Pengaruh strategi brain-based learning terhadap hasil belajar kimia siswa kelas XI IA SMA Negeri 1 Malang / Anis Syukrun Ni'mah

Main Author: Ni'mah, Anis Syukrun
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Online Access: http://repository.um.ac.id/21865/
Daftar Isi:
  • Katakuncistrategibrain-basedlearninghasilbelajarbuffersolution.SekolahBertarafInternasionalmerupakansekolahyangsudahmemenuhisemuaStandarNasionalPendidikandandiperkayakurikulumnegaraanggotaOECDdan/ataunegaramajulainnyayangmemilikikeunggulandibidangpendidikan.SehinggakurikulumyangdigunakandalamSBImaupunRSBIadalahKTSPdandiperkayaolehkurikulumnegaramajunamunKTSPlebihdominan.KurikulumTingkatSatuanPendidikan(KTSP)2006memberikankesempatankepadaguruuntukmemilihcara-carapenyampaianmateriyangpalingsesuaidengankarakteristikmateri.BerdasarkankarakteristikmateriBufferSolutionyaituabstrakkonseptualberurutandanmengandungunsuralgoritmikmakasalahsatustrategiyangdapatdigunakandalammenyampaikanmateritersebutadalahbrain-basedlearning.Tujuanpenelitianiniadalahuntuk(1)mendeskripsikanketerlaksanaanstrategibrain-basedlearningsertahasilbelajarafektifdanpsikomotorsiswayangdibelajarkandenganstrategibrain-basedlearningdansiswayangdibelajarkandengandiskusi-presentasi(2)mengetahuiperbedaanhasilbelajarkognitifsiswayangdibelajarkandenganstrategibrain-basedlearningdansiswayangdibelajarkandengandiskusi-presentasi.Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitiandeskriptifdaneksperimentalsemu.PopulasidalampenelitianiniadalahsiswakelasXIIASMANegeriIMalang.SedangkansampeldalampenelitianiniadalahkelasXIIA2(kelaseksperimen)dankelasXIIA1(kelaskontrol).Instrumenpenelitianberupasilabusworksheethandoutdanteshasilbelajaruntukmengetahuihasilbelajarkognitifsiswasertalembarobservasiuntukmengetahuiketerlaksanaanstrategibrain-basedlearninghasilbelajarafektifdanhasilbelajarpsikomotor.Teshasilbelajarterdiriatas20butirsoalobjektifyangvaliddanreliabel.DatahasilbelajarkognitifkelaseksperimendankelaskontroldianalisisdenganbantuanSPSS16.0forwindowsyaitumenggunakanIndependentSamplet-Test.Dataketerlaksanaanstrategibrain-basedlearningsertahasilbelajarafektifdanpsikomotordianalisisdenganteknikpersentasekemudiandideskripsikan.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa(1)penerapanstrategibrain-basedlearningdiSMANegeri1MalangdenganmateripokokBufferSolutiondapatterlaksanadenganbaik(2)terdapatperbedaanhasilbelajarkognitifyangsignifikanantarasiswayangdibelajarkandenganstrategibrain-basedlearningdansiswayangdibelajarkandengandiskusi-presentasi(3)hasilbelajarafektifdanpsikomotorsiswayangdibelajarkandenganstrategibrain-basedlearninglebihbaikdaripadasiswayangdibelajarkandengandiskusi-presentasi.