Penerapan model pembelajaran Learning Cycle (LC) 6E untuk meningkatkan hasil belajar kimia siswa RSBI kelas XI semester 2 SMA Negeri 1 Malang pada materi pokok hidrolisis garam / Auliawati
Main Author: | Auliawati |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/21864/ |
Daftar Isi:
- Modelpembelajarandigunakansebagaisaranauntukmencapaitujuanpembelajaran.SalahsatumodelpembelajaranyangdapatdigunakandalammeningkatkanhasilbelajaradalahmodelLearningCycle(LC)6E.TujuandaripenelitianiniadalahuntukmengetahuiefektivitasmodelpembelajaranLearningCycle(LC)6EuntukmeningkatkanhasilbelajarkimiasiswaRSBIkelasXIsemester2SMANegeri1MalangpadamateripokokhidrolisisgaramsertauntukmengetahuiaktivitasbelajarsiswadikelaspadasaatmenggunakanmodelpembelajaranLearningCycle(LC)6E.Modeliniberlangsungberdasarkanpertanyaanguruyangterstruktursejakfasekeduahinggafasekelima.Jenisrancanganpenelitianinimerupakanrancanganpenelitianeksperimentalsemu(quasyexperimentaldesign)danrancanganpenelitiandeskriptif.VariabeldalampenelitianiniterdiridarivariabelbebasyaitumodelpembelajaranLearningCycle6Edanceramahvariabelterikatnyaadalahhasilbelajardanaktivitassiswadanvariabelkontrolnyaadalahmateripokokhidrolisisgaram.PopulasidalampenelitianiniadalahseluruhsiswakelasXIsemester2SMANegeri1Malang.Pemilihansampeldilakukandenganteknikrandomsederhanadandidapatkan2kelaspenelitianyaitukelasXIIPA5sebagaikelaseksperimenyangmenggunakanmodelpembelajaranLearningCycle6EdankelasXIIPA3sebagaikelaskontrolyangmenggunakanmetodediskusi.Instrumenyangdigunakandalampenelitianiniantaralaininstrumenpembelajarandaninstrumenpengukuran.Instrumentyangdigunakanterlebihdahuludilakukanujivaliditasreliabilitasujitingkatkesukaranbutirsoaldanujidayabedabutirsoal.Teknikanalisisdatayangdigunakanterdiridarianalisispendahuluanyangterdiridariujinormalitasdanujihomogenitassertaanalisishasilyangterdiridariujihipotesisdananalisisdeskriptif.Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwahasilbelajarpadakelaseksperimenlebihtinggidaripadahasilbelajarpadakelascontrolyakni8676padakelaseksperimendan8054padakelaskontrol.HalinimembuktikanbahwapenerapanmodelpembelajaranLearningCycle(LC)6EdapatmeningkatkanhasilbelajarkimiasiswaRSBIkelasXIsemester2SMANegeri1Malangpadamateripokokhidrolisisgaram.Hasilbelajaryangtinggipadakelaseksperimenjugadisebabkankarenaprosespembelajaransiswaaktif.Keaktifansiswatampakdariobservasiaktivitassiswayangdilakukandikelaseksperimen.