Efektifitas penerapan metode inkuiri terbimbing untuk meningkatkan hasil belajar kognitif dan sikap ilmiah siswa kelas XI IPA semester I SMA Negeri I Kauman Tulungagung pada materi pokok laju reaksi / Diah Putri Kurniasari

Main Author: Kurniasari, Diah Putri
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Online Access: http://repository.um.ac.id/21896/
Daftar Isi:
  • KataKunciinkuiriterbimbinghasilbelajarkognitifsikapilmiahlajureaksiBerdasarkankurikulumKTSPsalahsatutujuanmatapelajarankimiadiSMAagarpesertadidikmendapatkanpengalamanmelaluieksperimen.Pelaksanaaneksperimenmerupakanpemberianpengalamansecaralangsungdalammendapatkankonsep.Untukmencapaitujuantersebutdapatdilakukandenganmenempuhberbagaiupayasalahsatunyadenganmenerapkanmetodepembelajaraninkuiri.Tujuandaripenelitianiniadalahmenganalisisperbedaankeefektifanantarametodeinkuiriterbimbingdankonvensionalterhadaphasilbelajardansikapilmiahsiswapadamaterilajureaksi.Penelitianinimenggunakanrancanganeksperimentalsemu(quasyexperimentaldesign)posttestonlydanrancangandeskriptif.Rancanganeksperimendigunakanuntukmengetahuikeefektifanpenerapanmetodeinkuiriterbimbingdalammeningkatkanhasilbelajar.Rancangandeskriptifdigunakanuntukmengetahuisikapilmiahsiswaterhadappembelajaraninkuiriterbimbing.PopulasidalampenelitianiniadalahsiswakelasXIIPAsemester1SMANegeri1KaumanTulungagungtahunajaran2010/2011.Pengambilansampeldilakukandenganteknikclusterrandomsampling.Daritekniktersebutdiperolehsampelkelaseksperimendenganmetodeinkuiriterbimbingdankelaskontrolmendapatkanmetodepembelajarankonvensional(ceramahpraktikum).InstrumenyangdigunakanterdiridariinstrumentperlakuanberupasilabusRPPLKShandoutdaninstrumenpengukuranberupatesdanangketsikapilmiahsiswa.Instrumenberupatessubyektifyangterdiridari5butirsoalvaliddengantingkatreliabilitas0705.Datadikumpulkanolehpenelitiyangberupahasilbelajarkognitifdandianalisissecarastatistikujitdengansignifikansi005.Datasikapilmiahdianalisissecaradeskriptif.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa(1)Keterlaksanaanpembelajaraninkuiriterbimbingpadamateripokoklajureaksitelahberlangsungcukupbaik(2)Metodeinkuiriterbimbinglebihefektifdibandingkanmetodekonvensionaldalammeningkatkanhasilbelajarkognitifsiswa(3)Sikapilmiahsiswayangdibelajarkandenganmetodeinkuiriterbimbinglebihtinggidibandingkansiswayangdibelajarkandengankonvensionalpadamaterilajureaksidenganpersentasesiswakelaseksperimenyangmemilikisikapilmiahsangatbaikmencapai326%sedangkankelaskontrolhanyamencapai133%.