Penerapan model pembelajaran Learning Cycle (LC) 6E untuk meningkatkan hasil belajar kimia siswa RSBI kelas XI semester 2 SMA Negeri 1 Malang pada materi pokok hidrolisis garam / Auliawati

Main Author: Auliawati
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Online Access: http://repository.um.ac.id/21864/
Daftar Isi:
  • Modelpembelajarandigunakansebagaisaranauntukmencapaitujuanpembelajaran.SalahsatumodelpembelajaranyangdapatdigunakandalammeningkatkanhasilbelajaradalahmodelLearningCycle(LC)6E.TujuandaripenelitianiniadalahuntukmengetahuiefektivitasmodelpembelajaranLearningCycle(LC)6EuntukmeningkatkanhasilbelajarkimiasiswaRSBIkelasXIsemester2SMANegeri1MalangpadamateripokokhidrolisisgaramsertauntukmengetahuiaktivitasbelajarsiswadikelaspadasaatmenggunakanmodelpembelajaranLearningCycle(LC)6E.Modeliniberlangsungberdasarkanpertanyaanguruyangterstruktursejakfasekeduahinggafasekelima.Jenisrancanganpenelitianinimerupakanrancanganpenelitianeksperimentalsemu(quasyexperimentaldesign)danrancanganpenelitiandeskriptif.VariabeldalampenelitianiniterdiridarivariabelbebasyaitumodelpembelajaranLearningCycle6Edanceramahvariabelterikatnyaadalahhasilbelajardanaktivitassiswadanvariabelkontrolnyaadalahmateripokokhidrolisisgaram.PopulasidalampenelitianiniadalahseluruhsiswakelasXIsemester2SMANegeri1Malang.Pemilihansampeldilakukandenganteknikrandomsederhanadandidapatkan2kelaspenelitianyaitukelasXIIPA5sebagaikelaseksperimenyangmenggunakanmodelpembelajaranLearningCycle6EdankelasXIIPA3sebagaikelaskontrolyangmenggunakanmetodediskusi.Instrumenyangdigunakandalampenelitianiniantaralaininstrumenpembelajarandaninstrumenpengukuran.Instrumentyangdigunakanterlebihdahuludilakukanujivaliditasreliabilitasujitingkatkesukaranbutirsoaldanujidayabedabutirsoal.Teknikanalisisdatayangdigunakanterdiridarianalisispendahuluanyangterdiridariujinormalitasdanujihomogenitassertaanalisishasilyangterdiridariujihipotesisdananalisisdeskriptif.Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwahasilbelajarpadakelaseksperimenlebihtinggidaripadahasilbelajarpadakelascontrolyakni8676padakelaseksperimendan8054padakelaskontrol.HalinimembuktikanbahwapenerapanmodelpembelajaranLearningCycle(LC)6EdapatmeningkatkanhasilbelajarkimiasiswaRSBIkelasXIsemester2SMANegeri1Malangpadamateripokokhidrolisisgaram.Hasilbelajaryangtinggipadakelaseksperimenjugadisebabkankarenaprosespembelajaransiswaaktif.Keaktifansiswatampakdariobservasiaktivitassiswayangdilakukandikelaseksperimen.