Pengembangan bahan ajar kimia rintisan SMA bertaraf internasional kelas XI pada materi laju reaksi / Inova Putri Carera

Main Author: Carera, Inova Putri
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Online Access: http://repository.um.ac.id/21902/
Daftar Isi:
  • KataKuncibahanajarRintisanSMABertarafInternasional(RSMA-BI)lajureaksi.PerbandingankontenmaterilajureaksiKTSPdanA-LevelmenunjukkanbahwamaterilajureaksipadaKTSPlebihrendahdaripadamateripadaA-LevelolehkarenaitucakupanmaterilajureaksipadapembelajarankimiaRSMA-BIperludiperluasdandiperdalamsepertipadaA-Level.AdanyaperluasandanpendalamaninimenuntutguruagarlebihkreatifdalammenyusunperangkatpembelajarankhususnyabahanajardariberbagaisumbersehinggamampumemenuhikompetensiyangdiharapkanpadakurikulumRSMA-BI.HasilanalisiskonsepterhadapempatbukuteksyangbanyakdipakaidiKotaMalangdiketahuibahwaterdapatperbedaankeluasandankedalamanmaterikimialajureaksipadabukuteksyangdipakaidiRSMA-BI.MeskipundemikianbukuA-LevelChemistryForSeniorHighSchoolStudentsVolume2ApenulisEffendyterbitanBayumedia(2007)merupakanbukuyanglayakuntukdipakaidalampembelajaranmaterilajureaksidiRSMA-BImeskipunterdapatbeberapakekuranganyangberhubungandenganketerlibatanITuntukprosespembelajaran.UntukituperludikembangkanbahanajarkimiaRSMA-BIkelasXIpadamateriLajuReaksiuntukdapatdijadikanalternatifbagigurudalammengajardiRSMA-BI.TujuandaripenelitianiniadalahpengembanganbahanajarkimiaRSMA-BIpadamateriLajuReaksidanterujinyakelayakanbahanajaryangtelahdikembangkan.Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitianpengembangan.ModelpengembanganbahanajaryangdiacuadalahModel4DdariThiagarajandkk(1974)yangmeliputiempattahaputamayaitudefinedesigndevelopdandisseminate.Karenaketerbatasanwaktudanpendukunglainmodelyangdigunakanterbataspadatahapdefinedesigndandevelop.ValidasiisidilakukandenganmemberikanangketpenilaiansemiterbukaterhadapbahanajaryangdikembangkankepadavalidatoryaitusatuorangdosenkimiadanduaoranggurukimiaRSMA-BI.AngketpenilaianinimengadaptasibutirinstrumenpenilaianbukuteksyangdikeluarkanolehBSNP.Jenisdatayangdiperolehdarihasilvalidasipengembanganbahanajaradaduayaitudatakuantitatifyangdiperolehdariperhitungannilairata-ratahasilvalidasiahliuntukmengetahuibesarnyakelayakan/kevalidanbahanajartersebutdandatakualitatifberupatanggapan/sarandarivalidator.Setelahdilakukanvalidasiisibahanajarkemudiandilakukanujiterbataskepada20siswaRSMA-BI.Revisipakethasilpengembangandilakukansetelahdiperolehdatavalidasi.Keefektifanbahanajardilakukanatasskortesprestasibelajardenganmenggunakanbahanajartersebut.Untukmengetahuikeefektifandilakukanujikelompokkecildenganmenggunakantespilihangandadanuraian.Hasilujicobasoalpilihangandadiperoleh27soalvaliddenganvaliditasdanrealibilitassebesar072dan058.Sementarahasilujicobasoaluraiandiperoleh5soalvaliddenganvaliditasdanrealibilitassebesar070dan049.ProdukdaripengembanganadalahbahanajarkimiaRintisanSMABertarafInternasionalkelasXIpadamaterilajureaksi.BahanajarlajureaksiyangdihasilkanditulisdenganpendekatankontekstualdanmenggunakanbahasaInggrisyangsecarakeseluruhanterdiridari54halaman.Bahanajarterdiriatasempatbagianutamayaitupendahuluanmaterievaluasidanpenutup.MateritersusunatastujuhsubmateriyaituiiReactionRateConceptTheRatesExpressionsRateLawandReactionOrderExperimentalDeterminationofaRateLawReactionMechanismTheoriesofReactionRateFactorsAffectingReactionRate.Hasilvalidasibahanajaryangmeliputivalidasiisidiperolehnilairata-rata356darirentangskor1-4dengankriteriavalid/baik/layak.Hasilujiterbatasterhadapbahanajaryangdihasilkandiperolehnilairata-rata335darirentangskor1-4dengankriteriavalid/baik/layak.Hasilujikeefektifanbahanajardiperolehskorsebesar778.SkorinidiatasSKM(SkorKelulusanMinimal)yaitu75.OlehkarenaitudapatdisimpulkanbahwabahanajarkimiaRSMA-BIkelasXIpadamaterilajureaksisudahlayakdandapatdigunakandalampembelajarandikelas.