Pengaruh strategi brain-based learning terhadap hasil belajar kimia siswa kelas XI IA SMA Negeri 1 Malang / Anis Syukrun Ni'mah
Main Author: | Ni'mah, Anis Syukrun |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/21865/ |
Daftar Isi:
- Katakuncistrategibrain-basedlearninghasilbelajarbuffersolution.SekolahBertarafInternasionalmerupakansekolahyangsudahmemenuhisemuaStandarNasionalPendidikandandiperkayakurikulumnegaraanggotaOECDdan/ataunegaramajulainnyayangmemilikikeunggulandibidangpendidikan.SehinggakurikulumyangdigunakandalamSBImaupunRSBIadalahKTSPdandiperkayaolehkurikulumnegaramajunamunKTSPlebihdominan.KurikulumTingkatSatuanPendidikan(KTSP)2006memberikankesempatankepadaguruuntukmemilihcara-carapenyampaianmateriyangpalingsesuaidengankarakteristikmateri.BerdasarkankarakteristikmateriBufferSolutionyaituabstrakkonseptualberurutandanmengandungunsuralgoritmikmakasalahsatustrategiyangdapatdigunakandalammenyampaikanmateritersebutadalahbrain-basedlearning.Tujuanpenelitianiniadalahuntuk(1)mendeskripsikanketerlaksanaanstrategibrain-basedlearningsertahasilbelajarafektifdanpsikomotorsiswayangdibelajarkandenganstrategibrain-basedlearningdansiswayangdibelajarkandengandiskusi-presentasi(2)mengetahuiperbedaanhasilbelajarkognitifsiswayangdibelajarkandenganstrategibrain-basedlearningdansiswayangdibelajarkandengandiskusi-presentasi.Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitiandeskriptifdaneksperimentalsemu.PopulasidalampenelitianiniadalahsiswakelasXIIASMANegeriIMalang.SedangkansampeldalampenelitianiniadalahkelasXIIA2(kelaseksperimen)dankelasXIIA1(kelaskontrol).Instrumenpenelitianberupasilabusworksheethandoutdanteshasilbelajaruntukmengetahuihasilbelajarkognitifsiswasertalembarobservasiuntukmengetahuiketerlaksanaanstrategibrain-basedlearninghasilbelajarafektifdanhasilbelajarpsikomotor.Teshasilbelajarterdiriatas20butirsoalobjektifyangvaliddanreliabel.DatahasilbelajarkognitifkelaseksperimendankelaskontroldianalisisdenganbantuanSPSS16.0forwindowsyaitumenggunakanIndependentSamplet-Test.Dataketerlaksanaanstrategibrain-basedlearningsertahasilbelajarafektifdanpsikomotordianalisisdenganteknikpersentasekemudiandideskripsikan.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa(1)penerapanstrategibrain-basedlearningdiSMANegeri1MalangdenganmateripokokBufferSolutiondapatterlaksanadenganbaik(2)terdapatperbedaanhasilbelajarkognitifyangsignifikanantarasiswayangdibelajarkandenganstrategibrain-basedlearningdansiswayangdibelajarkandengandiskusi-presentasi(3)hasilbelajarafektifdanpsikomotorsiswayangdibelajarkandenganstrategibrain-basedlearninglebihbaikdaripadasiswayangdibelajarkandengandiskusi-presentasi.