Efektifitas penerapan metode inkuiri terbimbing untuk meningkatkan hasil belajar kognitif dan sikap ilmiah siswa kelas XI IPA semester I SMA Negeri I Kauman Tulungagung pada materi pokok laju reaksi / Diah Putri Kurniasari
Main Author: | Kurniasari, Diah Putri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/21896/ |
Daftar Isi:
- KataKunciinkuiriterbimbinghasilbelajarkognitifsikapilmiahlajureaksiBerdasarkankurikulumKTSPsalahsatutujuanmatapelajarankimiadiSMAagarpesertadidikmendapatkanpengalamanmelaluieksperimen.Pelaksanaaneksperimenmerupakanpemberianpengalamansecaralangsungdalammendapatkankonsep.Untukmencapaitujuantersebutdapatdilakukandenganmenempuhberbagaiupayasalahsatunyadenganmenerapkanmetodepembelajaraninkuiri.Tujuandaripenelitianiniadalahmenganalisisperbedaankeefektifanantarametodeinkuiriterbimbingdankonvensionalterhadaphasilbelajardansikapilmiahsiswapadamaterilajureaksi.Penelitianinimenggunakanrancanganeksperimentalsemu(quasyexperimentaldesign)posttestonlydanrancangandeskriptif.Rancanganeksperimendigunakanuntukmengetahuikeefektifanpenerapanmetodeinkuiriterbimbingdalammeningkatkanhasilbelajar.Rancangandeskriptifdigunakanuntukmengetahuisikapilmiahsiswaterhadappembelajaraninkuiriterbimbing.PopulasidalampenelitianiniadalahsiswakelasXIIPAsemester1SMANegeri1KaumanTulungagungtahunajaran2010/2011.Pengambilansampeldilakukandenganteknikclusterrandomsampling.Daritekniktersebutdiperolehsampelkelaseksperimendenganmetodeinkuiriterbimbingdankelaskontrolmendapatkanmetodepembelajarankonvensional(ceramahpraktikum).InstrumenyangdigunakanterdiridariinstrumentperlakuanberupasilabusRPPLKShandoutdaninstrumenpengukuranberupatesdanangketsikapilmiahsiswa.Instrumenberupatessubyektifyangterdiridari5butirsoalvaliddengantingkatreliabilitas0705.Datadikumpulkanolehpenelitiyangberupahasilbelajarkognitifdandianalisissecarastatistikujitdengansignifikansi005.Datasikapilmiahdianalisissecaradeskriptif.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa(1)Keterlaksanaanpembelajaraninkuiriterbimbingpadamateripokoklajureaksitelahberlangsungcukupbaik(2)Metodeinkuiriterbimbinglebihefektifdibandingkanmetodekonvensionaldalammeningkatkanhasilbelajarkognitifsiswa(3)Sikapilmiahsiswayangdibelajarkandenganmetodeinkuiriterbimbinglebihtinggidibandingkansiswayangdibelajarkandengankonvensionalpadamaterilajureaksidenganpersentasesiswakelaseksperimenyangmemilikisikapilmiahsangatbaikmencapai326%sedangkankelaskontrolhanyamencapai133%.