempurnaanprodukakhirdan(10)diseminasidanimplementasi.Namunkarenaadanyaketerbatasanwaktudalampenelitianinilangkahyangdilakukanhanyasampaipadalangkahketiga.Validasiisidilakukanoleh1orangdosenkimiaUM4orangguruSMK.Pengujiankevalidanjugadilakukanmelaluiujiterbatasterhadap10siswaSMKkelasXIprogramkeahlianPertanianuntukmengetahuipersepsisiswaterhadapbahanajarKonsepElektrolitdanElektrokimiayangdikembangkan.Soalujikompetensidiujimenggunakanvaliditasreliabilitasdayabedadantarafkesukaran.Instrumenpengumpulandataberupaangketdanteknikanalisadatamenggunakananalisisnilairata-rata.Hasilpengembangandiperoleh1)BahanajarhasilpengembangandenganjudulKonsepElektrolitdanElektrokimiauntukSMKPertanianyangtersusunatascoverkatapengantarpetunjukpenggunaanbahanajarlangkah-langkahpenggunaandaftarisidaftartabeldaftargambarkegiatanbelajarsoalujikompetensidaftarpustakakuncijawabanumpanbalikdanglosarium.SusunanRPPterdiridariidentitasmatapelajaranstandarkompetensikompetensidasarindikatortujuanpembelajaranmodel/metodepembelajaranyangdigunakanprosesbelajarmengajarsumberpembelajarandanlembarpenilaian.2)Hasil4validasibahanajarsecarakeseluruhanmenunjukkannilairata-ratasebesar38dengankriteriavaliddanhasilvalidasiRPPsecarakeseluruhanmenunjukkannilairata-ratasebesar389dengankriteriavalidsehinggabahanajarpembelajarandanRPPKonsepElektrolitdanElektrokimiayangdikembangkansudahlayakuntukdilakukanujilapanganawalataudilanjutkanketahapberikutnya.Hasilvalidasisoalujikompetensimenunjukkannilairhitunglebihbesardarirtabeldenganhasilsoalvalid.Darivalidasidiperolehnilaidarireliabilitassoaladalah0899